Artikel Pilihan

Karakteristik Pohon Jeruk Lemon yang Harus Anda Tahu

Pohon Jeruk

Jeruk lemon atau yang biasa disebut lemon merupakan salah satu jenis lemon yang paling digemari di Indonesia dan merupakan jenis pohon jeruk yang bisa ditanam dalam pot. Bukan menjadi hal yang langka lagi kalau melihat pohon jeruk yang ditanam di pot sebagai tanaman hias, tetapi tetap menghasilkan buah dalam jumlah yang banyak dan berkualitas.

Pohon jeruk lemon sangat mudah dirawat seperti jenis pohon lainnya. Jika anda ingin menanam pohon jenis jeruk yang satu ini, anda harus tahu karakteristik tanamannya terlebih dahulu agar tidak salah dalam menanamnya. Karakteristiknya yang tidak jauh berbeda dengan tanaman jeruk yang laing membuat pohon yang satu ini sulit dibedakan. 

Ciri-Ciri Pohon Jeruk Lemon 

Pohon Jeruk
Sumber: agrotek.id

1. Bagian Akar 

Bagian pertama yang harus anda ketahui adalah bagian akarnya karena merupakan bagian yang paling penting bagi tanaman. Akar dari pohon jeruk lemon berbentuk akar tunggal. 

Akar dari tanaman ini berbentuk tunggal karena pohon lemon merupakan tanaman dikotil, artinya lemon memiliki biji belah. Fungsi akar pada pohon lemon sangatlah vital. 

Akar pohon lemon memiliki fungsi untuk menopang tubuh pohon dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Tidak hanya menyerapnya, akar juga menjadi tempat penyimpanan makanan bagi pohon ini. 

2. Bagian Batang 

Jika anda mencari pohon jeruk yang memiliki duri pada bagian batangnya, maka pohon lemon merupakan salah satunya. Duri tersebar pada bagian batang hingga ranting tanaman ini. 

Ranting yang tumbuh dari batang utamanya cukup panjang, bisa tumbuh hingga 10 cm. Hanya saja, pertumbuhan ranting ini jaraknya agak berjauhan antar satu ranting dengan ranting yang lainnya. 

Batang pohon jeruk ini merupakan batang yang berkayu dengan bentuk bulat dan tegak ke atas. Percabangannya memiliki sistem simpodial, yaitu cabang dan batang utamanya mirip dan sulit dibedakan. Batang pohon lemon dapat tumbuh sepanjang 60 cm di tanah. Jika menanamnya di pot, tanaman ini bisa tumbuh setinggi 2,5 m. Setiap rantingnya juga memiliki warna yang hijau, seperti warna daun. 

3. Bagian Daun 

Setiap ranting yang ada, tumbuh juga daun. Jika anda merawatnya dengan benar dan memberikan nutrisi yang tepat, daun akan tumbuh dengan rimbun. Daun merupakan bagian yang sangat penting bagi tanaman karena membantu proses reparasi atau pernapasan pada tumbuhan. 

Pohon jeruk lemon memiliki daun dengan tepi yang rata. Pada bagian ujung daun, bentuknya agak runcing. Secara keseluruhan, bentuk daun lemon ini agak lonjong dan berseling. 

Pohon yang satu ini memiliki daun tunggal, daun yang hanya terdapat satu pada setiap rantingnya. Daun lemon bisa tumbuh hingga sepanjang 8 cm dengan lebar mencapai 5 cm. Pada bagian permukaannya, daun ini bertekstur agak licin dan berminyak 

4. Bagian Bunga 

Setiap pohon jeruk lemon, tumbuh juga bunga yang berada di bagian ketiak bunga. Bagian tersebut adalah antara daun dan ranting. Bunga yang tumbuh termasuk bunga majemuk, yaitu satu badan bunga memiliki lebih dari satu kuntum bunga. 

Bunga tanaman ini memiliki bentuk segitiga pada tangkainya dan bisa tumbuh sepanjang 1,5 cm. Biasanya, warna bunga ini adalah hijau. Putik bunganya berwarna kuning dengan bentuk yang bulat. 

Bentuk mahkota bunga ini seperti bintang dan berwarna hijau. Setiap mahkota berjumlah 5 pada setiap bunga. 

5. Bagian Buah 

Lemon merupakan buah yang sangat umum dengan warna kuning tua yang mengkilap. Daging buahnya sangat tebal dengan rasa yang asam karena mengandung pH sekitar 3 dengan asam sitrat sebanyak 5%. 

Bentuk buah lemon adalah bulat dengan sedikit runting di bagian ujungnya. Tesktur kulitnya agak sedikit kasar karena mengandung atsiri. Buah ini mampu tumbuh sepanjang 8 cm dengan kulit setebal 0,7 cm. 

Di dalam setiap buah lemon, terdapat biji yang bisa digunakan sebagai bibit lagi. Biji dalam buah lemon memiliki warna yang putih dan berbentuk bulat seperti telur, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil. Selain bulat, bentuknya juga berkerut. 

Ada cukup banyak biji yang terdapat dalam sebuah buah lemon. Umumnya, dalam satu buah lemon paling banyak terdapat biji hingga mencapai 15 biji. Anda juga bisa membedakan buah lemon yang matang dan tidak matang dengan cara melihat warnanya yang pucat. 

Klasifikasi Pohon Jeruk Lemon 

Pohon jeruk lemon memiliki kingdom Plantae, seperti tanaman pada umumnya dengan sub kingdom dan super divisi spermatophyta. Artinya, klasifikasi tersebut menandakan kalau tanaman ini merupakan tanaman yang berbiji. 

Divisi tanaman ini adalah Magnolophyta, artinya pohon jeruk ini merupakan pohon yang berbunga. Kelasnya adalah Magnoliopsida yang berarti bahwa tanaman ini merupakan tanaman dengan tipe biji belah. 

Selain kelas, ada juga sub kelas. Pohon jeruk lemon memiliki sub ke;as Rosidae dengan famili Rutaceae. Genus tanaman ini adalah Citrus, yang merupakan nama umum untuk semua jenis jeruk. 

Sedangkan nama latin dari tanaman ini adalah Citrus Limon. Pohon jeruk pertama kali ditemukan di kawasan Asia hingga akhirnya menyebar ke Cina, Timur Tengah, dan Amerika. 
Pohon Jeruk
Sumber: samudrabibit.com
Itulah ciri-ciri pohon jeruk lemon yang harus anda ketahui agar tidak salah menanam pohon yang lainnya. Selamat mencoba ya!

Belum ada Komentar untuk "Karakteristik Pohon Jeruk Lemon yang Harus Anda Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel