Artikel Pilihan

Mengenal Pohon Pisang Candevish, Buahnya Pasti Sering Anda Makan

Pohon Pisang
Ada banyak sekali jenis pohon pisang di dunia ini, beberapa dari Indonesia yang cukup terkenal adalah pisang tanduk dan pisang ambon. Pohon pisang tanduk berasal dari Sukabumi, sedangkan jenis pisang yang terakhir disebutkan berasal dari Ambon. Kedua pisang tersebut sangat cocok diolah menjadi berbagai jenis makanan lainnya. 

Selain jenis yang berasal dari Indonesia, ada juga pohon pisang yang tumbuh di Amerika. Buahnya sangat disukai di Indonesia, yaitu pisang candevish. Kalau anda sering melihat pisang di supermarket, pisang tersebut adalah pisang candevish. Anda juga harus mengenal jenis pisang yang satu ini lebih dekat daripada hanya melihatnya di pasar. 

Mengenal Pohon Pisang Candevish Lebih Dekat 

Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

1. Karakteristik Pohon Pisang Candevish 

Semua pohon pisang memiliki penampakan fisik yang hampir sama sehingga anda harus lebih teliti dalam melihat pohon ini. Ada beberapa karakteristik yang bisa anda lihat untuk mengenali jenis pisang candevish. 

Batang pohon pisang candevish biasanya memiliki tinggi sekitar 3 meter yang berwarna hijau dengan agak sedikit hitam. Daun pisang candevish berbentuk seperti daun pisang pada umumnya, mampu tumbuh sepanjang 60 sampai 100 cm dengan warna hijau tua. 

Jika sudah memasuki musim panen, akan tumbuh sebanyak 8 samapi 13 sisir pisang. Setiap sisirnya terdapat 12 sampai 22 buah pisang. Buah pisang candevish berukuran besar, seperti pisang ambon dengan daging yang tebal. Kulitnya berwarna kuning cerah. Rasa pisang candevish cukup manis tanpa adanya biji. 

2. Syarat Menanam Pohon Pisang Candevish 

Meski jenis pisang yang satu ini berasal dari Amerika, bukan berarti anda tidak bisa menanamnya sendiri. Namun, ada beberapa syarat yang harus anda perhatikan agar bisa menanam pohon yang satu ini. 

Suhu tempat tinggal yang baik untuk pohon pisang ini adalah sekitar 27 sampai 38 derajat celcius dengan ketinggian maksimal adalah 1600 meter dari permukaan laut. Pohon ini lebih cocok ditanam pada daerah yang terbuka, tetapi di tempat yang sejuk tanpa terkena sinar matahari berlebihan karena bisa membuat pohon ini terbakar. 

Jangan menanam pohon ini di tempat yang memiliki hembusan angin yang kencang karena bisa membuat pohon roboh dan daunnya menjadi sobek. Perhatikan juga curah hujan tempat anda menanamnya. 

Curah hujan yang ideal untuk pohon pisang candevish adalah 200 sampai 220 mm. Kelembapan tanah yang bagus untuk pohon yang satu ini adalah 60 sampai 70%. Saat akan menanam, perhatikan media tanam karena pohon ini cocok dengan media tanam berupa tanah liat yang gembur dengan sistem pengeringan yang bagus. Pastikan juga tanah tersebut netral dengan pH sekitar 4,5 sampai 7,5. 

3. Penyakit yang Menyerang Pohon Pisang Candevish 

Kalau ingin menanam jenis pisang yang satu ini, selain memperhatikan syarat penanamannya, anda juga harus memperhatikan penyakit yang bisa menyerangnya. Pohon yang satu ini bisa terserang penyakit yang biasa menyerang pohon pisang lainnya. 

Penyakit layu fusarium atau layu panama merupakan penyakit yang paling sering ditemukan menjangkiti pohon ini. Penyakit yang satu ini akan membuat daun menjadi cepat layu hingga akhirnya rontok. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh jamur bernama Fusarium. 

Pisang kerdil juga sering kali membuat buah pisang candevish tidak tumbuh sesuai dengan ukurannya. Penyakit pisang kerdil disebabkan oleh virus yang dibawa oleh hama. 

Penyakit lainnya yang sering ditemukan pada pohon pisang ini adalah penyakit bercak pada batang dan daunnya. Bercak tersebut awalnya kecil. Namun, akan semakin membesar. Jika dibiarkan bisa membuat bagian yang terkena bercak ini menjadi mati. 

Untuk mengatasi penyakit tersebut, anda bisa memberikan obat tanaman sesuai dengan jenis penyakitnya. Dibandingkan mengobati, anda bisa mencegah penyakit tersebut dengan cara memberikan pupuk yang seimbang serta mencari tunas yang bebas dari riwayat penyakit. 

4. Hama yang Merugikan Pohon Pisang Candevish 

Selain penyakit, ada juga banyak hama yang merugikan pohon pisang yang satu ini. Seperti pohon buah lainnya, kebanyakan hama yang menyerang pohon ini adalah lalat buah, ulat penggulung daun, ulat penggerek, dan kutu. 

Cara pengusirannya berbeda-beda. Seperti untuk menghindari serangan lalat buah, anda bisa membungkus buahnya dengan kertas. Namun jika serangan hama sudah semakin parah, maka anda bisa menggunakan insektisida. 


Manfaat Pohon Pisang Candevish 

Kalau anda memutuskan untuk menanam tanaman yang satu ini, akan ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan karena pohon pisang candevish memiliki banyak sekali manfaat. 

Manfaat utamanya tentu saja anda akan memanfaatkan buahnya. Selain buah, bagian batang juga bisa anda manfaatkan sebagai bahan makanan. Ada banyak orang yang memasak bagian ini ketika pohon pisang ini tidak berbuah lagi. Bagian daun juga bisa anda manfaatkan sebagai pembungkus makanan. 

Sedangkan buah pisang candevish memiliki banyak sekali manfaat, yaitu sebagai sumber utama karena terkandung banyak sekali karbohidrat, menjaga kesehatan otot serta syaraf karena kandungan asam folat. Serat yang tinggi pada buah ini juga bisa membantu memperlancar pencernaan. 
Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

Sekarang anda sudah mengenal lebih dekat tentang pohon pisang candevish. Apakah anda tertarik untuk menanamnya sendiri sehingga tidak perlu membelinya setiap hari di pasar?

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Pohon Pisang Candevish, Buahnya Pasti Sering Anda Makan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel