Artikel Pilihan

5 Daerah Penghasil Pohon Gaharu Terbaik di Indonesia

Daerah penghasil pohon gaharu di tanah air ini sebenarnya cukup banyak. Maklumlah sekarang ini pohon gaharu semakin dikenal bahkan hingga ke luar negeri. Banyak orang yang menginginkan pohon gaharu karena pohon ini dikenal memiliki banyak manfaat. Seluruh bagian dari pohon gaharu ini bisa dimanfaatkan oleh manusia bahkan mulai dari batang hingga bagian daun dan buah gaharu.

Pohon gaharu memang merupakan tanaman asli dari Indonesia yang banyak diburu oleh masyarakat. Oleh karena itu tanaman ini perlu untuk dibudidayakan agar fungsinya bisa dimanfaatkan oleh banyak orang. Selain itu penjualan gaharu hingga ke luar negeri bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi negara kita.

ciri ciri pohon gaharu

1. Kalimantan

Kalimantan dikenal sebagai daerah penghasil gaharu yang paling banyak dikenal oleh masyarakat terutama para pengusaha gaharu. Tampaknya budidaya gaharu di pulau ini begitu besar dan dapat berjalan dengan sangat baik. Terbukti dari berbagai hasil pohon gaharu baik berupa kayu maupun daun banyak dijual. Terlebih lagi kualitas gaharu di pulau ini sangatlah baik dan tinggi.

Bahkan Kalimantan dikenal sebagai penghasil gaharu yang terbaik di dunia karena kualitas gaharu yang sangat tinggi di pulau tersebut. Harga gaharu di Kalimantan tentu saja bisa dibilang relatif mahal. Terlebih lagi untuk pohon gaharu dengan kualitas super yang dapat menghasilkan kayu dengan kualitas terbaik di dunia.

2. Sumatera

Pohon gaharu juga sejak dahulu sudah dikenal banyak tumbuh di Sumatera Selatan. Bahkan kayu gaharu yang merupakan hasil dari pohon gaharu sudah menjadi komoditas sejak dulu. Kayu gaharu ini bahkan telah menjadi komoditas andalan bagi Kerajaan Sriwijaya selama lima abad tepatnya pada tahun 7 hingga 12 Masehi.

Kayu gaharu menjadi komoditas andalan dalam mengendalikan jalur perdagangan antara Tiongkok dan India. Maka tak heran bila sampai saat ini masih banyak ditemukan keberadaan pohon gaharu di sekitar rawa gambut di Sumatera. Sampai sekarang ini Sumatera masih dikenal sebagai salah satu daerah penghasil pohon gaharu dengan kualitas terbaik.
ciri ciri pohon gaharu
Sumber: gaharu-sumatera.blogspot.com


3. Papua

Rupanya bukan hanya Kalimantan dan Sumatera saja yang menjadi daerah penghasil pohon gaharu di tanah air. Diketahui bahwa Papua juga turut menjadi suatu pulau yang memiliki potensi sebagai penghasil bgaharu dengan tingkat kualitas dan kuantitas cukup tinggi. Hutan di Papua bahkan diklaim sangat berpotensial untuk menghasilkan kayu gaharu dengan jumalh cukup tinggi.

Oleh karena itu sebaiknya daerah ini diadakan regulasi atau aturan atau kebijakan yang mengatur tentang pengambilan gaharu dari wilayah hutan. Bagaimanapun juga potensi gaharu sebagai daerah penghasil pohon gaharu perlu dilestarikan atau dijaga. Sebab ada banyak manfaat yang sangat banyak diberikan oleh gaharu pada kita.

Baca Juga :

4. NTT

Sebenarnya tanaman gaharu tersebar luas dengan berbagai genus dan spesies di Indonesia. Tanaman ini juga tersebar hingga ke NTT dengan genus dan sposies yang berbeda namun dalam famili yang sama yaitu famili Thymeleaceae. NTT menjadi daerah penghasil pohon gaharu terbesar dengan spesies Gyrinops versteegii. Di daerah ini rupanya pohon gaharu dilestarikan dan dibudidayakan dengan menggunakan metode tradisional.

Umumnya tanaman gaharu di NTT ini dikembangkan dengan menggunakan sistem tumpang sari pada beberapa tanaman yang ditanam di lahan pembudidaya gaharu. Misalnya saja di lahan terdapat tanaman coklat maka pembudidaya akan menjadikan tanaman coklat sebagai tanaman utama dalam pencampuran dengan tanaman penghasil gaharu. Walaupun begitu penanaman gaharu di NTT cukup banyak dilakukan gaharu bisa banyak dijumpai disana.
ciri ciri pohon gaharu
Sumber: bibittanamanpohon.wordpress.com


5. Jawa

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pohon gaharu menghasilkan salah satu jenis kayu dengan harga termahal di dunia. Harga kayu yang mahal ini tentu membuat orang ingin membudidayakannya. berbagai daerah di Indonesia rupanya telah mengembangkan dan membudidayakan gaharu termasuk pula di Jawa.

Memang gaharu di Jawa terutama Jawa Tengah tidaklah sebanyak gaharu yang tersebar di Kalimantan atau Sumatera. Tetapi gaharu dari Jawa ini turut memberikan banyak manfaat bagi banyak orang sehingga banyak diburu orang. Keunikan kayu gaharu yang beraroma khas ini semakin menambah keunggulannya sehingga membuat masyarakat tertarik.

Itulah 5 daerah di Indonesia penghasil pohon gaharu terbaik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "5 Daerah Penghasil Pohon Gaharu Terbaik di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel