Artikel Pilihan

Ingin Pohon Jeruk Santang Madu Tumbuh Dengan Subur? Ikuti Syarat Ini

Pohon Jeruk

Pohon jeruk santang madu merupakan salah satu tanaman jenis jeruk yang dikenal juga dengan jeruk mandarin. Pohon jeruk yang satu ini hampir sama seperti pohon sejenis yang lainnya, yaitu mampu tumbuh setinggi 5 meter dengan daun yang berbentuk oval dan agak lonjong. Buah jeruk santang madu atau mandarin agak kecil dari kebanyakan jeruk.

Setiap panen, pohon jeruk santang madu dapat menghasilkan sekitar 20 kg jeruk. Buah jeruk santang madu memiliki kulit yang agak tebal, berwarna orange, dan tidak memiliki biji. Rasanya sangat manis. Agar bisa tumbuh subur hingga menghasilkan buah yang manis, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi. 

Mendapatkan Bibit Pohon Jeruk Unggul 

Pohon Jeruk
Sumber: pixabay.com

1. Iklim 

Salah satu syarat yang harus terpenuhi agar pohon jeruk santang madu bisa tumbuh dengan subur dan produktif adalah iklim tempat anda menanamnya. Tanaman jeruk memang terkenal sebagai tanaman yang sensitif terhadap iklim. 

Sebenarnya tanaman ini bisa ditanam di iklim seperti apa saja. Namun, akan lebih cocok kalau ditanam pada iklim yang tropis atau subtropis. Iklim tropis adalah iklim dengan suhu yang hangat dan selalu disinari matahari. Indonesia merupakan salah satu negara dengan iklim tropis. 

Iklim subtropis adalah iklim yang terletak pada lintang 23,5 derajat utara dan selatan. Biasanya iklim ini sering terjadi hujan badai, salju, dan tornado. Meski hidup di iklim yang hangat, tetapi tanaman ini harus tetap lembap, terutama pada saat musim kemarau. 

Anda harus sering menyiram pohon jeruk mandarin ini pada saat bulan Juli sampai Agustus, yang merupakan bulan terpanas dan paling kering di Indonesia. Selain itu, pastikan kalau tanaman ini selalu terkena sinar matahari, setidaknya 5 jam dalam sehari. 

2. Suhu 

Selain iklim tempat anda menanam tanaman ini, anda juga harus memperhatikan suhu karena hal ini merupakan hal tersebut merupakan salah satu syarat agar pohon jeruk mandarin ini bisa tumbuh dengan baik. 

Pohon yang satu ini bisa tumbuh dengan maksimal jika berada pada suhu antara 25 derajat celcius sampai 30 derajat celcius. Tanaman lain pada umumnya juga lebih optimal jika ditanam pada suhu tersebut. 

Rentang suhu tersebut merupakan suhu yang normal di beberapa daerah di Indonesia sehingga anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat dengan suhu tersebut. Pohon jeruk ini tidak bisa tumbuh dengan subur jika ditanam pada suhu kurang atau lebih dari rentang tersebut. 

3. Kelembapan 

Kelembapan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan tanaman ini akan tumbuh subur dan produktif atau tidak. Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang agak cerewet soal kelembapan. 

Jika tingkat kelembapannya kurang, maka tanaman ini akan cepat kering dan akhirnya mati. Sebaliknya bila daerah sekitar terlalu lembap, tanaman ini akan busuk hingga berujung pada kematian juga. 

Untuk itulah, anda harus benar-benar memperhatikan kelembapan udara di sekitar pohon jeruk santang madu. Tanaman ini bisa tumbuh lebih subur kalau tingkat kelembapan tanahnya sekitar 70% sampai 80%. 

Kelembapan tanah bisa anda ukur dengan cara melihat kadar pH tanah tersebut. pH yang cocok untuk tanaman ini adalah sekitar 5,5 sampai 6,5. Rentang pH tersebut menunjukkan kalau tanah tersebut netral. 

4. Media Tanam 

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesuburan suatu tanaman adalah media tanamnya. Ada banyak berbagai media tanam yang sering digunakan sebagai tempat tanaman. 

Tanah, pasir, kayu, hingga air bisa digunakan sebagai media tanam. Untuk tanah, ada beberapa sifat, mulai dari tekstur, hingga tingkat keasaman yang harus disesuaikan dengan tanaman. 

Jika ingin menanam pohon jeruk santang madu atau jeruk mandarin, tanah yang lempung dan berpasir merupakan media tanam yang paling cocok dan akan membuat pohon ini tumbuh lebih subur. 

Tanah ini biasanya terdiri atas tanah liat, pasir, dan debu. Ada banyak unsur hara yang terkandung dalam tanah jenis ini. 

5. Ketinggian 

Syarat terakhir agar tanaman ini dapat tumbuh lebih subur adalah ketinggian. Semakin tinggi anda menanam pohon jeruk santang madu, semakin terang juga warnanya. Namun bila terlalu tinggi, tanaman ini juga tidak bisa tumbuh dengan optimal. 

Ketinggian yang paling umum untuk menanam pohon ini adalah sekitar 500 sampai 1000 meter dari permukaan laut. 

Cara Menanam Pohon Jeruk Santang Madu 

Selain mengetahui syarat agar pohon jeruk yang satu ini dapat tumbuh dengan subur, anda juga harus tahu cara menanamnya. Mengetahui cara menanam yang baik dan benar juga akan membantu pertumbuhannya. Pohon ini tidak akan bisa tumbuh dengan subur jika anda juga tidak menanamnya dengan benar. 

Cara menanam pohon jeruk yang benar adalah dengan membuat tanahnya menjadi lembap terlebih dahulu dan memberikan pupuk sebelum memasukkan bibit jeruknya. Buatlah lubang berukuran 30 cm atau sesuaikan dengan besar bibitnya. 

Setelah itu, pastikan juga kalau bibit tersebut telah menancap dengan benar di tanah tersebut. Setelah selesai menanamnya, langsung berikan pupuk. 
Pohon Jeruk
Sumber: pixabay.com
Apakah anda sudah memenuhi syarat tersebut agar pohon jeruk santang madu tumbuh subur? Jika belum, dapat dimaklumi jika pohon yang anda miliki kurang subur.


Belum ada Komentar untuk "Ingin Pohon Jeruk Santang Madu Tumbuh Dengan Subur? Ikuti Syarat Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel