Artikel Pilihan

Ada Pohon Pisang yang Tidak Bisa Berbuah, Lalu Apa Fungsinya?

Pohon Pisang
Pohon pisang merupakan salah satu tanaman yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Alasan pohon pisang banyak di Indonesia adalah masyarakat Indonesia sangat menyukai buah pisang dan tanaman ini mudah tumbuh dimana saja. Pohon dengan nama latin Musa ini bisa menghasilkan puluhan buah pisang setiap panen. 

Kalau anda menanam pohon pisang, pastilah anda mengharapkan buahnya untuk dikonsumsi. Namun, ada satu jenis pisang yang paling unik diantara jenis lainnya. Namanya adalah pisang hias. Jenis yang satu ini tidak bisa berbuah, seperti kebanyakan pisang. Sesuai namanya, pisang yang satu ini berfungsi sebagai tanaman hias. 

Mengenal Pohon Pisang Hias 

Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

1. Klasifikasi Pohon Pisang 

Hias Pohon yang satu ini terkenal dengan nama Heliconia. Nama ini juga sekaligus menjadi nama latin bagi pohon pisang hias. Seperti pada jenis tanama lainnya, pohon yang satu ini masuk dalam kerajaan Plantae. 

Divisi serta kelas dari pohon pisang ini adalah Magnoliophyta dan Liliopsida. Magnoliophyita menunjukkan bahwa tanaman ini merupakan tanaman yang berbunga, sedangkan Liliopsida mengartikan kalau pohon ini memiliki dua kelompok bunga yang berbiji keping tunggal. 

Zingiberals merupakan ordo dari pohon pisang hias, artinya pisang ini termasuk dalam tumbuhan monokoltil. Famili pohon yang satu ini adalah Musaceae, nama untuk suku tanaman pisang. Genus pohon ini adalah Musa, sedangkan spesiesnya adalah Musa paradisiaca. 

Klasifikasinya menunjukkan kalau tanaman ini merupakan tanaman yang berbunga. Bentuk bunganya inilah yang menjadi daya tarik untuk tanaman ini. 

2. Jenis Bunga 

Pohon pisang hias terbagi menjadi dua jenis, berdasarkan rangkaian bunga, yaitu Heliconia Densiflora dan Heliconia Rostrata. Kedua jenis ini dapat dibedakan mulai dari bentuk hingga warnanya. 

Bunga pisang hias Helicona Densiflora berbentuk seperti cakar kepiting yang berwarna kuning. Bila sudah tua, warnanya akan berubah menjadi jingga. Helicona Rostrata memiliki bunga yang menggantung dengan warna merah hingga kuning. Jenis yang kedua merupakan pisang hias yang paling sering ditemukan. 

3. Kondisi Ideal untuk Menanam Pohon Pisang Hias 

Pohon pisang hias sebenarnya bukanlah tanaman yang sulit ditanam karena bisa ditanam di dalam pot maupun di lahan yang luas. Anda juga bisa menyimpannya di dalam ruangan atau membiarkannya hidup di ruang terbuka. 

Pohon yang satu ini juga bisa tinggal di dataran yang rendah ataupun dataran tinggi. Umumnya, pohon ini cocok tinggal di dataran sampai ketinggian 2000 meter dari permukaan laut. 

Suhu yang paling ideal agar pohon pisang hias bisa tumbuh dengan baik dan cantik adalah sekitar 13 derajat sampai 30 derajat celcius. Pohon ini merupakan pohon yang cocok tinggal di iklim tropis sehingga akan lebih cantik kalau terkena sinar matahari langsung. 

Anda juga harus mengatur cahaya yang menyinari pohon ini. Pohon pisang hias akan tumbuh dengan baik pada saat baru ditanam bila terkena sinar matahari yang lebih banyak dibandingkan biasanya. 

Karena itu, kalau menanamnya di pot dan sering membawa masuk ke dalam ruangan, anda harus sering membawanya ketika pagi hari agar terkena sinar matahari. 

Pohon pisang ini tidak terlalu membutuhkan media tanam yang khusus. Cukup gunakan tanah biasa untuk menanamnya. Namun, akan lebih bagus kalau anda memiliki tanah yang gembur dan kaya akan unsur hara. 

4. Cara Memperbanyak 

Ada beberapa cara untuk memperbanyak pohon ini kalau anda ingin menanam lebih dari satu. Cara-cara yang biasa digunakan untuk memperoleh bibit pohon pisang hias ini adalah menggunakan biji, umbi, atau anakan. 

Cara yang paling cepat membuat pohon ini tumbuh adalah cara umbi. Selain cepat, pisang hias yang diperbanyak dengan cara umbi juga akan langsung mewariskan sifat dari induknya. Namun, tumbuhnya akan kurang kuat. 

Memperbanyak pohon pisang hias dengan cara biji cukup memakan waktu yang lama dan tidak langsung mewariskan sifat induk. Namun, menghasilkan akar dan batang yang kuat. 

5. Batang Pohon Pisang Hias 

Batang pohon yang satu ini bisa tumbuh tinggi hingga 5 meter, sedangkan ukuran paling pendek adalha 1 meter. Ketinggian pohon pisang hias tergantung spesies yang anda tanam, dimana ada sekitar 250 spesies pohon ini. 

Bentuk batang pohon pisang hias juga tidak terlalu besar. Namun, sangat halus. Bentuk batangnya ini khas seperti tanaman hias. 


Perawatan Pohon Pisang Hias 

Perawatan pohon pisang hias hampir mirip seperti jenis pisang yang lainnya. Anda hanya cukup menyiram setiap harinya. Pohon yang satu ini juga tidak terlalu memerlukan pupuk setiap bulannya karena tidak akan menghasilkan buah. 

Untuk menghasilkan bunga yang cantik, cukup berikan sinar matahari yang cukup setiap harinya. Pohon pisang hias harus terkena sinar matahari minimal 5 jam setiap harinya. 

Pohon pisang hias ini sering sekali ditempatkan di pagar, halaman depan, atau sebagai penutup tembok. Anda juga bisa menggunakan pot untuk menanam pohon yang satu ini dan menggantungnya di pagar. 

Penampilan pohon pisang hias ini sangat eksotis dan sering sekali digunakan untuk menambah keindahan hutan tropis. 
Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

Apakah anda sudah mengerti tentang pohon pisang hias? Anda pasti pernah melihat tanaman yang satu ini di suatu tempat.

Belum ada Komentar untuk "Ada Pohon Pisang yang Tidak Bisa Berbuah, Lalu Apa Fungsinya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel