Artikel Pilihan

Ciri Khusus Pada Pohon Mangga yang Membuatnya Mudah Dikenali

Pohon Mangga
Pohon mangga merupakan salah satu pohon buah yang sebenarnya sangat sering ditanam di Indonesia karena buahnya disukai oleh orang Indonesia. Namun, pohon mangga jarang sekali dikenali karena hampir mirip dengan pohon buah yang lainnya. Seperti pohon lainnya, pohon ini juga memiliki batang serta daun yang berwarna hijau. 

Tetapi tetap saja ada ciri-ciri khusus yang hanya dimiliki oleh pohon mangga dan tidak ada pada tanaman lain. Kalau anda sulit membedakan pohon ini dengan tanaman lainnya, anda harus mengetahui berbagai ciri-ciri khusus yang hanya ada pada pohon ini. Ciri-ciri khusus tersebut meliputi batang, akar, bunga, dan daun. 

Ciri Khusus Pada Pohon Mangga 

Pohon Mangga
Sumber: Pertanianku.com

1. Akar 

Ciri pertama yang membedakan tanaman ini dengan pohon buah lainnya bisa anda lihat pada bagian akarnya. Akar merupakan bagian yang penting untuk setiap tanaman karena bagian ini merupakan tempat utama tanaman bisa mendapatkan nutrisi. 

Akar merupakan tempat pohon mendapatkan nutrisi, menyimpan cadangan makanan, serta menahan batang utama dari tanaman. Pohon mangga juga begitu, akar merupakan bagian yang penting untuk pohon buah yang satu ini. 

Pohon mangga memiliki akar yang berjenis tunggang, akar yang sangat besar dan merupakan sambungan dari batang utama. Dari jenisnya, sudah terlihat akar pohon ini besar, panjang, dan kuat. Panjang akar ini bahkan bisa mencapai 6 meter ke dalam tanah. Dengan akar sebesar itu, banyak nutrisi yang bisa diserap oleh tanaman ini. 

2. Batang 

Bagian yang akan tumbuh setelah akar adalah batang. Bagian ini juga sangat penting karena merupakan tubuh utama bagi tanaman. Semua bagian yang lain akan bertopang pada bagian batang ini. 

Kalau biasanya batang pada tanaman lain memiliki tekstur yang kuat, pohon mangga justru memiliki batang yang agak lunak. Namun, tetap kuat. Selain kuat, batangnya juga besar dan berdiri dengan tegak.

Batang pohon mangga memiliki kambium dengan jaringan yang aktif membelah yang bertujuan untuk terus tumbuh. Itulah alasan kenapa batangnya tumbuh dengan sangat besar. 

Jika masih bingung membedakan pohon mangga dengan pohon lainnya, cobalah pegang batangnya. Kulit batang pohon ini memiliki tekstur yang tebal dan agak kasar. Kalau anda menyayat batangnya, ada getah yang keluar. Cara paling mudah melihat batang pohon ini adalah dengan warnanya yang berwarna cokelat agak hitam. 

3. Daun 

Membedakan pohon mangga dengan pohon lainnya paling mudah dilihat dari bagian daunnya. Fungsi daun pada semua tanaman adalah untuk mendapatkan nutrisi melalui proses fotosintesis. Daun juga berfungsi sebagai tempat bernapasnya tanaman. 

Hampir semua pohon buah memiliki daun yang berwarna hijau sehingga sulit membedakan hanya dari warnanya saja. Namun, pohon mangga memiliki bentuk daun yang agak berbeda. 

Pohon yang satu ini memiliki daun yang berbentuk lonjong memanjang. Bagian ujungnya sangat runcing. Panjang daun mangga bisa mencapai 45 cm tergantung dari cara anda merawatnya, sedangkan lebarnya bisa mencapai 7 cm. Ada tulang daun yang menyirip di setiap daun mangga, biasanya berjumlah 24. 

4. Bunga 

Umumnya, setiap pohon yang berbuah pasti memiliki bunga karena bunga inilah yang akan membuat proses pembuahan terjadi. Serbuk sari dari bunga akan jatuh hingga akhirnya menghasilkan buah. Namun, bunga pada pohon buah jarang sekali terlihat karena terletak di antara ketiak daun. Begitu juga dengan pohon mangga. 

Setiap pohon buah memiliki karakteristik bunga yang berbeda-beda. Pohon mangga memiliki bunga yang majemuk. Bunga majemuk adalah bunga yang memiliki dua kelamin sekaligus. Kelamin tersebut digambarkan dalam bentuk benang sari dan putik. 

Dalam satu pohon, bunga ini bisa tumbuh hingga berjumlah ribuan. Paling banyak, dalam satu pohon dapat tumbuh 8 ribu bunga. Bunga mangga memiliki ukuran yang kecil, hanya 6 sampai 8 mm. 


Penyakit Pada Pohon Mangga 

Jika anda memiliki pohon mangga, anda sebaiknya harus sering memperhatikan tanaman tersebut karena ada banyak penyakit yang sering menyerang tanaman ini. Penyakit tersebut bisa membuat pertumbuhan pohon ini jadi terhambat bahkan gagal panen. 

Beberapa penyakit yang sering menyerang pohon mangga adalah cendawan jelaga, bercak karat merah, dan blendok. Cendawan jelaga adalah penyakit yang disebabkan karena pohon ini telah terserang jamur. Jenis jamur yang membuat penyakit ini adalah jamir Meliola mangifera atau Cpamodium mangiferum. 

Ciri-ciri pohon mangga yang telah dihinggapi jamur tersebut adalah bagian daunnya berubah warna menjadi agak hitam. Daun tersebut tidak bisa berfungsi lagi dan akhirnya akan mati. Penyakit lainnya adalah bercak karat merah yang disebabkan oleh ganggang bernama Cephaleuros sp. 

Ganggang yang satu ini menyerang lebih banyak bagian dari pohon mangga, yaitu daun, bunga, ranting, hingga tunas. Seperti namanya, akan ada bercak merah yang tertinggal di salah satu bagian jika sudah terinfeksi jamur ini. Bercak merah ini akan mempengaruhi proses pembuahan hingga buah sulit tumbuh. 

Blendok merupakan penyakit yang sering menyerang bagian batang pohon mangga. Penyakit ini juga disebabkan oleh jamur dan membuat batang menjadi terluka hingga nutrisi tidak bisa diserap dengan baik oleh tanaman ini. 
Pohon Mangga
Sumber: Nuansa.web.id

Dengan melihat ciri-ciri khusus dari pohon mangga, seharusnya anda sudah bisa membedakannya dari pohon buah lainnya. Selain itu, pastikan juga kalau pohon yang anda miliki tidak terserang penyakit.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Khusus Pada Pohon Mangga yang Membuatnya Mudah Dikenali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel