Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Beringin Cekik (Ficus annulata) Di Alam Liar

Beringin Cekik

Beringin cekik atau Beringin akar lilit (Ficus annulata) adalah salah satu tumbuhan khas Indonesia. Pohon beringin cekik ini bisa ditemui dihampir seluruh wilayah nusantara, dan yang paling terkenal adalah pohon beringin cekik di Taman Nasional Ujung Kulon.

Di setiap daerah di Indonesia menyuebut pohon beringin cekik dengan macam-macam nama, seperti Bulu atau Ara Susu (Kalimantan), Kiara Bodas atau Kiara Oneng (Sundah), dan Grasak (Jawa). Sedangkan di negara berbahasa Inggris, pohon beringin cekik dikenal dengan nama Strangler Fig.



Habitat beringin cekik meliputi hutan tropis dengan ketinggian antara 400-700 m dpl. Beringin cekik juga ditemukan di hutan dekat dengan sungai, lereng bukit serta daerah pegunungan.

Pohon beringin cekik dapat tumbuh dengan baik di tanah berpasir maupun di tanah liat. Penyebarannya mencakup Indonesia dan Malaysia.

Nama ilmiah sinonim untuk menyebut pohon beringin cekik termasuk :
  • Ficus balabacensis
  • Ficus flavescens
  • Ficus valida
  • Urostigma annulatum
  • Urostigma flavescens


Ciri Ciri Daun Beringin Cekik


Ciri Ciri Daun Beringin Cekik

Daun beringin cekik berbentuk jorong dengan ujung meruncing, permukaannya rata, struktur tulangmenyirip, berwarna hijau agak keputih-putihan, panjang antara 12-25 cm, lebar 5-10 cm, dan tumbuh menyebar pada semua bagian pohon mulai dari dahan hingga ranting.

Daun-daunnya terdiri dari tangkai, tulang daun dan helaian daun. Setiap satu tangkai daun hanya menyokong satu helai daun. Daunnya tumbuh menyebar pada semua bagian pohon mulai dari dahan hingga ranting.


Ciri Ciri Bunga Beringin Cekik




Bunga beringin cekik termasuk bunga majemuk, kuntum bunganya tersusun dalam sebuah malai yang terletak pada ujung ranting.

Bagian-bagian bunga beringin cekik terdiri dari mahkota bunga berwarna kuning, tangkai, kelopak, benang sari dan putik. Kelopak bunganya berbentuk jorong dan bercangap. Mahkota bunga berwarna kuning terang dan bentuknya bulat.

Melalui bunga inilah nantinya beringin cekik akan menghasilkan buah. Setiap pohon beringin cekik memiliki bunga jantan dan bunga betina sehingga dapat melakukan penyerbukan sendiri.


Ciri Ciri Buah Beringin Cekik


Ciri Ciri Buah Beringin Cekik

Buah beringin cekik berbentuk bulat dan berwarna hijau, seperti halnya buah dari genus Ficus pada umumnya. Buah ini tumbuh dari bunga sehingga letaknya juga mengelompok pada bagian ujung-ujung dahan.

Buahnya memiliki ukuran diameter antara 2-4 cm, dan bagian dalam buah terdapat biji berwarna coklat.

Buah beringin cekik juga sering menjadi santapan hewan seperti burung, kelelawar, tupai, dan monyet.


Ciri Ciri Pohon Beringin Cekik


Ciri Ciri Pohon Beringin Cekik

Beringin cekik termasuk tanaman dikotil atau berbelah dua. Seperti halnya tanaman dikotil lainnya, akar beringin cekik tergolong akar tunggang dan berwarna coklat.

Bentuk fisik pohon beringin cekik serupa dengan beringin yang umum tumbuh di sekitar kita (Ficus benjamina), dan yang membedakan antara beringin biasa dan beringin cekik adalah struktur perakarannya.

Struktur anatomi akar beringin cekik hampir mirip dengan struktur anatomi batangnya. Akar-akar dari beringin cekik tumbuh menjalar dan mengikat bagian batang pohonnya. Tak sedikit pula yang tumbuh bersatu dengan pohon lain, dan pohon tersebut menjadi sasaran lilitan akar beringin cekik.




Salah satu contoh pohon beringin cekik yang CCP temukan di alam liar ada di Cibubur, Jakarta Timur. Pohonnya tumbuh di area pemakaman dan tampak akarnya mengitari sekeliling batang pohon yang diinanginya.

Akar Beringin Cekik
Akar Pohon Beringin Cekik | Foto Dokumentasi Pribadi CCP

Beringin cekik dapat hidup secara epifit (menempel pada pohon lain), dan pohon yang ditumpangi oleh beringin cekik biasa disebut dengan istilah pohon inang.

Tumbuhnya beringin cekik yang menempel pada pohon inang ternyata tidak hanya menempel saja, namun lama kelamaan akarnya akan tumbuh membesar dan melilit tanaman inangnya, bahkan dapat melilit hingga rapat. Jadi selain melilit beringin cekik juga mengambil nutrisi dari pohon yang diinanginya dan perlahan mematikan pohon inangnya.


MANFAAT POHON BERINGIN CEKIK :

Selain merugikan pohon yang diinanginya dan termasuk pohon merugikan karena akarnya bisa merusak bangunan disekitar (jika tumbuh di dekat rumah/gedung), beringin cekik ternyata memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Daun dari pohon beringin cekik dapat dimanfaatkan untuk mengatasi demam, sedangkan akarnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit lepra.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Beringin Cekik (Ficus annulata) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel