Artikel Pilihan

Hama yang Sering Menganggu Pohon Jeruk

Pohon Jeruk

Pohon jeruk merupakan salah satu tanaman yang paling sering dijumpai di Indonesia karena mayoritas penduduk Indonesia mengonsumsi jeruk. Buah jeruk menduduki posisi ketiga sebagai buah yang paling sering dikonsumsi orang Indonesia. Wajar saja kalau pohon jeruk banyak ditanam di Indonesia, terutama jenis tanah dan iklim yang mendukung.

Seperti tanaman lainnya, pohon jeruk juga rentan terhama hama yang merugikan. Hama adalah hewan yang sering membuat tanaman tidak bisa tumbuh dengan sehat dan produktif. Ada banyak jenis hama yang membuat pohon dengan nama latin Citrus ini jadi tidak bisa berbuah atau menghasilkan buah yang cepat membusuk. 

Hama yang Merugikan Pohon Jeruk 

Pohon Jeruk
Sumber: kampustani.com

1. Kutu Daun 

Hama pertama yang paling sering menyerang pohon jeruk adalah kutu daun. Seperti namanya, kutu yang satu ini akan hidup di bagian daun. Selain bagian daun, kutu daun juga tinggal di bagian bunga. 

Daun jeruk yang diserang hama kutu daun akan menunjukkan beberapa gejala, seperti daun yang menggulung. Daun yang menggulung merupakan tanda kalau daun tersebut telah menjadi tempat tinggal untuk kutu daun. 

2. Kutu Loncat

Hama selanjutnya yang sering menyerang pohon jeruk masih mirip dengan kutu daun, yaitu kutu loncat. Kalau kutu daun tinggal di daun dan bunga jeruk, kutu loncat memilih untuk memakan tangkai. Sesekali hama yang satu ini juga akan memakan daun jeruk yang masih muda. 

Gejala yang disebabkan kutu loncat lebih parah daripada kutu daun karena dapat membuat tanaman mati. Kutu daun senang memakan batang pohon jeruk muda hingga patah. 

3. Tungau 

Tungau juga merupakan salah satu hama yang masih satu keluarga dengan kutu daun dan kutu loncat. Sama seperti kedua hama sebelumnya, tungau suka sekali memakan tangkai dan daun jeruk. Perbedaannya, tungau juga sering membuat sarang di buah jeruk. 

Perhatikan buah jeruk. jika ada bercak cokelat dan perak, maka itu tanda tungau telah menyerang bagian buah. Kalau ada bercak kuning pada daun jeruk, tandanya tungau telah bersarang dibagian daun. 

4. Ulat 

Ulat merupakan salah satu hama yang paling terkenal sering memakan berbagai bagian tanaman. Ulat sering memakan daun muda pada pohon jeruk sehingga pohon terlihat botak. 

Pohon yang botak membuat proses pernapasannya tidak berjalan dengan baik. Efeknya, pohon tidak bisa mendapatkan beberapa unsur yang penting bagi pertumbuhannya. Kalau anda melihat ada garis putih yang melingkar di sekitar daun, bisa jadi itu pertanda kehadiran ulat. 

Jika dibiarkan, daun tersebut akan menggulung hingga akhirnya rontok. Daun yang telah menggulung sering menjadi sarang bagi ulat. 

5. Kutu Penghisap Daun 

Hama yang berupa hewan kutu memang sering sekali menganggu pohon jeruk. Satu lagi hama kutu yang merugikan pohon ini adalah kutu penghisap daun. Dari namanya saja anda pasti sudah tahu kalau hama ini akan menyerang bagian daun. 

Pohon jeruk yang dihinggapi hama denga nama latin Helopeltis antonii ini akan menimbulkan bercak cokelat pada daun hingga buah jeruk. Jika gejala semakin parah, akan keluar cairan dengan bau yang menyengat. 

6. Ulat Penggerek Buah 

Ulat penggerek buah memiliki nama latin Citripestis sagittiferella yang sering menyerang buah jeruk. Hama yang satu ini akan membuat buah jeruk jadi berlubang. Dari lubang tersebut, akan keluar getah lengket. 

Biasanya, ulat penggerek buah akan membuat lubang pada buah jeruk yang sudah matang hingga mau membusuk. 

7. Thrips 

Thrips merupakan jenis hama yang berbentuk seperti nyamuk dengan ukuran yang lebih kecil. Hama yang satu ini sering menyerang pohon cabai. Namun, tidak menutup kemungkinan pohon jeruk juga menjadi sasarannya karena thrips termasuk hama yang memangsa segala jenis tanaman. 

Gejala yang ditinggalkan thrips pada pohon jeruk adalah daun yang menepal, tepi daun menggulung dan hitam, kering, hingga akhirnya gugur. Thrips sering kali mengambil nutrisi tanaman dari daun. 

8. Kutu Dompolon 

Satu lagi hama kutu yang menganggu pohon jeruk, yaitu kutu dompolon. Bagian yang menjadi sasaran empuk kutu dompolon adalah tangkai buah. Hama ini sering kali memakan tangkai buah hingga patah dan buah jeruk jatuh ke tanah. 

Pada awal serangan, akan ada ada bercak berwarna kuning. jika semakin parah, tangkai tersebut akan menjadi kering dan menyebabkan buah menjadi gugur. 

9. Lalat Buah 

Lalat buah juga merupakan hama yang paling merugikan bagi petani. Hama yang satu ini akan memakan buah jeruk, mulai dari yang masih muda hingga yang sudah matang. 

Kalau anda melihat lubang kecil di bagian buah jeruk, mungkin itu adalah tanda lalat buah yang menyerang. Buah juga jadi cepat gugur dan ada larva keluar dari buah jeruk tersebut. 

Cara Mengusir Hama Pada Pohon Jeruk 

Hama merugikan tersebut tentu saja tidak boleh dibiarkan begitu saja. Agar pohon jeruk bisa tumbuh sehat, anda harus membasminya. 

Anda bisa basmi dengan cara menyemprotkan pestisida. Beberapa pestisida yang efektif adlaah pestisida diazinon, phosphamidon, dan methidhation. 
Pohon Jeruk
Sumber: samudrabibit.com
Apakah anda sudah tahu hama mana yang menyerang pohon jeruk milik anda? Penggunaan pestisida harus menyesuaikan dengan jenis hama yang menyerang pohon anda.


Belum ada Komentar untuk "Hama yang Sering Menganggu Pohon Jeruk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel