Artikel Pilihan

5 Kelebihan Menanam Pohon Gaharu Bagi Pemula

Kelebihan menanam pohon gaharu mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Gaharu yang merupakan jenis tanaman Aquilaria mungkin saat ini semakin populer. Banyak orang yang mencari dan memburunya serta ingin memanfaatkan gaharu ini. Beberapa pengusaha ingin memperdagangkan gaharu ini karena keuntungan besar yang diperkirakan bisa diperolehnya melalui penjualan gaharu.

Di samping itu sebagian orang mungkin ingin memiliki gaharu untuk digunakan secara pribadi. Mungkin sebagian orang membutuhkan serpihan kayu gaharu untuk keperluannya. Atau mungkin sebagian orang memerlukan daun dan buah gaharu untuk keperluan pribadinya. Berikut ini beberapa kelebihan menanam pohon gaharu secara lebih lanjut.

ciri ciri pohon kayu gaharu

1. Gaharu kaya akan manfaat

Tanaman gaharu dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Setiap bagian dari tanaman ini bisa digunakan atau dimanfaatkan oleh manusia. Mulai dari bagian kayu atau batang pohon sampai dengan bagian daun dan buah gaharu. Bahkan bijinya juga dibutuhkan untuk pembibitan sehingga keberadaan gaharu tidak sampai punah.

Kayu gaharu saja memiliki berbagai manfaat. Kayunya yang kuat dapat dijadikan sebagai bahan pembuat perabot rumah tangga. Sedangkan daun dan buah gaharu bisa direbus sehingga dihasilkan ekstrak gaharu. Ekstrak gaharu ini bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Kelebihan menanam pohon gaharu tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi penanamnya.

2. Nilai ekonomi gaharu tinggi

Tanaman gaharu yang kaya akan manfaat tentu akan membuatnya banyak diburu orang. Terlebih lagi bagian kayu yang merupakan hasil dari batang pohon gaharu. Kayu gaharu dikenal sebagai salah satu jenis kayu terbaik. Kualitas kayu terbilang tinggi sehingga cenderung memiliki nilai ekonomis yang juga tinggi.

Nilai ekonomi gaharu yang cenderung tinggi rupanya dimanfaatkan oleh para pengusaha terutama para pengusaha kayu. Bayangkan saja kayu ini dihargai sebesar ratusan ribu rupiah untuk per kilogramnya. Namun jika kayu gaharu yang diperdagangkan berkualitas super maka harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah per kilogramnya.

Harga jual yang tinggi ini tentu akan membuat penjualnya mendapat keuntungan yang relatif besar. Kelebihan menanam pohon gaharu akan diperoleh secara langsung melalui perdagangan baik lokal maupun ekspor.

3. Perawatan gaharu tidaklah sulit

Pada dasarnya gaharu dapat tumbuh dengan baik di Nusantara. Hal ini membuat gaharu tidaklah sulit untuk dibudidayakan. Anda bisa membudidayakannya dengan mengikuti petunjuk dan metode yang benar. Merawat gaharu sebenarnya bisa dilakukan secara sederhana.

Jika tidak turun hujan maka Anda perlu menyiramnya secukupnya saja. Selain itu Anda juga bisa memberinya pupuk dengan menggunakan pupuk kompos ataupun humus. Untuk mendapatkan gaharu berkualitas baik maka Anda bisa memberikannya inokulan atau isolat. Panen gaharu akan menjadi lebih banyak jika Anda menambahkannya nutrisi tersebut.

Untuk mendapatkan gaharu dengan kualitas terbaik maka sebaiknya Anda melakukan pembudidayaan dari bibit gaharu yang telah bersertifikat. Namun tetap saja Anda harus merawat gaharu dengan benar sehingga pertumbuhannya baik.

Baca Juga :

4. Gaharu tumbuh subur di Indonesia

Tanaman gaharu berasal dari Indonesia. Hal ini dikarenakan gaharu merupakan jneis tanaman yang bisa tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Hal ini menjadi salah satu kelebihan menanam pohon gaharu di tanah air. Gaharu dapat tumbuh dengan baik sehingga bisa memberikan hasil yang berkualitas tinggi.

Hingga saat ini Anda bisa menjumpai gaharu yang tersebar di Kalimantan dan Sumatra. Tanaman ini banyak dibudidiayakan di beberapa wilayah di kedua pulau tersebut. Maka tak heran bila banyak pengusaha dari negara lain yang memburu gaharu hingga ke Indonesia. Sebab gaharu di Indonesia umumnya mengalami pertumbuhan yang baik dan menghasilkan kayu dengan kualitas terbaik.

5. Karakter gaharu yang cenderung unik

Kelebihan menanam pohon gaharu lainnya adalah adanya karakter yang unik dari pohon gaharu. Misalnya aromanya yang khas sehingga bisa dijadikan sebagai bahan dasar wewangian. Aromanya yang khas ini juga bisa dimanfaatkan untuk relaksasi sehingga Anda bisa lebih tenang jika menghirup aroma gaharu.

Warna batang kulit gaharu yang cenderung coklat keputih-putihan juga akan mempermanis penampilannya. Sementara gaharu berkualitas super memiliki warna kulit yang kehitaman. 
ciri ciri pohon gaharu
Sumber: bibittanamanmurah.blogspot.com
Kelebihan menanam pohon gaharu di atas memang menarik untuk dilihat lebih lanjut. Karena itu menanam pohon gaharu bisa menjadi pilihan yang tepat. Terutama jika ingin mencoba mendapat untung yang lumayan besar dengan langkah yang tidak begitu sulit. 

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "5 Kelebihan Menanam Pohon Gaharu Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel