Artikel Pilihan

Mau Menanam Pohon Pisang? Tentukan Dulu Jenisnya

Pohon Pisang
Pohon pisang merupakan tanaman yang paling mudah ditemui di Indonesia karena hampir sebagian besar orang Indonesia sangat menyukai pisang. Hampir setengah, tepatnya 46% dari jenis buah yang dikonsumsi rakyat Indonesia adalah pisang. Kebutuhan buah pisang tidak akan bisa terpenuhi kalau tidak banyak pohon pisang. 

Selain karena buah yang digemari, alasan lain banyak pohon pisang adalah tanaman ini mudah ditanam dan dirawat. Anda sendiri juga bisa menanamnya di pekarangan rumah. Anda hanya perlu menyiapkan tunas dan berbagai perlengkapannya. Namun sebelum mulai menanam, anda harus menentukan jenis pisang yang ingin anda tanam terlebih dahulu. 

Berbagai Jenis Pohon Pisang 

Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

1. Pisang Raja Seribu 

Salah satu jenis pisang yang paling disukai adalah pisang raja seribu yang memiliki aroma yang sangat harum serta rasa yang manis. Pisang ini memiliki ukuran seperti pisang pada umumnya dengan warna kuning bila sudah masak. 

Pisang raja seribu sering diolah menjadi berbagai jenis masakan lagi, seperti gorengan dan roti pisang. Keunikan pohon pisang raja seribu adalah sekali berbuah bisa menghasilkan ribuan pisang hingga ke batang bagian bawahnya. 

2. Pisang Sangga Buwana Merah 

Kalau anda pernah mendengar pisang untuk tanaman hias, jenis pisang itu adalah pisang sangga buwana merah. Pohonnya tetap menghasilkan buah, seperti namanya berwarna merah. Namun, buah ini tidak bisa dimakan. 

Keunikan dari pohon pisang yang satu ini adalah jantungnya terus tumbuh ke atas dan mampu tumbuh hingga ketinggian 200 cm. 

3. Pisang Varigata 

Pohon pisang varigata memiliki ciri-ciri seperti pohon pada umumnya, yaitu daun yang lebar, batang yang tertutupi oleh pelepah daun, memiliki jantung, serta akar yang merambat ke samping. 

Keunikannya terletak pada buah pisang yang berbentuk seperti timun. Buah ini memiliki rasa yang manis sehingga bisa langsung anda makan. Kulitnya juga bisa anda konsumsi. 

4. Pisang Merah 

Seperti namanya, pisang ini memiliki warna yang merah sehingga menjadi keunikan sendiri. Pohonnya memiliki bentuk yang sama seperti pohon pisang pada umumnya tanpa sesuatu yang membedakan. 

Pisang merah diyakini dapat membantu mencegah beberapa penyakit berbahaya, seperti batu ginjal, asam lambung, dan darah tersumbat. 

5. Pisang Genderuwo 

Pohon pisang ini sebenarnya bernama pisang potho merah yang berasal dari Yogyakarta, tetapi perawakannya yang besar, memiliki batang berwarna merah gelap, dengan buah yang sangat besar membuat buah ini dijuluki dengan nama pisang genderuwo. 

Pisang genderuwo termasuk pisang yang langka sehingga anda mungkin kesulitan menemukannya di pasaran. 

6. Pisang Ambon 

Salah satu pisang yang paling dicari adalah pisang ambon. Tunas pohon pisang yang satu ini memnag asli dari Indonesia. Ciri-ciri pohonnya sama seperti tanaman pisang pada umumnya. 

Kulit buahnya juga berwana hijau ketika belum matang dan kuning ketika sudah matang. Daging buahnya berwarna putih, terasa manis, dan tidak memiliki biji. 

7. Pisang Candevish 

Pisang yang satu ini berasal dari Amerika. Namun, tetap populer di Indonesia. Kalau anda sering menemukan pisang di supermarket, pisang itu adalah pisang candevish. karakteristik dari buah pisang ini adalah ukurannya yang besar serta dagingnya yang padat. 

8. Pisang Kepok 

Pisang kepok merupakan pisang yang paling cocok digunakan sebagai bahan untuk membaut keripik pisang. Tunas pohon pisang kepok berasal dari Filipina. Ada beberapa jenis pisang jenis ini, yaitu pisang kepok kuning dan putih. 

Perbedaan kedua jenis pisang kepok itu bisa dilihat dari ukurannya, dimana pisang kepok kuning memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan pisang kepok putih. 

9. Pisang Mas 

Pisang yang satu ini bisa dibilang sebagai pisang dengan ukuran yang paling kecil ketimbang pisang jenis lainnya. Namun, bukan berarti pohon pisang mas memiliki ukuran yang kecil. 

Ciri lain dari buah pisang mas selain ukurannya adalah warnanya yang kuning terang serta aroma manis yang khas. Pisang mas tidak cocok diolah lagi menjadi makanan lain. 

10. Pisang Tanduk 

Pisang ini dinamakan pisang tanduk karena bentuknya yang panjang, besar, dan melengkung seperti tanduk. Anda bisa melihat bentuknya yang besar ini ketika mulai berbuah dari pohonnya. 

Pisang ini berasal dari Sukabumi dan memiliki warna daging yang agak sedikit merah. Rasanya juga beragam, mulai dari asam hingga manis. Pisang tanduk merupakan pisang yang paling banyak dijadikan gorengan. 

11. Pisang Uli 

Selain pisang tanduk, pisang uli juga cocok dijadikan gorengan karena rasanya yang manis, sedangkan teksturnya lembut. Pisang uli memiliki ukuran yang sedang-sedang saja. 


Cara Memilih Tunas Pohon Jeruk 

Apapun jenis pohon pisang yang anda pilih, anda tetap harus bisa memilih tunasnya dengan benar. Tunas yang baik pasti akan menghasilkan pohon yang baik pula. 

Untuk mendapatkan pohon pisang yang bagus, pilihlah tunas dengan tinggi 1 sampai 1,5 meter dengan lebar sekitar 15 sampai 20 cm. Pilih juga tunas anakan dewasa yang telah memiliki calon bunga. 

Tunas pohon pisang yang telah dewasa mampu menyimpan persediaan makanan yang lebih banyak sehingga lebih siap tumbuh. 
Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

Itulah jenis pohon pisang yang bisa anda pilih jika ingin menanam sendiri di pekarangan rumah. Jenis pisang apa yang anda pilih?

Belum ada Komentar untuk "Mau Menanam Pohon Pisang? Tentukan Dulu Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel