Artikel Pilihan

Yuk Kenalan Dengan Tanaman Akasia Planiforns

ciri ciri pohon akasia

Tanaman adalah suatu hal yang ada dan juga menjadi bagian dalam kehidupan kita. Di mana di sekitar kita itu ada beraneka ragam jenis tumbuhan.

Adapun di sini yang masuk dalam jenis tumbuhan itu seperti halnya adalah tanaman hias, tanaman obat, tanaman sayur, tanaman untuk paru paru dunia, tanaman untuk upaya pencegahan longsor, dan tentu saja di sini masih banyak manfaat lain yang bisa di manfaatkan dan juga di ambil oleh manusia dalam kehidupannya sehari hari.

Adapun di sini salah satu jenis tanaman atau juga tumbuhan yang di manfaatkan oleh manusia dalam hidup sehari hari adalah tanaman akasia.  Beberapa dari kita nama atau bentuk dari tanaman ini. Dan Mungkin saja beberapa dari kita hanya mengetahui bahwa tanaman akasia ini hanya ada satu jenis saja. Namun rupanya hal itu kurang tepat.

Sebab di sini tanaman akasia itu memiliki banyak spesies atau varian. Adapun di sini salah satu jenis varian dari tanaman akasia yaitu adalah tanaman akasia planiforns. Mungkin saja di sini beberapa orang ada yang belum paham dan juga belum mengetahui dengan apa sih tanaman akasia planiforn.

Namun sebelum kita membahas tanaman akasia brown wattle kita harus tahu apa itu tanaman akasia. Buat anda yang belum mengetahui dan juga belum paham. Di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda sekalian penasaran? Yuk kita baca bersama.

Apa sih yang dimaksud tanaman akasia

Tanaman akasia yang menurut penelitian ilmiah adalah salah satu jenis tumbuhan yang masuk dalam kerajaan plantae. Selain itu tanaman akasia itu sendiri juga masuk dalam divisi tumbuhan yang adalah magnoliophyta dan juga masuk dalam kelas magnoliopsyda.

Selanjutnya dalam jenis ordo tanaman akasia itu masuk dalam ordo fabales. Sedangkan untuk tipe family tanaman akasia itu sendiri adalah masuk dalam family fabacaea. Dan juga masuk dalam sub family yaitu adalah mimosoidae. Dan juga tanaman akasia itu masuk dalam jenis bangsa tumbuhan acaciea. Dan untuk katagori genus tanaman akasia adalah genus acacia.

Apa itu tanaman akasia planiforns

ciri ciri pohon akasia planiforns
Sumber: google.com
Duri payung, atau yang biasa di kenal di sini dengan nama (Acacia planifron), adalah spesies akasia dari keluarga Fabaceae. Ini asli ke India dan Sri Lanka. Tanaman akasia planiform ini memiliki tinggi sekitar 7 m semak berduri. Di sini tanaman akasia planiform ini memiliki Kulit coklat keabu-abuan tebal dengan tanda horisontal.

Baca Juga :

Daun yang di miliki oleh tanaman akasia planiform ini adalah bipinnate, bergantian; puncak tumpul; seluruh margin. Bunga pada tanaman akasia ini memiliki bunga yang berwarna putih. Sedangkan untuk buah pada tanaman akasia planiform ini rupanya juga memiliki buah.

Bentuk daun pada akasia planiform

Bentuk daun pada tanaman akasia planiform adalah majemuk ganda, bergantian, terpesona pada branchlets di singkat, menetapkan; duri penetapan berpasangan, tidak sama; yang pendek berulang, coklat, panjang lurus, berbeda, putih dengan bitnik bintik cokelat; sumbu 8-12 mm, ramping, pulvinate, tidak berbulu.

Dengan kelenjar menuju pangkalan di sisi atas [tidak ada pada daun yang lebih kecil]; pinnae 3-5 pasang, ramping, 0,7-1 cm, berlawanan, bahkan menyirip; selebaran 10-30, berlawanan, estipellate; blade 1-3 x 0,5-1 mm, linear oblong, miring dasar, ujung tumpul, margin penuh, tidak berambut, bagan, saraf tidak jelas.

Bentuk bunga pada akasia planiform

ciri ciri pohon akasia planiforns
Sumber: google.com
Tanaman akasia planiform ini memiliki bunga. Bunga pada akasia planiform ini adalah kepala putih di daun-axils, 2-3 bersama-sama, tangkai bunga cluster dengan involucel di pangkalan; kelopak berbentuk lonceng, 1-2 x 1,5-2,5 mm, tidak berambut.

Bunga yang sebenarnya berbentuk corong, panjang 3-4 mm, kelopak bulat telur sampai bulat; benang sari banyak, panjang 3-4 mm, filamen pada dasarnya menyatu; ovarium sepanjang 1,5 mm, tanpa tangkai, tidak berbulu; gaya sekitar 2,5 mm

Bentuk buah pada akasia planiform

Dan rupanya akasia planiform ini juga memiliki buah. Buah pada akasia planiform adalah polong, 5-10 x 0,6-0,7 cm, sedikit berdaging, melingkar, sepanjang pinggiran, runcing di ujung, tidak berambut, bulat hingga runcing di pangkalan; stipe sangat pendek; biji 6-9. Umbrella Thorn ditemukan di Semenanjung India dan Sri Lanka. Berbunga: Oktober-April.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Yuk Kenalan Dengan Tanaman Akasia Planiforns"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel