Artikel Pilihan

10 Jenis Tanaman Bonsai yang Cocok Untuk Ruangan

Ruangan di dalam rumah sebaiknya terdapat minimal satu pohon hidup, letakkan di area yang aman dari jangkauan, ini sangat baik untuk pertukaran udara. Salah satu tanaman hias yang sangat cocok untuk ruangan Anda adalah Tanaman Bonsai Serut.

Tanaman ini memiliki keindahan dan keunikan sendiri serta cara perawatannya yang tergolong mudah. Beberapa jenis bonsai juga berukuran kecil sehingga tidak akan memakan banyak tempat dan Anda bisa meletakannya di dalam pot.

Namun agar tidak salah dalam perawatannya, ketahui dahulu karakteristik, habitat, kandungan pH tanahnya, hingga cuaca yang cocok untuknya. Agar tanaman bonsai bisa hidup dengan baik.



10 Tanaman bonsai serut yang cocok untuk ruangan Anda seperti:

1.Pitaloka (Loropetalum)

Pitaloka
pinterest.com
Loropetalum merupakan salah satu genus tanaman yang memiliki 4 spesies tanaman dalam keluarganya. Loropetalum ini bentuknya seperti pohon semak atau pohon kecil dengan ketinggian bisa mencapai 7 hingga 8 meter. Tanaman ini berasal dari Cina, Jepang, dan Asia Tenggara.

2.Ginkgo (Ginkgo biloba)

ginkgo
Sumber : rockymtnbonsai.com
Selanjutnya adalah Ginkgo biloba, merupakan satu-satunya spesies yang masih hidup dari divisi Ginkgophyta, sayangnya semua spesies lainnya telah punah. Memiliki daun berwarna cerah yaitu kuning. Tanaman ini berasal dari Cina, tapi syukurnya sudah banyak yang mulai membudidayakan tanaman ini paling banyak di wilayah subtropis. Pohon ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional loh.


3.Asem Jawa (Tamarindus indica)

Bonsai yang ketiga adalah pohon Asem Jawa, salah satu tumbuhan tropis yang berasal dari Afrika Timur. Penyebarannya sudah cukup meluas, sejak ribuan tahun yang lalu, pohon ini sudah disebarkan ke banyak wilayah di Asia, juga Amerika Latin dan Karibia.

Baca Juga :


4.Zaitun (Olea)

Tanaman Zaitun atau Olea merupakan salah satu tanaman yang memiliki sekitar 40 jenis spesies dan masuk dalam keluarga Oleaceae. Tanaman yang dijuluki Zaitun di Indonesia ini berasal dari daerah yang beriklim hangat seperti Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, hingga Asia Selatan dan Australasia.


5.Fir (Abies)

Tumbuhan conifer yang satu ini merupakan genus Abies bernama Fir. Memiliki setidaknya 48 hingga 55 spesies. Penyebarannya banyak terdapat di wilayah pegunungan di Amerika Utara, Amerika Tengah, Eropa, Asia, dan juga Afrika Utara. Masih memiliki hubungan dengan tanaman genus Cedrus atau biasa di sebut pohon Cedar.

6.Wisteria

Salah satu genus tanaman berbunga yang masuk dalam keluarga Fabaceae yaitu Wisteria ini mencakup 10 spesies pohon berkayu. Tanaman ini merupakan tanaman berasal dari Cina, Korea, Jepang, dan juga Amerika Timur. Banyak yang memanfaatkannya sebagai tanaman hias karena keindahannya.

7.Akasia (Acacia)

Seorang ahli botani Swedia yaitu Carl Linnaeus berhasil mengidentifikasi tanaman Akasia di Afrika pada tahun 1773. Tanaman ini tergolong dalam Mimosoideae dari keluarga Fabaceae. Di tahun 2005 saja sudah ada 1.300 spesies Akasia yang tersebar luas di seluruh dunia, dan 960 spesies ini merupakan tanaman berasal dari Australia. Dan sisanya banyak tersebar di Eropa, Afrika, Asia, dan juga Amerika.

8.Kemuning (Murraya paniculata)

Bonsai yang selanjutnya adalah pohon Kemuning, merupakan tanaman berbunga yang biasa tumbuh di daerah tropis. Tanaman ini mampu tumbuh hingga 7 meter tingginya. Dan bunganya selalu berkembang setiap tahun tidak bergantung musim. Akar Kemuning selalu dimanfaatkan oleh masyarakat Minangkabau sebagai gagang pisau dan juga golok yang digunakan sehari-hari.



9.Delima (Punica granatum)

Selanjutnya adalah Pohon Delima. Bonsai jenis ini berasal dari Timur Tengah namun banyak tersebar di daerah subtropis dan juga tropis. Tanaman ini bisa Anda manfaatkan sebagai tanaman obat, tanaman hias, dan juga kebun yang bisa Anda ambil buah delimanya. Pastikan Anda menggunakan tanah yang gembur, tidak terendam banyak air namun dekat dengan sumber air.

10.Serut (Streblus asper)

Tanaman Serut merupakan tanaman yang berasal dari daerah cukup kering seperti Indonesia, Kamboja, Thailand, India, Sri Lanka, Malaysia, dan Vietnam. Banyak sekali manfaat dari tanaman bonsai serut ini salah satunya adalah untuk bahan baku pembuatan kertas seperti yang ada di Thailand selama 700 tahun lebih.

Itulah tadi 10 jenis bonsai yang sangat cocok untuk ruangan Anda. Ada banyak lagi jenis bonsai yang harus Anda ketahui. Simak di artikel selanjutnya ya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "10 Jenis Tanaman Bonsai yang Cocok Untuk Ruangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel