Artikel Pilihan

Penyebab Pohon Jeruk Tak Kunjung Berbuah

Pohon Jeruk

Ketika menanam pohon jeruk, pastilah anda mengharapkan hasilnya. Hasil dari pohon jeruk tentu saja buah jeruk yang manis dan penuh nutrisi. Pada umumnya, pohon buah dengan nama latin Citrus ini akan berbuah saat berumur 8 bulan. Namun, ada beberapa pohon yang akan berbuah ketika berumur 4 tahun.

Pohon jeruk yang berbuah saat berumur 4 tahun adalah jeruk keprok. Ada juga jeruk siam yang berbuah saat berumur 2 atau 3 tahun. Selain itu, ada juga pohon yang bisa berbuah setiap musim kalau anda menggunakan teknik yang tepat. Namun, ada pula pohon yang tidak berbuah sama sekali. Kalau tidak berbuah, mungkin ada beberapa penyebabnya. 

Penyebab Pohon Jeruk Tidak Berbuah 

Pohon Jeruk
Sumber: republika.co.id

1. Kekurangan Nutrisi 

Penyebab pertama yang membuat pohon jeruk tidak kunjung berbuah adalah nutrisi yang tidak mencukupi. Agar bisa tumbuh lebat dan menghasilkan buah yang berkualitas, tanam ini membutuhkan nutrisi yang seimbang. 

Nutrisi tersebut dapat berupa air atau unsur hara. Anda harus menyiram tanaman yang satu ini secara rutin setiap hari. Saat musim panas, anda harus menyiramnya sampai 2 kali, saat pagi hari dan sore hari. Pastikan kalau pohon ini selalu lembap. 

Pohon jeruk juga membutuhkan unsur hara yang seimbang. Ada beberapa unsur hara yang diperlukan pohon ini dalam jumlah yang banyak, seperti nitrogen, phospor, dan kalium. Selain itu, ada pula unsur hara yang hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. 

Untuk memenuhi unsur hara yang diperlukan tanaman, anda bisa memberikan pupuk. Berikan pupuk NPK yang kaya akan nitrogen, phospor, dan kalium. Anda tidak perlu memikirkan unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit karena unsur tersebut biasanya sudah terdapat di dalam tanah. 

2. Ada Hama 

Seperti tanaman lainnya, pohon jeruk juga rentan diserang oleh hama tanaman. Hama yang paling sering menganggu tanaman ini adalah kutu. Kutu dapat membuat buah jeruk cepat membusuk dan daun jeruk cepat mengering. 

Buah jeruk yang membusuk akan mengundang lalat buah untuk hinggap dan membuat sarang di sekitar pohon. Sedangkan daun jeruk yang kering akan membuat pertumbuhan pohon menjadi terganggu. Pohon akan kesulitan menghasilkan buah lagi. 

Untuk membasmi hama kutu, anda harus menggunakan pestisida. Anda dapat membuat pestisida alami sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, seperti bawang putih dan cabai. Kesulitannya mengusir hama kutu adalah hama ini sulit terlihat oleh mata karena ukurannya yang sangat kecil. 

3. Tumbuh Gulma 

Selain hama, ada lagi yang membuat pohon ini tidak bisa berbuah, yaitu gulma. Gulma adalah tanaman liar yang sering mengambil nutrisi yang seharusnya diberikan untuk pohon jeruk. 

Gulma juga merupakan salah satu penyebab pohon kekurangan nutrisi, meski anda sudah merawatnya dengan benar. Karena itulah, tanaman gulma harus disingkirkan agar tidak merusak pohon yang anda miliki. 

Mungkin untuk mengatasi gulma, anda berpikir tinggal mencabutnya saja. Namun, akar tanaman ini tetap ada dan terus tumbuh. Menghilangkan gulma tidak cukup hanya dengan mencabutnya. 

Ada beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk menyingkirkan gulma, yaitu garam, cuka, bensin, air panas, dan belerang. Tinggal taburkan bahan tersebut ke tanaman gulma. Tanaman penganggu ini akan segera mati. 

4. Perawatan yang Tidak Benar

Hal terakhir yang menyebabkan pohon jeruk tidak juga berbuah adalah anda sendiri. Cara perawatan anda yang keliru membuat tanaman ini sulit untuk tumbuh sehat, apalagi berbuah. 

Karena itulah, penting bagi anda, sebagai pemilik pohon jeruk, untuk tahu cara merawat tanaman ini dengan benar. Perawatan yang dilakukan dengan salah akan membua tanaman ini mati dengan cepat. 

Perawatan pohon meliputi cara pemberian nutrisi yang tepat, mengusir hama, dan gulma. Diluar ketiga hal tersebut, masih ada perawatan lainnya yang harus anda lakukan. 

Perawatan seperti mengatasi penyakit yang menyerang pohon ini. Daun jeruk akan cepat kering dan gugur kalau terkena penyakit hingga akhirnya, buah jeruk tidak akan bisa tumbuh. 

Pemangkasan salah satu bagian pohon juga penting dilakukan dengan cara yang benar. Bagian yang dipangkas haruslah bagian yang telah layu dan terserang penyakit. 

Cara pemangkasan yang salah dapat membuat bagian lain dari pohon jeruk jadi sakit sehingga anda harus berhati-hati. Potonglah dengan pisau atau gunting yang tajam sehingga batang yang ingin dipotong dapat terpotong dengan sempurna. 

Cara Memanen Buah Dari Pohon Jeruk 

Jika beberapa kesalahan yang membuat pohon jeruk tidak buah telah anda perbaiki dan membuahkan hasil, akan tiba saatnya anda harus memanen buah jeruk. Memetik buah jeruk dari batangnya tidak boleh dilakukan dengan asal. 

Ada beberapa ketentuan yang harus anda taati agar tidak membuat tanaman jadi terluka. Beberapa ketentuan tersebut adalah memetik buah jeruk saat matahari belum terbit. Hal ini berguna agar udara masih sangat lembap dan nutrisi dari buah jeruk masih utuh. 

Potong batang buah jeruk sepanjang 2 mm dari pangkal buahnya. Hal ini bertujuan agar batang yang tidak dipotong tidak terluka. 
Pohon Jeruk
Sumber: wikifarmer.com
Apa yang menyebabkan pohon jeruk anda tidak berbuah? Kalau sudah tahu penyebabnya, segera diatasi dengan cara yang benar.


Belum ada Komentar untuk "Penyebab Pohon Jeruk Tak Kunjung Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel