Artikel Pilihan

Ingin Menanam Pohon Jeruk? Begini Caranya

Pohon Jeruk

Pohon jeruk dapat menghasilkan buah jeruk sebanyak 400 sampai 500 buah setiap tahunnya. Harga buah jeruk yang dijual di pasar sekitar 40 ribu Rupiah untuk setiap kilo, tergantung pada jenis jeruk yang anda beli. Jika anda sangat menyukai jeruk dan selalu memakannya setiap hari, ada cara lebih hemat untuk mengonsumsi jeruk.

Caranya adalah dengan menanamnya sendiri. Menanam pohon jeruk tidak terlalu sulit. Anda juga tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas karena tanaman yang satu ini juga difungsikan sebagai tanaman hias. Kalau anda ingin menanam pohon yang satu ini, anda harus mengikuti beberapa langkahnya. 

Cara Menanam Pohon Jeruk 

Pohon Jeruk
Sumber: infobuah.com

1. Tentukan Waktu Tanam 

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum menanam pohon jeruk adalah menentukan waktu tanam. Ada waktu yang lebih ideal kalau ingin menanam pohon yang satu ini, yaitu pada saat awal musim hujan. 

Anda bisa menanam pohon jeruk pada saat bulan Oktober sampai bulan Desember. Awal musim hujan biasanya datang pada bulan-bulan tersebut. Udara yang sejuk dan lembap membuat tanaman yang satu ini bisa berkembang dengan lebih baik. 

2. Buat Lubang 

Jika anda sudah menentukan waktu tanam yang terbaik untuk menanam pohon jeruk, anda harus membuat lubang yang berguna untuk memasukkan bibit jeruk. Bibit yang dimaksud pada proses penanaman ini adalah dengan menggunakan bibit unggulan yang telah melalui beberapa proses, bukan biji jeruk. 

Buatlah lubang dengan diameter yang berukuran 30 cm atau sesuaikan dengan bibit jeruk yang anda dapatkan. Tidak perlu membuat lubang yang terlalu dalam karena justru bibit jeruk bisa tenggelam dan sulit tumbuh. 

3. Jarak Antar Tanaman 

Kalau anda ingin menanam banyak pohon jeruk, aturlah jarak antar lubang agar tidak terlalu berdekatan. Jarak yang sangat dekat membuat tanaman ini tidak bisa tumbuh dengan tinggi karena saling bentrok. 

Jarak antar pohon jeruk yang ideal adalah sekitar 5 cm untuk setiap lubang yang buat. Kalau bisa lebih dari 5 cm, lebih baik lagi agar ada ruang untuk tanaman ini tumbuh. 

4. Berikan Pupuk 

Setelah lubang untuk meletakkan bibit pohon jeruk telah siap, jangan langsung tanam bibit itu dulu. Cobalah Berikan bibit tersebut dengan pupuk kandang tersebut dengan ukuran 1/4 dari ukuran lubang yang anda buat. 

Kalau merasa masih kurang, anda bisa menambahkan 1 genggam pupuk. Pastikan kalau anda menggunakan pupuk yang mengandung nitrogen, phospor, dan kalium atau yang lebih dikenal dengan pupuk NPK. 

Aduk pupuk yang telah anda berikan di lubang dan bibit tersebut hingga merata. Setelah itu, lubang tanam tersebut siap untuk digunakan. 

5. Letakkan Bibit 

Jika sudah mencampurkan pupuk ke dalam lubang tanah yang akan digunakan sebagai media tanam bibit pohon jeruk, barulah anda bisa meletakkan bibit ke dalam lubang yang telah anda siapkan itu. 

Saat meletakkan bibit tersebut ke dalam lubang, anda harus mengatur posisinya dengan benar. Pastikan anda membuat posisinya tegak berdiri. Berikan sedikit tekanan ke arah bawah tanah agar bibit tidak goyah. 

Kalau bibit masih belum menancap dengan sempurna, cobalah dengan memberikan beberapa sanggahan agar bibit tetap bisa berdiri dengan tegak. Posisi yang tegak membuat pohon jeruk tumbuh dengan lurus ke atas. 

6. Siram Bibit 

Proses penanaman telah berhasil anda lakukan. Namun, masih banyak hal yang harus anda lakukan. Salah satunya adalah menyiram bibit pohon jeruk tersebut. Jangan langsung menyiram begitu anda menanamnya. 

Tunggulah sampai tanah mengering terlebih dahulu agar pupuk yang telah anda campurkan sebelumnya dapat diserap oleh bibit tersebut. 

 Siram tanaman dengan rutin setiap hari agar pohon ini mendapatkan nutrisi yang cukup. Jangan lupa berikan juga pupuk NPK secara rutin, setidaknya setiap sebulan sekali untuk mencukupi unsur hara. 

7. Perawatan 

Setelah beberapa lama, pohon jeruk akan mulai tumbuh. Tugas anda disini adalah merawat pohon tersebut. Jika ada daun atau batang yang terkena penyakit, segera potong bagian tersebut sebelum menular ke bagian lainnya. 

Periksa juga hama di sekitar pohon jeruk. Hama yang sering menganggu tanaman ini adalah kutu dan lalat buah yang membuat buah jeruk jadi membusuk. Bila ada buah yang membusuk, segera petik buah tersebut dan buang. 

Cara Menanam Pohon Jeruk Dari Biji Jeruk 

Cara menanam pohon jeruk selain menggunakan bibit unggulan juga bisa menggunakan biji jeruk. Cara penanaman ini disebut dengan cara generative. Caranya juga sangat gampang. Pertama, siapkan beberapa biji jeruk terlebih dahulu. 

Diamkan biji tersebut dalam wadah yang terbuka dan biarkan terkena sinar matahari langsung selama 3 hari berturut-turut. Proses ini berguna untuk mengeringkan biji jeruk tersebut hingga lendirnya mengering. Lendir tersebut bisa menghambat pertumbuhan akar dari pohon jeruk. 

Siapkan lubang dengan ukuran yang sama, tambahkan pupuk kandang dengan komposisi dan takaran yang sama. Masukkan biji jeruk tersebut ke dalam lubang dan tutupi dengan tanah. Langsung siram tanah itu begitu anda menanam biji jeruknya. 
Pohon Jeruk
Sumber: pertanianku.com
Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk menanam pohon jeruk. Cara mana yang anda pilih, menggunakan bibit unggulan atau biji jeruk? Selamat mencoba ya!

Belum ada Komentar untuk "Ingin Menanam Pohon Jeruk? Begini Caranya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel