Artikel Pilihan

Bagaimana Cara Menanam dan Merawat Pohon Angsana di Rumah?

Pohon Sonokembang atau yang diketahui sebagai Pohon Angsana merupakan salah satu jenis pohon yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Fakta pertama, pohon ini merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia maupun untuk lingkungan sekitar.

Selain itu, pohon yang mudah kita temui di Pulau Jawa ini banyak dicari karena kayu dari pohon ini bisa digunakan untuk industri mebel karena kualitas kayunya yang bagus. Jika Anda ingin membudidayakannya, maka Anda bisa mencobanya untuk menanam Pohon Angsana di rumah Anda apabila Anda memiliki pekarangan yang luas.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi penting kepada Anda semua mengenai bagaimana cara menanam dan merawat pohon Angsana di rumah. Karena sebenarnya Pohon Angsana ini sangat mudah untuk ditanam dan dirawat, asal Anda memiliki halaman atau pekarangan rumah yang cukup luas. Sudah penasaran kan? Yuk simak ulasannya di bawah ini!




Tips Menanam dan Merawat Pohon Angsana di Rumah

Ciri Ciri Pohon Angsana

Karena pohon Angsana merupakan salah satu jenis pohon yang mempunyai banyak kegunaan bagi lingkungan ataupun bagi manusia, maka sekarang ini kami akan memberikan informasi penting mengenai bagaimana sih cara untuk menanam pohon dan juga merawat pohon Angsana di rumah.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Angsana (Pterocarpus indicus) Di Alam Liar

Sehingga bagi Anda yang ingin menanam Pohon Angsana di rumah ini bisa mendapatkan Pohon Angasna yang memang tumbuh dengan baik. Berikut merupakan tips menanam dan merawat pohonnya :

1. Mencari lahan yang tepat

Tips pertama jika Anda ingin menanam Pohon Angsana maka carilah lahan yang tepat. Lahan ini bisa bertempat di halaman atau pekarangan rumah Anda misalnya. Pilihlah lahan yang luas dan juga yang bisa dipakai jangka panjang.

Karena seperti yang Anda ketahui sendiri bahwa pohon itu tumbuh puluhan tahun lamanya. Jadi sebaiknya jika Anda memiliki lahan yang sangat luas, maka gunakan untuk menanam pohon Angsana atau Sonokembang saja karena memiliki banyak kelebihan dan manfaat.

2. Memilih bibit yang tepat

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: i.ytimg.com
Tips kedua yang bisa Anda lakukan jika ingin menanam pohon Angsana atau Sonokembang di rumah adalah tentu saja dengan memilih bibit yang tepat. Setelah menemukan tempat lahan yang pas, maka memilih Angsana yang berkualitas.

Jika Anda bingung ingin beli dimana, maka Anda bisa membeli Angsana di internet karena sekarang banyak sekali yang menjual bibit secara online.

3. Membuat lubang tanam

Bagaimana cara menanam dan merawat pohon Angsana di rumah? Caranya adalah tentu saja dengan membuat lubang tanam. Kami sarankan supaya Anda membuat lubang tanam sehari sebelum penanaman supaya suhunya stabil.

Tambahkan juga di awal pupuk kandang atau pupuk kompos sehingga bisa membantu untuk menambah unsur hara dan bisa menyediakan nutrisi bagi bibit Pohon Angsana yang akan Anda tanam nantinya.

Baca juga : Berapa Harga Bibit Pohon Angsana Berkualitas?

4. Waktunya menanam

Untuk waktu penanaman maka kami sarankan supaya Anda memilih jam mulai dari jam 7 pagi hingga jam 9 pagi, atau mulai dari jam 5 hingga jam 6 sore. Karena pada jam tersebut biasanya suhu permukaan tanah tidak terlalu tinggi sehingga dapat menghindari stress dari tanaman. Kami sarankan supaya Anda memperhatikan waktu menanam.

5. Menanam bibit pohon

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: totabuan.co
Selanjutnya adalah menanam bibit pohon Angsana atau Pohon Sonokembang. Sebelum menanamnya, maka lepaskan terlebih dahulu plastik polybagnya kemudian masukkan di lubang tanam yang telah Anda buat sebelumnya. Pastikan bahwa Anda menanam di tempat yang memiliki tanah yang gembur dan zat hara yang tinggi sehingga bisa tumbuh dengan subur tanaman Anda.

6. Penyiraman dan pemberian pupuk





Setelah menanam Pohon Angsana atau Pohon Sonokembang, maka langkah yang selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan penyiraman dan juga pemberian pupuk. Untuk penyiraman lakukan sehari sekali pada pagi hari atau sore hari. Selain itu, jangan lupa juga untuk memberikan pupuk sehingga tanaman Angsana atau Sonokembang yang Anda tanam bisa tumbuh dengan baik.

Sekarang Anda sudah mengetahui bukan informasi mengenai bagaimana cara menanam dan merawat pohon Angsana di rumah. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Menanam dan Merawat Pohon Angsana di Rumah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel