Artikel Pilihan

Manfaat Menanam Pohon Mangga Untuk Kesehatan Anda

Pohon Mangga
Jika anda memiliki halaman yang cukup luas di pekarangan rumah, ada baiknya anda menanam pohon mangga. Kenapa harus menanam pohon mangga? Karena ada banyak sekali manfaat yang didapatkan jika anda menanam pohon yang memiliki nama latin Mangifera indica ini. Manfaat utamanya tentu saja memakan buahnya. 

Menanam dan merawat pohon mangga tidaklah sulit sehingga tidak akan menyita banyak waktu anda, sedangkan hasil yang diberikan sangat besar. Seperti buah mangga yang bisa anda panen. Jika anda menanam dengan benar, dalam setahun anda bisa mendapatkan hingga 100 kg buah mangga. Selain buahnya, masih ada manfaat lain untuk kesehatan anda. 

Menanam Pohon Mangga Untuk Kesehatan 

Pohon Mangga
Sumber: Pixabay.com

1. Memperbaiki Kualitas Udara 

Jika anda tinggal di pinggiran jalan raya, polusi dari kendaraan sering kali mengotori udara disekitar rumah anda. Dalam jangka panjang, kualitas udara yang buruk ini bisa membuat paru-paru anda menjadi kotor dan menyebabkan berbagai penyakit. 

Pohon mangga bisa tumbuh hingga 20 meter dengan daun-daun yang sangat rindang. Dengan banyaknya daun tersebut, pada siang hari dengan proses fotosintesis, akan ada banyak sekali oksigen yang bisa dihasilkan. 

Lebih banyak kandungan oksigen di sekitar pohon ini akan membuat kualitas udara menjadi membaik. Anda akan merasakan suasana yang lebih sejuk di sekitar rumah begitu menanam pohon mangga. 

2. Membuat Banyak Bergerak 

Anda akan dituntut untuk terus aktif bergerak jika memiliki pohon mangga. Dari awal, anda sudah harus menyiapkan berbagai hal agar bisa menanam pohon ini. Kemudian dilanjutkan dengan proses penanaman hingga akhirnya anda harus merawat tanaman ini. 

Meski tidak ribet, tetapi pohon mangga tetap membutuhkan perawatan yang rutin. Setiap harinya, pohon ini butuh disiram air, kecuali pada hari musim hujan. Jika sedang musim kemarau, anda harus menyiramnya sebanyak dua kali dalam sehari untuk menghindari kekeringan. 

Selain memberikan air, pohon mangga juga perlu diberikan pupuk setiap bulannya agar bisa menghasilkan buah yang berkualitas. Untuk bisa melakukan perawatan secara rutin, anda juga harus begerak secara rutin. 

Dengan banyak bergerak, kalori di dalam tubuh anda juga jadi lebih banyak yang terbakar sehingga membuat menjadi lebih kurus. 

3. Mencegah Penyakit Jantung 

Setelah anda menanam dan merawatnya dengan rutin dan sabar, pohon mangga akan segera panen. Buah mangga yang anda konsumsi secara rutin juga memberikan manfaat untuk kesehatan anda, salah satunya adalah mencegah penyakit jantung. 

Mangga mengandung serta, berbagai vitamin, dan kalium. Ketiga kandungan tersebut dipercaya bisa mencegah penyakit jantung dan membuat jantung menjadi lebih sehat. Namun, bila anda mengonsumsinya secara rutin. 

4. Mencegah Kanker 

Buah mangga memiliki manfaat lain sekali mencegah penyakit jantung, yaitu mencegah kanker. Mangga bisa mencegah kanker karena mengandung isoquercitrin, astragalin, quercetin, fisetin, asam galat, methylgallat, dan antioksidan. 

Semua kandungan tersebut bisa mencegah datangnya kanker yang disebabkan matinya sel-sel dalam tubuh yang tidak bisa beregenerasi lagi. Dalam setahun, pohon mangga bisa berbuah hingga 100 kg sehingga anda memiliki banyak sekali kandungan yang bagus untuk mencegah penyakit berbahaya, seperti peynakit jantung dan kanker. 

5. Mengobati Anemia 

Penyebab penyakit anemia adalah zat besi, sedangkan buah mangga mengandung zat besi dalam jumlah yang banyak sehingga memakan buah mangga bisa mengatasi penyakit yang satu ini. 

6. Memperkuat Tulang 

Buah mangga juga mengandung banyak sekali kalsium. Karena itulah, anda harus sering memberikan pohon mangga pupuk yang mengandung kalsium. Kandungan kalsium dalam mangga bisa membantu membentuk tulang yang kuat. 

Jika anda pernah mengalami cidera tulang, memakan buah mangga secara teratur dapat membantu mengobati cidera tersebut. 

7. Membantu Mengendalikan Kadar Kolesterol 

Kolesterol merupakan penyakit yang sangat sulit dideteksi oleh tubuh sehingga biasanya langsung menyebabkan berbagai penyakit tanpa adanya peringatan terlebih dahulu. Kolesterol disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat. 

Pola makan seperti makan makanan yang berlemak jahat dapat membuat kolesetrol meningkat tajam. Anda dapat mengimbangi kolesterol jahat dengan kolesterol baik dengan memakan buah mangga. 

Buah mangga mengandung vimtain C yang tinggi, pektin, serta serat yang dipercaya bisa membantu anda mengendalikan kadar kolesterol. Namun, anda tidak bisa mengharapkan hasil yang cepat. 


Menanam Pohon Mangga Dalam Pot 

Bagaimana caranya agar tetap bisa menanam pohon mangga jika tidak memiliki lahan yang cukup? Jika anda tetap ingin menanamnya, anda bisa menggunakan teknik tabulampot atau tanaman buah dalam pot. 

Menanam pohon mangga dalam pot bisa menjadi solusi yang mudah. Anda hanya perlu menyiapkan pot dengan ukuran yang sesuai, media tanam, dan bibit tanaman mangga saja. Cara penanamnya akan sama seperti menanam di lahan. 

Menanam pohon mangga dalam pot juga memiliki beberapa kelebihan sepeti lebih mudah dirawat dan bisa mengendalikan hama yang sering menyerang pohon yang satu ini. 

Kekurangan menanam pohon mangga dengan teknik tabulampot adalah buah yang dihasilkan jauh lebih sedikit karena ukuran pohon juga menjadi lebih kecil. 
Pohon Mangga
Sumber: Pixabay.com

Itulah manfaat yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan jika menanam pohon mangga. Jika anda tidak memiliki lahan yang cukup, anda bisa menggunakan pot. Setiap tahunnya, buah mangga yang dipanen juga sangat banyak.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Menanam Pohon Mangga Untuk Kesehatan Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel