Artikel Pilihan

Penyakit yang Mudah Menyerang Pohon Zaitun

Tanaman zaitun atau yang dikenal dengan nama Olive tree memiliki nama latin Olea Europaeae. Pohon zaitun sangat mudah dijumpai di daerah daratan Timur Tengah, Eropa dan Afrika Selatan. Tanaman ini juga dikenal sebagai pohon abadi karena sudah dijumpai beberapa pohon zaitun yang telah berusia tua.

Pohon zaitun yang notabene cocok hidup di daerah yang panas ini ternyata juga kuat dan tidak rentan terhadap penyakit. Meski pohon ini telah ditebang, tetap akan tumbuh cabang baru di bagian yang telah ditebang tersebut. Walau sudah berusia tua mencapai ribuan tahun lamanya, pohon zaitun tetap bisa menghasilkan panen buah yang cukup banyak di setiap musimnya.

Pohon zaitun memang dikenal tahan terhadap penyakit dan juga bisa tahan terhadap api. Namun, bukan berarti tidak ada penyakit yang bisa menyerang pohon zaitun ini. Apalagi di masa tumbuh kembang pohon zaitun yang belum mencapai 5 tahun, pohon ini cukup rentan terkena penyakit. Bahkan dapat menyebabkan kematian pada pohon ini.

Penyakit yang hadir pada pohon zaitun, bisa saja disembuhkan. Terdapat dua cara untuk mengobatinya, yaitu dengan menggunakan obat dan membiarkan begitu saja menunggu waktu yang menyembuhkan. Tentu hal ini juga dipengaruhi jenis penyakit yang menyerang pohon zaitun. Namun, ada bainya anda juga melakukan tindakan pencegahan sebelum penyakit tersebut menyebar lebih jauh ke tanaman zaitun anda. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa menyerang tanaman zaitun.


Busuk Akar

ciri ciri pohon akar zaitun

Penyakit pertama yang mudah menyerang zaitun yaitu busuk akar. Penyakit busuk akar ini disebabkan oleh pathogen jamur yang membuat akar-akar tanaman berubah menjadi layu. Penyakit ini seringkali menyerang tanaman buah, tak terecuali Zaitun.

Ciri pohon zaitun yang terkena serangan dari penyakit ini yaitu daunnya yang menguning, layu kemudian lama-kelamaan pohon zaitun ini mati mendadak. Hal ini disebabkan tidak adanya nutrisi yang diterima tanaman akibat tidak adanya pemasukan nutrisi. Penyakit ini dapat dicegah, yaitu dengan menghindari kondisi tanah yang basah sehingga kurangkan penggunaan air serta mengurangi penggunaan pupuk yang belum terdekomposisi secara sempurna.

Layu Verticilium

ciri ciri pohon layu verticilium
Sumber: phys.org
Kondisi ini hampir mirip dengan kondisi penyerangan penyakit yang sebelumnya. Namun, bedanya terdapat Jamur Verticilum (Verticillium Dahliae) yang tumbuh di dalam tanah dekat tanaman zaitun. Jamur akan mencemari udara di sekitar pohon. Selanjutnya pohon zaitun akan mulai menunjukkan tanda-tanda kekeringan atau tumbuh yang tidak normal. Daun-daun yang terdapat pada pohon berubah menjadi abu-abu hingga coklat. Sedangkan batangnya berubah menjadi berwarna kemerahan. Dalam kondisi tersebut, sudah tidak ada obat bagi tanaman ini.

Baca Juga :

Cycloconium

ciri ciri pohon cycloconium
Sumber: olivediseases.com
Penyakit ini disebabkan oleh Cycloconium Oleagium. Disebut juga dengan nama “Mata Burung Merak”. Penyakit ini umumnya menyerang bagian daun dan buah-buahan. Terdapat ciri berupa bintik yang melingkar berwarna kuning atau coklat pada bagian daun. Hal ini mengakibatkan pohon zaitun menjadi lemah karena fotositesis yang tidak baik. Bahkan buah yang dihasilkan kemungkinan besar buruk. Sehingga kualitas panen juga menurun. Cara pencegahan tanaman zaitun agar terhindar dari pengakit merak mata ini yaitu dengan diberikan campuran Bordeaux.

Jamur Jelaga

Jamur jelaga ini biasa menyerang berbagai macam tumbuhan. Penyakit ini termasuk dalam golongan penyakit yang tidak terlalu serius. Mulanya muncul bercak putih yang ada pada daun. Lalu, bercak putih tadi berubah berwarna hitam yang menyebar ke seluruh bagian permukaan daun. Hal ini disebabkan adanya jamur Capnodium sp. dan Meliola sp.
ciri ciri pohon jamur jelaga
Sumber: distan.bulelengkab.go.id
Sebaiknya jika pada daun telah djumpai tanda-tanda seperti ini, segera dibersihkan. Karena dekomposit bintik hitam ini bila segera dihilangkan tidak akan masuk ke bagian daun dan merusak proses fotosintesis. Bisa juga dilakukan dengan memberikan semprotan Bordeaux pada tanaman zaitun. Karena jamur tersebut dibawa oleh serangga dan cairan Bordeaux bisa menangkal datangnya serangga pada tanaman. Selain itu, kehadiran jamur tersebut juga dipengaruhi kondisi yang lembab.

Bagi anda yang sedang membudidayakan pohon zaitun, sebaiknya terus perhatikan perkembangan pohon zaitun anda. Lakukan tindakan pencegahan yang diperlukan sebelum efek yang ditimbulkan semakin parah dan mengancam keselamatan pohon zaitun anda.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Penyakit yang Mudah Menyerang Pohon Zaitun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel