Artikel Pilihan

Kenapa Anda Harus Menanam Pohon Apel?

Pohon Apel

Pohon apel merupakan salah satu tanaman buah yang cocok ditanam pada suhu yang tinggi dengan kelembapan yang tinggi pula. Karena itu, dibutuhkan curah hujan sekitar 1.000 mm sampai 2.600 mm setiap tahunnya agar pohon apel dapat tumbuh dengan optimal. Namun, dibutuhkan juga sinar matahari yang cukup banyak untuk proses pernapasan pohon ini. 

Syarat dalam menanam pohon apel memang terlihat ribet. Namun, bukan berarti pohon ini tidak boleh ditanam bagi anda yang mencintai pohon buah. Jika anda tinggal di daerah yang memenuhi syarat cuaca dan iklim penanam pohon dengan nama latin Malus domestica ini, ada baiknya kalau anda juga menanam pohon yang satu ini. 

Alasan Harus Menanam Pohon Apel 

Pohon Apel
Sumber: Pixnio.com

1. Menghasilkan Buah yang Banyak 

Meski menanam pohon apel sangat ribet karena harus memperhitungkan suhu, kelembapan, dan curah hujan. Namun, hasilnya dapat anda rasakan jika sudah melakukan semuanya dengan benar. 

Hasil yang diberikan oleh pohon apel juga berkali-kali lipat dari usaha yang anda lakukan. Sekali panen, pohon ini dapat menghasilkan 6 sampai 15 kg buah apel. Bisa anda bayangkan ada berapa biji buah apel yang dihasilkan? 

Selain banyak, buah apel yang dihasilkan juga enak sesuai dengan jenis apel dan cara anda menanamnya. Semua buah apel ini dapat anda makan langsung atau diolah lagi menjadi makanan dan minuman lainnya. 

Anda juga dapat menjual apel dan berbagai jenis olahannya untuk mendapatkan untung yang besar. 

2. Baik untuk Kesehatan 

Buah apel baik bagi kesehatan sudah melekat di benak semua orang. Buah apel memang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh anda. Hal ini dikarenakan dalam buah apel terdapat banyak sekali vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Buah yang memiliki warna merah, hijau, atau kuning ini vitamin A, vitamin B6, vitamin B1, vitamin C, vitamin K, vitamin E, kaya akan serat, serta beberapa mineral lainnya. Dengan banyaknya vitamin tersebut, buah apel dapat membantu menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit. 

Dengan adanya vitamin C, buah ini dapat menjaga kekebalan tubuh anda. Buah apel juga dapat melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Dalam 100 gram apel, terkandung 5 gram serat. 

Kolesterol jahat dalam tubuh dapat menurun kalau anda rajin mengonsumsi apel karena buah ini mengandung pektin yang berguna menyerap kolesterol. Mencegah penyakit berbahaya, seperti kanker juga manfaat dari buah apel karena adanya senyawa bernama butyrate. 

Buah apel juga turut berpotensi mencegah penyakit kardiovaskuler, seperti stroke, jantung, diabetes, serta asma. 

Selain buahnya yang bermanfaat, pohon apel juga memiliki daun yang tidak kalah bermanfaatnya. Kandungan dalam daun apel hampir sama dengan buah apel dengan manfaat yang hampir sama pula. 

Jika anda menanam pohon apel, anda sudah dapat manfaat diatas dua kali dari buah apel dan daun apel. 

3. Menjaga Lingkungan 

Menanam pohon apel juga turut menjaga lingkungan karena segala bagian dari pohon ini dapat bermanfaat untuk memperbaiki lingkungan. 

Pohon apel memiliki daun yang begitu rindang. Saat siang, daun hijau ini akan mengeluarkan oksigen serta menghirup karbon dioksida sehingga udara di sekitar pohon ini akan terasa lebih segar. Hal ini dapat anda manfaatkan kalau anda tinggal di jalan yang sering dilalui kendaraan hingga menyebabkan polusi udara. 

Akar dari pohon apel juga begitu panjang dan kuat sehingga membutuhkan air dengan jumlah yang cukup banyak. Dengan adanya akar tersebut, banjir dapat dicegah. Setiap hujan, pohon ini pasti akan menyerapnya. 

Badan pohon apel yang cukup besar juga dapat menghadang polusi suara yang tercipta jika kendaraan lewat. Meski tidak sepenuhnya menghilang. Namun, suara bising akan sedikit teredam. 

4. Dapat Ditanam 

Dimana Saja Sebelumnya telah dijelaskan kalau apel hanya dapat ditanam di cuaca dan iklim yang memenuhi syarat saja. Namun, pohon apel sebenarnya dapat ditanam dimana saja. Tentu saja hal ini memudahkan bagi anda yang tinggal di luar daerah yang sesuai dengan kriteria yang disebutkan sebelumnya. 

Iklim dan cuaca dingin yang dibutuhkan hanya untuk pembibitan pohon apel saja. Setelah itu, pohon ini dapat ditanam dimana saja. Namun, anda harus menyesuaikan dengan kondisi tempat anda menanamnya. 

Jika anda menanam pohon apel di tempat yang panas dengan curah hujan yang rendah, ada baiknya kalau anda lebih sering menanam pohon ini. 


Hama dan Penyakit Pada Pohon Apel 

Tantangan dalam menanam pohon apel tidak hanya pada cuaca dan iklim yang sesuai saja. Masih ada tantangan lainnya, yaitu hama dan penyakit. Pohon yang satu ini memang rentan terhadap hama atau penyakit. 

Ada banyak jenis hama yang menyerang pohon ini, seperti lalat buah, ulat, dan tungau. Penyakit juga biasa disebabkan oleh jamur. 

Hama dan penyakit dapat menyebabkan pohon apel tumbuh dengan tidak subur hingga akhirnya mati. 

Untuk mengatasinya, anda dapat menyemprotkan insektisida untuk membasmi hama. Untuk membasmi penyakit, semprotkan fungisida ke sekitar pohon apel. 
Pohon Apel
Sumber: Agrotek.id

Itulah beberapa alasan kenapa anda harus menanam pohon apel. Dengan menanam pohon ini, setidaknya anda telah berlatih untuk bersabar mendapatkan hasil pada akhirnya.

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Anda Harus Menanam Pohon Apel?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel