Artikel Pilihan

Hati-Hati Pada Hama yang Sering Merugikan Pohon Pisang

Pohon Pisang
Pohon pisang merupakan salah satu tanaman yang paling mudah di temukan di Indonesia. Hal ini membuat buah pisang menjadi buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hampir 46% dari buah yang dimakan orang Indonesia adalah buah pisang. Jadi, wajar kalau anda menemukan banyak pohon pisang. 

Selain karena buahnya disukai oleh orang Indonesia, pohon pisang juga mudah ditanam di mana saja. Namun, tetap harus ada perhatian dan perawatan yang benar. Salah satu hal yang sering mengganggu pohon dengan nama latin Musa ini adalah hama. Ada banyak hewan kecil yang sering merugikan pohon ini hingga gagal panen. 

Cara Menanam Pohon Pisang Di Pekarangan Rumah 

Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

1. Penggulung Daun 

Hama pertama yang paling berpotensi mengganggu pohon pisang adalah ulat penggulung daun. Pohon ini dipenuhi dengan daun, bahkan bagian batangnya juga terlilit oleh daun yang tebal. 

Bagian daun yang dominan pada tanaman pisang berfungsi untuk membantu proses pernapasan agar pohon ini bisa mendapatkan cukup nutrisi. Ulat penggulung daun yang menyerang pohon pisang akan membuat daunnya menjadi tergulung, bolong, dan sobek. 

Daun yang telah rusak membuat daun tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik sehingga akhirnya pohon pisang tidak bisa tumbuh dengan optimal. Ulat penggulung daun berukuran kecil dengan warna hijau dengan lapisan lilin berwarna putih. 

2. Lalat Buah 

Seperti pohon buah lainnya, lalat buah juga berpotensi menjadi hama bagi pohon pisang. Lalat buah akan membuat buah pisang menjadi sarangnya hingga buah itu cepat membusuk dan memungkinkan gagal panen. 

Hewan dengan nama latin Dacus musae ini akan menyerang buah pisang dengan cara menusuk kulit buahnya hingga akhirnya kulit pisang akan timbul bercak cokelat hingga hitam. 

Pada kasus yang sudah parah, ada buah pisang yang bolong hingga keluarnya larva pada buah tersebut. Lalat buah memiliki tubuh yang lebih kecil dengan warna agak hijau. Hama yang satu ini memiliki sayap kecil yang transparan. 

3. Kudis 

Kudis sebenarnya adalah sejenis kutu yang sering sekali menyerang bagian bunga atau buah pisang. Hama yang memiliki nama latin Scab Nacoleia octasema Meyrick ini suka sekali membuat bagian bunga atau kulit pisang menjadi jelek. 

Kutu yang satu ini akan membuat bagian bunga dan buah menjadi burik atau terserang penyakit kudis hingga akhirnya bagian lain juga akan ikut tertular. Sebenarnya, burik tersebut adalah kotoran dari hama ini. 

Jika anda menemukan ada pisang yang muncul burik atau bercak berwarna cokelat atau hitam, sebaiknya jangan memakannya karena akan berpotensi membuat anda sakit perut atau terserang penyakit lainnya. 

4. Penggerek Batang 

Hama lainnya yang sering merugikan pohon pisang adalah ulat penggerek batang. Hewan dengan nama latin Odioporns longicollis ini sering sekali menyerang bagian batang dari berbagai macam pohon, seperti namanya. 

Ulat penggerek batang akan membuat batang pohon pisang menjadi berlubang kecil. Lubang kecil ini akan membuat batang menjadi infeksi hingga akhirnya tumbuhan tidak bisa tumbuh dengan sempurna. 

Dampak serangan hama yang satu ini adalah membuat pohon menjadi kecil, daun banyak yang layu, dan batang menjadi mudah roboh. Anda harus memeriksa bagian batang pohon pisang dengan rutin untuk melihat apakah hama ini ada menyerang pohon yang anda tanam. 

5. Nematoda Akar 

Nematoda akar merupakan hewan yang berbentuk cacing giling yang sering menyerang bagian akar dari pohon pisang. Hewan yang satu ini memiliki nama latin Radopholus similis. 

Cacing ini sering kali membuat luka hingga bengkak pada bagian akar pohon pisang sehingga akar ini tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, seperti menyerap nutrisi hingga menahan berat batang pohon. 

Metabolisme pohon pisang akan terganggu sehingga batang, daun, dan bahkan buahnya lebih cepat layu dan tidak bisa tumbuh dengan besar. Pada kasus yang sudah parah, pohon ini lebih mudah tumbang.


Penyakit Pada Pohon Pisang 

Selain hama yang sering menyerang pohon pisang, ada pula penyakit yang sering membuat pohon ini tidak bisa tumbuh dengan baik. Penyakit-penyakit yang sering menyerang tanaman pisang umumnya membuat pohon menjadi cepat layu dan menimbulkan bercak kotoran. 

Penyakit layu fusarium adalah penyakit pertama yang sering menyerang pohon ini. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh jamur yang bernama Fusarium cubense. Tanda-tandanya pohon pisang yang telah terserang penyakit ini adalah batang menjadi busuk, cepat kering, dan berwarna cokelat. 

Selain layu yang disebabkan oleh jamur, ada juga penyakit layu yang disebabkan oleh bakteri. Salah satu bakteri yang menjadi penyebab layu pohon ini adalah Pseudomonas solanacearum. Berbeda dengan layu dari jamur fusarium yang akan membuat batang membusuk dalam keadaan kering, bakteri akan membuat pohon pisang layu dalam keadaan basah sehingga baunya lebih menyengat lagi. 

Selain layu, pohon pisang juga sering terserang penyakit bercak pada bagian daun hingga membuat daun mengering dan pisang yang berukuran kerdil. Pisang yang kerdil ini disebabkan oleh virus yang mengganggu hormon pertumbuhannya. 
Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

Itulah hama yang bisa menyerang pohon pisang yang harusnya membuat anda waspada. Kalau mendapati pohon yang anda miliki terserang hama atau penyakit tersebut, segera atasi dengan insektisida atau obat khusus tanaman lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati Pada Hama yang Sering Merugikan Pohon Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel