Artikel Pilihan

Berbagai Jenis Pohon Jeruk dan Ciri-Cirinya

Pohon Jeruk

Buah yang paling sering dikonsumsi adalah jeruk yang didapatkan dari pohon jeruk. Ada banyak sekali jenis pohon jeruk yang harus anda ketahui. Setiap jenis pohon memiliki ciri-ciri tersendiri, ada yang berduri, ada yang berwarna kuning, dan ada pula yang berwarna hijau. Rasa jeruk ynag dihasilkan juga berbeda-beda, ada yang manis dan asam.

Setidaknya ada 15 jenis pohon jeruk yang berbeda-beda. Agar tidak salah saat ingin menanam pohon buah yang kaya akan vitamin C ini, anda harus mengetahui setiap perbedaannya. Anda harus tahu mulai dari bentuk buah, daun, hingga batangnya. 

Ciri-Ciri Setiap Pohon Jeruk 

Pohon Jeruk
Sumber: paktanidigital.com

1. Lemon 

Jeruk yang satu ini cukup terkenal untuk dijadikan sebagai makanan penutup atau penambah rasa untuk minuman. Bentuk buahnya yang lonjong dan runcing ditengah sangat mudah dikenali karena berwarna kuning cerah. 

Pohon jeruk lemon memiliki daun yang lonjong berwarna hijau. Daun ini dapat dimanfaatkan untuk membuat selai. Kadar air dalam buah lemon sangatlah tinggi sehingga anda harus sering menyiram tanaman ini. 

2. Jeruk Nipis 

Jeruk nipis memilki bentuk bulat kecil dengan warna hijau. Rasa jeruk ini sangat dominan dengan rasa asam sehingga sering dijadikan tambahan bumbu masakan. Kulit jeruk nipis cukup tebal dan tidak bisa dikupas menggunakan tangan. 

Jika anda ingin menanam pohon jeruk nipis, anda harus mencari biji jeruk yang agak oval. Daun jeruk nipis juga berbentuk lonjong dan lebih panjang dari daun jeruk lemon. 

3. Jeruk Purut 

Jeruk yang melekat pada suatu sosok hantu ini memiliki kulit yang keriput dan berukuran kecil, hampir mirip seperti jeruk nipis. Jeruk purut juga sering digunakan sebagai bahan masakan. 

Daunnya berbentuk lonjong dan agak bergerigi. Pohon jeruk purut cocok ditanam di pekarangan rumah. Daun dan buahnya bisa anda ambil sebagai bumbu masakan. 

4. Jeruk Nagami 

Bentuknya berbeda dengan jeruk pada umumnya yang kebanyakan bulat dan kulit yang tidak bisa dimakan. Jeruk nagami berbentuk lonjong dan kulitnya bisa dimakan. Ukurannya juga kecil. 

Jika memiliki lahan yang pendek, anda bisa menanam pohon jeruk nagami karena pohon ini cukup pendek. Selain itu, pohon ini uga memiliki bunga yang mengeluarkan aroma wangi. 

5. Jeruk Jerpaya 

Nama jeruk yang satu ini memang jarang disebut karena tidak bisa dikonsumsi sebagai buah. Biasanya jeruk jerpaya dibuat menjadi bumbu atau selai. Pohon jeruk jerpaya dapat tumbbuh hingga 3 meter. 

Ukuran buahnya juga cukup besar, yaitu mencapai 25 cm dan mampu tumbuh seberat 4 kg. Jeruk jerpaya biasanya tumbuh di kawasan Aisa Tenggara. 

6. Jeruk Mikam 

Jeruk mikam sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kulitnya berwarna hijau dan memiliki pori. Bagian dalamnya tidak berserabut. Pohon jeruk mikam diketatahui berasal dari Jepang. 

7. Jeruk Cakar Harimau 

Jika anda ingin memiliki jeruk dengan bentuk yang aneh, cobalah menanam pohon jeruk cakar harimau. Bukannya berbentuk bulat, jeruk ini malah berbentuk seperti jari dengan warna kuning. 

8. Jeruk Mandarin 

Jeruk mandarin biasanya sering tersedia menjelang hari Raya Imlek. Pohon jeruk mandarin juga sering dijadikan tanaman hias. Ukuran yang lebih kecil dibandingkan pohon lainnya membuat tanaman ini cocok ditanam dengan teknik tabulampot. 

9. Jeruk Pontianak 

Jeruk ini berwarna hijau agak kuning dengan kulit yang tebal dan kuat. Pohon jeruk Pontianak dapat tumbuh hingga beberapa meter. Daunnya berbentuk lonjong. Namun, tidak terlalu panjang. 

10. Jeruk Limau 

Jeruk yang memiliki nama latih Citrus amblycarpa ini sering dimanfaatkan sebagai bumbu membuat sambal. Selain itu, jeruk limau jug asering digunakan untuk mengatasi keracunan rokok. Pohonnya cocok ditanam di sekitar rumah. 

11. Jeruk Navel 

Jeruk navel dikenal juga dengan jeruk sunkist dan biasanya tumbuh di Brazil, California, atau Florida. Kulit jeruk navek cukup kuat dan dagingnya tebal. Pohon jeruk yang satu ini bisa anda tanam sebagai tanaman hias. 

12. Jeruk Keprok 

Ukuran yang lebih kecil dan memiliki banyak biji membuat jeruk keprok sangat mudah dibudidayakan. Pohon jeruk yang memiliki daun yang lonjong dan kecil ini mampu tumbuh di daerah yang tropis. 

13. Jeruk Bali 

Jeruk yang memiliki daging berawarna merah ini rasanya sangat manis. Namun, biji yang dihasilkan sangat sedikit sehingga anda harus usaha ekstra kalau ingin menanam pohon jeruk bali dalam jumlah yang banyak. 

14. Jeruk Manis 

Seperti namanya, jeruk ini tentu saja memiliki rasa yang manis. Selain rasa yang manis, jeruk ini jgua memiliki bau yang harum. Daun dari pohon jeruk ini bersayap dan ada duri di setiap cabangnya. 

15. Jeruk Dekopon 

Jeruk dekopon berasal dari Jepang dan memiliki ukuran yang lebih besar serta bentuk yang agak aneh. Jeruk yang satu ini tidak memiliki biji sama sekali. Daunnya juga lonjong dan bergerigi. Kulitnya sangat tebal sehingga sulit dikupas dengan tangan. 
Pohon Jeruk
Sumber: bertani.co.id
Itulah 15 jenis pohon jeruk yang harus anda ketahui jika ingin menanam buah yang memiliki nama latin citruc ini. Setiap buah jeruk memiliki rasa yang asam hingga manis dengan fungsi yang berbeda-beda. Apakah anda sudah menentukan akan menanam jenis jeruk yang mana?

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Jenis Pohon Jeruk dan Ciri-Cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel