Artikel Pilihan

Syarat Tumbuh Pohon Alpukat yang Terbaik

Pohon Alpukat

Kalau berbicara soal pohon alpukat, pastilah anda memikirkan buahnya yang berwarna hijau dengan biji yang sangat besar di dalamnya. Pohon alpukat ternyata memang menghasilkan buah yang kaya manfaat karena mengandung lemak nabati dan protein yang cukup tinggi sehingga dapat melawan kolesterol jahat. 

Pohon alpukat atau Persea Americana ini biasanya ditanam dalam perkebunan monokultur, kebun yang hanya menanam satu jenis tanaman saja. Jika anda ingin juga ingin memiliki kebun alpukat, anda harus mengetahui syarat pertumbuhan yang baik bagi pohon yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko ini. 

Pertumbuhan yang Baik Bagi Pohon Alpukat 

Pohon Alpukat
Sumber: Pixabay.com

1. Jenis dan Kadar Asam Tanah 

Syarat pertama dari pertumbuhan pohon alpukat yang harus anda perhatikan adalah jenis dan kadar keasaman dari tanah yang akan anda gunakan untuk menanam benih alpukat. 

Pohon alpukat akan tumbuh dengan sangat baik kalau anda menanamnya di tanah yang gembur, tidak mudah tergenang air, serta mengandung hanya bahan organik. Karena itu, sebisa mungkin pilihlah tanah yang gembur. 

Ada 3 jenis tanah yang terbaik untuk menanam pohon alpukat, yaitu tahan lempung berpasir, lempung liat, dan lempung endapan. Ketiga jenis tanah tersebut mengandung banyak unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan pohon ini. 

Kalau sudah menemukan jenis tanah yang tepat, anda juga harus memperhatikan kadar asam dari tanah tersebut. Kadar asam yang terlalu rendah dapat membuat pohon alpukat keracunan karena mengandung aluminium, besi, dan magnesium yang begitu tinggi. Kadar asam yang paling baik untuk pohon ini adalah sekitar 5,6 sampai 6,4. 

Jika ternyata kadar asam dari tanah yang anda miliki lebih dari angka yang seharusnya, maka anda harus menetralkan kembali tanah dengan cara pengapuran. 

2. Ketinggian Dataran 

Dataran dapat dikelompokkan menjadi dua berdasarkan ketinggiannya, yaitu dataran rendah dan dataran tinggi. Dataran mana yang baik untuk pohon alpukat? 

Pohon alpukat dapat tumbuh dengan baik kalau anda menanamnya pada dataran rendah dengan ketinggian 5 sampai 1.500 meter dari permukaan laut tergantung dari jenis yang anda tanam. 

Pada umumnya, pohon alpukat dapat tumbuh dengan baik bila ditanam pada ketinggian 200 sampai 1.000 meter dari permukaan laut. Namun, ada beberapa jenis alpukat yang dapat tumbuh bila ditanam pada ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut, seperti alpukat ras Meksiko dan Guatemala. 

3. Iklim dan Suhu 

Selain jenis tanah dan ketinggian dataran, anda juga harus memperhatikan iklim serta suhu di daerah anda menanam pohon alpukat. Kedua faktor tersebut sangat menentukan kesuburan pohon ini. 

Suhu yang paling terbaik agar pohon alpukat dapat tumbuh dengan baik adalah sekitar 12,8 sampai 28,3 derajat Celcius. Namun, ada juga beberapa pohon alpukat yang dapat tumbuh dengan baik jika ditanam pada suhu yang lebih tinggi, yaitu sekitar 30 derajat celcius. 

Pohon ini juga membutuhkan cahaya matahari langsung yang menyinarinya. Kebutuhan pohon alpukat terhadap sinar matahari berkisar antara 40% sampai 80%. Sinar matahari akan membantu proses pernapasan dari pohon ini. Dari proses pernapasan tersebut, pohon ini akan mendapatkan nutrisi tambahan berupa karbon dioksida. 

Angin juga dibutuhkan agar proses penyerbukan dari pohon alpukat dapat berjalan lancar. Proses penyerbukan merupakan proses yang paling penting dari pohon ini agar dapat berbuah. 

Meski membutuhkan angin, tetapi pohon alpukat bisa roboh kalau diterpa angin dengan kecepatan 63 sampai 73,6 km. Karena itu, anda harus mengatasi masalah yang mungkin ditimbulkan oleh kecepatan angin. 

4. Jarak Penanaman Alpukat 

Kalau anda ingin menanam lebih dari satu pohon alpukat, maka perhatikan jarak tanam dari pohon tersebut. Jangan menanam pohon ini terlalu dekat karena dapat mengganggu pertumbuhannya. 

Jarak antar pohon alpukat yang paling ideal adalah sekitar 9 sampai 12 meter. Karena itu, anda harus menyiapkan lahan yang sangat luas agar pohon ini bisa mendapatkan ruang untuk tumbuh. 

5. Mengolah Lahan Untuk Pohon Alpukat 

Setelah memiliki lahan yang cocok dengan iklim yang sesuai, maka anda harus mengolah lahan tersebut agar dapat digunakan untuk menanam pohon alpukat. 

Langkah pertama dalam pengolahan tanah yang dapat anda lakukan adalah dengan menggemburkan tanah. Gunakan traktor untuk menggemburkan tanah. Setelah itu, taburkan pupuk sebanyak 10 ton sampai 20 ton untuk menambah kesuburan tanah tersebut. 


Langkah-Langkah Menanam Pohon Alpukat 

Setelah mengetahui semua syarat pertumbuhan yang terbaik bagi pohon alpukat, maka kini anda telah siap untuk menanam pohon ini. Pastikan kalau anda telah mendapatkan benih alpukat yang terbaik dan menanamnya sampai tumbuh tunas. 

Buat lubang pada lahan dan berikan pupuk sebanyak 1 kg yang telah dicampur dengan 100 liter air. Pupuk yang tepat dapat menghindarkan tanaman dari penyakit. 

Keluarkan tunas dari plastik polybag. Namun, pastikan kalau anda tidak merusak akar pohon alpukat. Setelah itu, langsung letakkan di lubang yang telah anda buat sebelumnya. Atur agar akar menyebar di dalam tanah. 
Pohon Alpukat
Sumber: Pixabay.com

Setelah itu, tutup kembali lubang tersebut. Pastikan kalau anda telah memadatkan lubang tersebut agar pohon alpukat lebih kokoh. Apakah anda sudah memenuhi syarat untuk menanam pohon alpukat? Kalau sudah, maka anda hanya perlu menanamnya saja.

Belum ada Komentar untuk "Syarat Tumbuh Pohon Alpukat yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel