Artikel Pilihan

Beberapa Kelebihan Mencangkok Bibit Pohon Mangga

Pohon Mangga
Pohon mangga merupakan salah satu tanaman yang paling mudah dirawat. Namun, tetap menghasilkan buah yang berkualitas. Agar bisa sukses menanam pohon mangga, anda harus menyiapkan tanah yang baik, iklim yang sesuai, serta dataran rendah. Merawat pohon ini akan lebih mudah jika ketiga hal tersebut sudah bisa anda penuhi. 

Jika anda ingin menanam pohon mangga, salah satu cara yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan bibitnya adalah cangkok. Berbagai pohon buah memang sering menggunakan metode cangkok ini untuk mendapatkan bibit karena ada banyak sekali kelebihan dari mencangkok tanaman untuk mendapatkan bibitnya. 

Kelebihan Mencangkok Pohon Mangga 

Pohon Mangga
Sumber: Kabartani.com

1. Merawiskan Sifat Induk 

Kelebihan pertama yang paling sering menjadi alasan orang mencangkok pohon adalah karena cara ini bisa membuat pohon baru langsung merawiskan sifat dari pohon induk yang dicangkok. 

Ketika anda menemukan pohon mangga yang bagus, sehat, tumbuh dengan lebat, dan menghasilkan buah yang berkualitas, ada baiknya anda mecangkok pohon tersebut untuk mendapatkan bibitnya. 

Pohon yang akan dihasilkan juga akan menghasilkan buah yang mirip dengan pohon induknya. Jika buah dari pohon induknya manis, maka pohon yang anda tanam juga akan menghasilkan buah yang manis. 

Jangan menggunakan cara cangkok jika anda hanya ingin mengambil bibit dari pohon mangga yang kurang sehat karena saat buah yang dihasilkan tidak berkualitas, maka buah yang dihasilkan hasil cangkok tersebut juga tidak akan berkualitas. 

2. Cepat Berbuah 

Kelebihan lainnya dari cara cangkok sangat cocok bagi anda yang tidak bisa bersabar menunggu pohonnya berbuah. Mendapatkan bibit pohon mangga dengan cara mencangkok pohon induknya bisa membuat pohon yang baru anda tanam lebih cepat berbuah bila dibandingkan dengan cara generatif. 

Usia produktif pohon mangga bila menggunakan cara generatif umumnya sekitar 1,5 sampai 2 tahun. Bila anda menggunakan cara cangkok, kemungkinan anda akan mendapatkan pohon yang menghasilkan buah dalam waktu kurang dari 1,5 tahun. 

Namun, hal ini masih tergantung dari perawatan yang anda lakukan. Kalau anda menyiram dan memberikan pupuk secara rutin dalam waktu yang tepat, tanaman ini pasti akan lebih cepat berbuah. 

3. Kualitas yang Sama 

Seperti yang sudah dijelaskan pada dua poin sebelumnya jika mendapatkan bibit pohon mangga dengan mencangkoknya bisa membuat pohon yang anda dapatkan memiliki sifat yang sama seperti sifat pohon induknya serta menghasilkan buah yang lebih cepat sehingga kualitas pohon dan buah yang dihasilkan sama seperti induknya. 

Namun, kualitas bibit yang anda dapatkan tetap akan berkurang kalau anda tidak melakukan perawatan dengan benar. Agar kualitasnya tetap sama dengan pohon induk, berikan perawatan yang sama dengan pohon induknya. Bila pohon induk selalu diberikan pupuk setiap 1 bulan, anda juga harus melakukan hal yang sama untuk bibit pohon mangga yang baru anda dapatkan. 

4. Lebih Cepat Tumbuh 

Jika pada umumnya pohon mangga membutuhkan waktu beberapa bulan agar bisa tumbuh dengan tinggi, pohon ini bisa tumbuh dengan lebih cepat kalau anda mendapatkan bibitnya dengan cara cangkok. 

Kelebihan ini sangat cocok bagi anda yang tidak bisa sabar melihat perkembangan pohon yang anda tanam. Meskipun anda jarang merawatnya, biasanya pohon yang didapatkan dengan cara cangkok tetap akan tumbuh dengan cepat dan lebat. Namun, jangan sampai anda lupa melakukan perawatan untuk pohon ini. 

5. Jarang Gagal Panen 

Salah satu ketakutan orang yang memiliki pohon buah, terutama untuk yang berbisnis budidaya pohon buah adalah gagal panen. Kegagalan panen bisa membuat anda yang bergantung pada hasil pohon ini jadi rugi. 

Kegagalan dalam panen pada pohon mangga biasanya disebabkan karena kurangnya nutrisi yang didapatkan oleh tanaman ini atau karena memang tanaman ini sudah terserang penyakit. 

Mendapatkan bibit pohon mangga dengan cara cangkok biasanya membuat bibit tersebut menjadi lebih sehat sehingga keberhasilan untuk berbuah menjadi lebih tinggi dengan waktu panen yang lebih cepat. 


Kekurangan Mencangkok Pohon Mangga 

Meski banyak kelebihan, tetapi mencangkok pohon mangga juga ada beberapa kelemahan. Pohon yang menjadi tidak kokoh dan gampang roboh menjadi kelemahan yang akan membuat anda berpikir ulang untuk mencangkok pohon yang satu ini. 

Meski anda mendapatkan pohon induk yang kokoh dan kuat. Namun, sifat tersebut tidak akan diwariskan kepada bibit jika menggunakan cara cangkok. Hal ini karena ketika anda mencangkok pohon, bagian yang anda ambil adalah batang kecilnya yang akhirnya tumbuh akar. Akar tersebut biasanya tidak akan sekuat akar yang tumbuh langsung dari biji. 

Pohon mangga yang anda dapatkan dengan cara cangkok juga rentan gugur pada saat musim kemarau karena pohon ini jadi tidak tahan terhadap kering. Anda bisa menyiram pohon ini lebih sering dalam satu hari untuk mengatasi masalah ini. 

Satu pohon induk juga hanya bisa menjadi media cangkok sebanyak satu kali dan kemungkinan pohon tersebut juga menjadi rusak dan terluka. Hal ini dikarenakan anda harus mengupas salah satu bagian dari pohon mangga dan memotongnya. 
Pohon Mangga
Sumber: 99.co

Apakah anda harus mencangkok bibit pohon mangga setelah melihat kelebihan dan kelemahannya? Jawabannya adalah tergantung kebutuhan anda. Kalau anda ingin budidaya mangga dengan hasil yang cepat dan berkualitas, maka tanamlah dengan cara cangkok.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Kelebihan Mencangkok Bibit Pohon Mangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel