Artikel Pilihan

Sejarah Perkembangan Pohon Pisang Hingga Bisa Populer Seperti Sekarang

Pohon Pisang
Kalau ditanya pohon buah apa yang paling populer, anda pasti terpikir dengan pohon pisang. Tanaman yang satu ini memang terkenal karena buah pisang yang begitu populer. Di Indonesia sendiri, buah pisang menjadi buah yang paling banyak dikonsumsi. Daun pohon pisang juga sering dimanfaatkan sebagai bungkus makanan. 

Bukan cuma di Indonesia, pohon pisang juga terkenal di hampir setiap negara. Amerika memiliki jenis pisang yang begitu populer, yaitu pisang candevish. Untuk bisa sampai populer seperti sekarang dan menjadi buah favorit banyak orang, banyak sejarah yang dilalui oleh tanaman yang satu ini. 

Sejarah Perkembangan Pohon Pisang 

Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

1. Dibudidayakan Duluan 

Daripada Padi Para ahli berpendapat kalau pohon pisang merupakan tanaman yang pertama kali dibudidayakan oleh manusia, bahkan mendahului padi yang menjadi makanan pokok bagi kebanyakan orang. 

2. Budidaya Pisang Pertama Kali 

Pohon pisang yang dibudidayakan pertama kali ditemukan di sebuah dataran tinggi di Papua Nugini. Hal ini terbukti dari sebuah tulisan dalam bahasa Pali yang ditemukan pada abad ke 6 Sebelum Masehi. 

Tulisan tersebut menunjukkan bahwa buah pisang telah ada sejak sebelum abad ke 6 Sebelum Masehi dan telah sampai ke India pada saat tulisan tersebut di buat. 

Kitab-kitab kuno bertuliskan bahasa India, Cina, Arab, Romawi, dan Yunani juga menyebutkan bahwa pisang telah sampai ke daerah tempat mereka tinggal. Artinya, pohon yang satu ini telah menyebar luas pada saat itu. 

3. Mencapai Madagaskar dan Palestina 

Alexander Agung, Seorang raja yang berasal dari negara di timur laut Yunani ini menemukan pohon pisang selama berkelanan di wilayah laut tengah pada tahun 327 Sebelum Masehi. 

Beliau begitu tertarik dengan buah pisang sehingga mencoba membawa buah yang satu ini ke Madagaskar dan Palestina. Dia berhasil membawa buah ini dengan bantuan beberapa penakluk Islam. 

Saat mencapai daerah tersebut, buah ini langsung ditanam hingga akhirnya tumbuhlah banyak pohon pisang di negara tersebut. Buah pisang juga menjadi favorit sejak dibawa pertama kali oleh Alexander Agung. 

4. Disebarkan Oleh Orang Portugal dan Spanyol 

Pada abad ke 15, pelaut yang berasal dari Portugal membawa buah pisang berkeliling Eropa dan Afrika Barat. Selama mengelilingi Eropa, banyak warga lokal yang sangat menyukai buah yang satu ini. 

Akhirnya, buah ini ditanam di beberapa negara Eropa. Situasinya juga tidak berbeda dengan di Afrika Barat. 

Beberapa penjelajah asal Portugal dan Spanyol membawa buah ini ke kepulauan Canary, Hindia Barat, hingga kawasan Karibia. Penjelajah dari Portugal dan Spanyol merupakan orang yang berjasa untuk menyebarkan pohon ini ke berbagai dunia. Mereka mulai menyebarkan buah yang satu ini pada tahun 1482. 

5. Budidaya Pisang Terorganisir 

Setelah penyebarannya ke beberapa daerah yang dilakukan oleh orang Portugal dan Spanyol, akhirnya ada satu negara yang mencoba untuk melakukan budidaya pohon pisang yang lebih terorganisir agar bisa menghasilkan buah pisang yang lebih berkualitas. Negara tersebut adalah Cina. 

Namun, cina bukanlah negara pertama yang mencoba melakukan budidaya pohon pisang. Pada tahun 63 sampai 14 sebelum masehi, ada bukti yang menunjukkan bahwa Kekaisaran Romawi mencoba untuk melakukan budidaya tanaman yang sama. 

Seorang dokter dari Romawi bernama Antonio Musa adalah orang pertama yang mendorong agar dilaksanakannya budidaya pohon pisang. 

6. Mutasi Pisang 

Melalui berbagai tulisan kuno, dulu buah pisang dipercaya memiliki warna merah ketika sudah masak dan hijau ketika mentah seperti sekarang. Namun, terjadi mutasi yang membuat buah pisang berubah warna menjadi kuning. 

Jean Francois Poujot adalah orang yang melakukan mutasi pada pisang pada tahun 1836. Ia melakukan mutasi tersebut di Jamaika. 

7. Masuk ke Amerika 

Warga Amerika tidak pernah sama sekali mengenal buah maupun pohon pisang hingga akhirnya ada seorang kapten kapal bernama Lorenzo Dow Baker dan Minor Keith, seorang pembangun jalan kereta api yang membawa buah ini pada waktu yang hampir bersamaan ke berbagai daerah di Amerika. 

Lorenzo Dow Maker berkunjung ke Jamaika, tempat mutasi pisang dilakukan oleh Jean Francois Poujot dan melihat buah pisang berwarna kuning. Dia yang tertarik dengan buah tersebut akhirnya membeli pisang yang masih mentah dan menjualnya kembali di New Jersey. 

Pada saat yang sama, Minor Keith sedang membangun jalan kereta Api di Kosta Rika hingga akhirnya menemukan pohon pisang di jalur yang ia bangun. Setelah pembuatan jalan selesai, ia mencoba mengangkut beberapa buah pisang yang telah matang dan kemudian di eskpor ke Amerika. 

Pada saat itulah buah pisang menjadi buah yang populer di Amerika Serikat. 


Penyebaran Buah Pisang Hingga ke Indonesia 

Buah pisang pertama kali sampai ke Asia Tenggara melalui negara Malaysia dan Filipina. Kedua negara tersebut melakukan budiaya pohon pisang hingga akhirnya dibawa ke beberapa negara lain, seperti daerah Pasifik. 

Pohon pisang akhirnya di eskpor ke Indonesia dan menjadi pohon buah yang populer. Sejak itu, udah ada 14 jenis pisang yang ditanam di Indonesia. 
Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

Itulah sejarah panjang tentang penyebaran pohon pisang hingga akhirnya bisa menjadi salah satu buah yang sangat populer di dunia.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Pohon Pisang Hingga Bisa Populer Seperti Sekarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel