Artikel Pilihan

Serba Serbi Pohon Gaharu

Menanam pohon merupakan tindakan yang banyak digalakkan oleh pemerintah beberapa tahun terakhir ini. Salah satunya penanaman pohon gaharu yang dipercaya bisa memberikan banyak manfaat di berbagai macam bidang. Namun, tidak banyak masyarakat yang mengetahui bagaimana serba serbi pohon gaharu sepenuhnya. Terutama bila belum pernah menyaksikan sendiri bentuk dan jenis pohon gaharu tersebut secara nyata.

Padahal jenis pohon yang satu ini termasuk dilindungi, bahkan memiliki sertifikat dan bernilai ekonomi tinggi. Sayang sekali jika belum paham akan jenis pohon gaharu beserta serba serbi pohon gaharu tersebut. Nah, supaya bisa memperoleh sedikit informasi tentang jenis pohon ini, simak berikut sedikit penjelasannya di bawah ini.

ciri ciri pohon gaharu

Kayu Berbau Wangi

Salah satu hal menarik dari kayu pohon gaharu yaitu bau khas wangi yang muncul dari kulitnya. Jadi apabila menemukan pohon gaharu siap panen, jika disayat kulitnya akan mengeluarkan bau yang cukup semerbak ke sekelilingnya. Inilah salah satu alasan mengapa banyak yang mempertimbangkan penggunaan kayu gaharu untuk disuling menjadi salah satu bahan wewangian dengan aroma yang khas.

Dengan wangi kayu pohon tersebut, banyak industri parfum yang mengambilnya sebagai salah satu bahan baku. Pantaas saja jika kayu pohon gaharu ini laku keras di pasaran, terutama di industri parfum dan kosmetik. Sebagai bahan dasar alami, tentu saja pilihan menggunakan kayu pohon gaharu jelas lebih baik dan lebih aman. Dibandingkan jika menggunakan percampuran kimia bahan yang kurang pasti.


Cocok Dijadikan Aneka Produk

Pohon gaharu dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal. Mulai dari daun, kayu, akar, ranting, dan bahkan pohon itu sendiri memiliki banyak manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Oleh sebab itu serba serbi pohon gaharu ini banyak sekali memberikan kelebihan dan dampak positif bagi yang mengetahuinya.

Menanam pohon gaharu membantu menjaga kualitas udara yang cukup baik. Sehingga resiko polusi udara dapat dihindarkan. Selain itu daunnya juga bisa digunakan untuk kesehatan. Tak jarang banyak yang memanfaatkan rebusan daun gaharu untuk berbagai macam pengobatan alternatif.

Apalagi dengan kayu dan dahannya, banyak yang memanfaatkan untuk berbagai macam produk, mulai dari mebel, gelang, perhiasan, dan lain sebagainya. Yang pasti jenis pohon yang satu ini benar-benar dapat dimanfaatkan secara utuh. Sehingga satu pohon gaharu bisa memberikan sejuta manfaat pada orang lain di sekitarnya.


Masa Panen Tahunan

Meski memiliki banyak keuntungan bila menanam pohon gaharu, tetapi yang perlu diperhatikan yaitu bahwa masa tanam pohon yang satu ini cukup lama. Patut diketahui bahwa panen gaharu membutuhkan waktu tahunan. Bukan hanya 1-2 tahun saja, tetapi bisa mencapai lebih dari 7 tahun.

Tanpa usia yang cukup maka secara tidak langsung pohon gaharu tidak bermanfaat secara maksimal. Oleh karena itu harus menunggu hingga cukup waktu untuk memanen pohon tersebut. Inilah yang membuat banyak petani pohon gaharu menanam di lahan yang cukup luas dan jauh dari jangkauan penduduk.

Karena dengan demikian pohon dapat bertumbuh lebih optimal tanpa gangguan dari lingkungan sekitarnya. Dengan masa panen yang sesuai maka manfaat kayu gaharu dan bagian pohon lainnya lebih optimal juga.

Baca Juga :

Nilai Tinggi

Lamanya masa panen gaharu ini membuat nilai jual pohon gaharu di pasaran cukup tinggi. Oleh sebab itu jika memiliki modal, maka menanam pohon gaharu bisa menjadi pilihan menarik. Serba serbi pohon gaharu yang banyak memberikan keuntungan bagi pemiliknya membuat budidaya pohon ini memiliki manfaat ekonomi yang lumayan besar. Bahkan karena dieskpor hingga ke mancanegara, harga sebuah pohon gaharu bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.
ciri ciri pohon gaharu
Sumber: pohongaharu.blogspot.com
Ternyata memang ada banyak serba serbi pohon gaharu yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Namun setelah membaca informasi di atas, tentu sedikit banyak akan memahami mengapa pohon gaharu bahkan termasuk sebagai salah satu pohon yang memiliki sertifikat dari pemerintah.

Oleh sebab itu setelah mengetahuinya, tidak ada salahnya mencoba untuk melirik bisnis penanaman atau budidaya pohon gaharu. Siapa tahu dapat memberikan hasil bernilai tinggi seperti yang telah disebutkan tadi.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Serba Serbi Pohon Gaharu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel