Artikel Pilihan

Persiapan Sebelum Anda Menanam Pohon Pisang

Pohon Pisang
Anda bisa menemukan pohon pisang dimana saja, di kebun, di pekarangan rumah, bahkan di tanah kosong banyak tumbuh pohon yang satu ini. Pohon pisang merupakan tanaman yang cukup banyak tumbuh di Indonesia karena memang buah pisang merupakan buah yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. 

Pohon pisang memang bisa ditanam di pekarangan rumah. Anda sendiri bisa menanam pohon yang memiliki nama latin Musa ini. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum menanam pohon yang satu ini. Sebenarnya hal yang harus anda persiapkan tidaklah terlalu sulit. 

Persiapan Sebelum Menanam Pohon Pisang 

Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

1. Mempersiapkan Tunas 

Hal pertama yang harus anda persiapkan adalah bibit atau tunas pohon pisang. Anda tidak mungkin bisa menanam pohon ini tanpa adanya bibit. Tunas yang anda tanam akan menentukan pohon yang akan dihasilkan. Karena itu, anda harus memilih tunas yang terbaik. 

Tunas pisang yang bagus bisa nada lihat dari tinggi dan lebarnya. Tunas yang baik biasanya memiliki tinggi sekitar 1 sampai 1,5 meter dengan umbi selebar 15 sampai 20 cm. Lebih baik jangan memilih tunas yang kurang dari ukuran tersebut karena hasilnya kurang optimal. 

Jenis tunas yang harus anda pilih ada dua, yaitu anakan dewasa dan anakan muda. Anakan dewasa terlihat lebih matang dan sudah memiliki calon bunga sehingga lebih cocok kalau anda ingin menanam pohon pisang. Tunas anakan dewasa bisa menyimpan persediaan makanan bagi pohon. 

Tunas anakan muda bentuknya masih kecil seperti tombak atau pedang. Meski belum terlalu matang, tetapi tunas seperti ini juga bisa digunakan untuk menanam pohon pisang. Namun, hasilnya akan lebih lama dibandingkan anda menanam menggunakan tunas anakan dewasa. 

2. Persiapan Media Tanam 

Setelah tunas pohon pisang, hal selanjutnya yang harus anda persiapkan adalah media tanam. Segala jenis tanaman tidak akan bisa tumbuh jika tidak memiliki media tanam. Tidak cukup hanya ada media tanam saja, perlu juga media tanam yang cocok dengan tanaman tersebut. 

Ada beberapa tanaman yang cocok dengan tanah kering, ada juga beberapa yang cocok dengan tanah yang agak lembap. Pohon pisang merupakan tanaman yang lebih cocok kalau ditanam pada media tanam yang memiliki kandungan humus, kandungan kapur, dan agak berat. 

Perlu banyak kandungan dalam media tanam untuk pohon pisang karena tanaman yang satu ini membutuhkan banyak nutrisi agar bisa menghasilkan buah yang berkualitas. Tanaman yang satu ini juga memerlukan media tanam yang cepat menyerap air karena pohon ini akan membusuk jika tergenang air. 

Jika anda menanam pohon ini pada media tanam yang basah, anda harus menanam dalam ketinggian 5 sampai 200 cm. Kalau tanahnya setengah basah, anda bisa menanam di ketinggian antara 100 sampai 200 cm. Jika anda menanam di daerah yang kering, cukup tanam pada ketinggian 50 sampai 150 cm. 

3. Tempat Menanam Pohon Pisang 

Ada beberapa syarat yang harus anda ikuti agar pohon pisang bisa tumbuh dengan lebih optimal. Maksudnya tempat menanam adalah iklim dan ketinggian yang baik bagi tanaman ini. 

Sebenarnya pohon yang satu ini cocok ditanam di mana saja. Namun, agar lebih aman dan baik kalau anda mengikuti beberapa syaratnya, yaitu di dataran rendah dengan iklim yang tidak terlalu ekstrem. 

Pohon pisang bisa tumbuh dengan optimal kalau anda menanamnya hingga ketinggian 2000 meter dari permukaan laut. Pohon ini tidak bisa tumbuh jika ada angin kencang karena akarnya tidak tumbuh ke bawah sehingga tidak mampu menahan batangnya jika tertiup angin. 

4. Perlindungan dari Hama 

Pohon pisang memiliki batang yang terbentuk dari daun-daun pisang sehingga tidak terlalu kuat. Karena bentuk batangnya yang lebih lembek, maka hama sangat senang tinggal dan memakan di batang pohon ini. 

Beberapa hama yang sering menyerang pohon pisang adalah hama penggulung daun, lalat buah, kudis, dan Nematoda akar. Anda harus mempersiapkan perlindungan pohon dari hama yang merugikan ini. 

Selain hama, ada juga penyakit yang bisa membuat pohon pisang cepat mati. Penyakit tersebut adalah layu bakteri, layu fusarium, dan bercak cercaspora. Penyakit ini bisa anda atasi dengan beberapa obat khusus untuk tanaman. Jika anda menemukan ada beberapa bagian yang terserang penyakit, anda bisa segera memotong bagian tersebut. 


Teknik Menanam Pohon Pisang 

Selain mempersiapkan beberapa hal untuk menanam pohon pisang, anda juga harus mengerti teknik untuk menanamnya agar sukses. Kalau anda ingin menanam lebih dari satu pohon, anda harus menyiapkan jarak yang cukup lebar. Berikan jarak sekitar 3 sampai 5 meter antar tunas. 

Untuk menanam pohon pisang, anda bisa menggunakan pola tanaman tumpang sari. Untuk menggunakan teknik yang satu ini, anda harus membuat lubang pada media tanam sebesar 50 cm dengan kedalaman 50 cm. 

Anda bisa mendapatkan pohon pisang yang lebih optimal jika menanamnya menjelang musim hujan. Jika anda menanam menjelang musim hujan, anda bisa memberikan pupuk sebanyak 15 sampai 20 kg terlebih dahulu pada media tanamnya. 
Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

Apakah anda sudah mempersiapkan hal yang diperlukan untuk menanam pohon pisang? Kalau belum, lebih baik anda segera mempersiapkannya agar bisa segera menanam pohon ini.

Belum ada Komentar untuk "Persiapan Sebelum Anda Menanam Pohon Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel