Artikel Pilihan

PENYEBARAN TANAMAN JATI DI INDONESIA


Tanaman Jati sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini banyak dibudidayakan untuk diambil kayunya karena kayu jati nilai ekonomisnya memang tinggi. Kayu ini termasuk yang berharga mahal dan paling diminati oleh seluruh lapisan masyarakat. Penggunaan kayu jati meliputi untuk konstrusi bangunan, konstruksi jembatan, furniture rumah, kerajinan ukir, dan untuk bahan bangunan seperti untuk kusen, daun pintu, jendela.

Tanaman jati ternyata tidak hanya terdapat di Indonesia. Memang tanaman Jati yang dikenal dengan nama ilmiah Tectona grandis asalnya malahan dari Burma. Beberapa ahli botani berpendapat bahwa jati merupakan jenis tanaman asli yang tumbuh di Burma.

Dari tempat ini tanaman jati kemudian menyebar ke kawasan di Semenanjung India juga ke Thailand dan Negara Filipina. Setelah melalui penyebaran ke beberapa kawasan, kemudian mulailah masuk ke tanah Jawa. Ahli botani ada yang berpendapat bahwa ini adalah tanaman asli India, Burma, Muangthai dan Laos.
ciri ciri pohon jati
sumber : google.com

Pada perkembangan lebih lanjut tanaman jati kemudian makin meluas penyebarannya. Selain di Thailand, persebaran secara alami juga mencapai India, Myanmar, Laos, Kamboja, dan Indo China. Kemudian karena melihat kualitas kayu dan adaptasinya dengan ekosistem setempat yang mudah, bibit pohon jati dibawa oleh orang untuk ditanam di Negara-negara Afrika.

Negara-negara Afrika mulai tertarik dengan tanaman ini karena mereka punya lahan yang luas, sehingga bisa untuk meningkatkan nilai tambah kawasan, dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Beberapa Negara kemudian mulai menanamnya seperti Sudan, Kenya, Tanzania, Tanganyika, Uganda, Lower Guinea, Ghana, Nigeria, dan Afrika Barat.
ciri ciri pohon jati
sumber : google.com

Tidak hanya Negara Afrika yang tertarik untuk menanam pohon Jati. Benua biru, Australia, juga melirik komoditas tanaman ini karena kayunya yang multifungsi. Di Benua Australia Pohon jati mulai merambah penyebarannya melalui budidaya yang modern. Jati mulai ditanam di Quensland, New Zealand, Kepulauan Fiji, Kepulauan Pasifik, dan juga Taiwan.

Negara maju pun tertarik dengan tanaman ini. Kebutuhan kayu untuk industri furniture di Amerika mulai mendorong budidaya yang massif. Karena tetapi membutuhkan iklim yang mendekati tropis, di Amerika tanaman Jati dibudidaya di Jamaika, Panama, Argentina, Puertorico, Kepulauan Tobago dan Suriname.

Baca Juga :

Penyebaran di Indonesia

Di Negara kita, pohon Jati menjadi komoditas penting untuk Pulau Jawa dan beberapa pulau seperti Pulau Muna di Sulawesi, Kangean, Sumba di Nusa Tenggara dan di Pulau Bali.

Di Pulau Jawa tanaman jati banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hutan jati merupakan pemandangan yang menghibur mata bila kita melewatinya pada saat musim hujan. Hijaunya daun akan menyejukkan pemandangan.

Penyebaran di Jawa Tengah

Di Jawa Tengah kawasan hutan jati masih banyak dijumpai di Kabupaten Blora, Purwodadi, Sragen, Wonogiri, Sukoharjo dan Gunungkidul. Kayu Jati dari Blora dan Purwodadi terkenal baik, karena baru ditebang setelah berumur puluhan tahun. Hutan jati ini sebagian besar milik Perhutani.


Penyebaran di Jawa Timur

Di kawasan Pulau Jawa bagian selatan yang memanjang dari Wonogiri, Gunungkidul Pacitan maka jika diteruskan akan sampai di Jawa Timur yaitu Pacitan dan Ngawi. Di Jawa bagian selatan ini kawasan hutan jati terbentang pada ketinggian yang rendah, tidak lebih dari ketinggian 650 meter di atas permukaan laut.


Persebaran di Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Pohon Jati yang di Pulau Jawa tersebar juga ke Pulau tetangga yaitu ke Bali dan Nusa Tenggara. Penyebaran ke pulau-pulau ini karena aktivitas budidaya.

Persebaran di Pulau Muna

Pulau Muna yang terletak di dekat Pulau Sulawesi juga tumbuh pohon jati. Jati yang ada di Pulau ini telah dimuliakan sehingga menjadi bibit unggul dan bagus kualitas kayunya. Namun kayu jati dari Pulau Muna tekstur dan warnanya berbeda dengan yang tumbuh di Pulau Jawa. Tentu ini karena ekosistem berbeda. Warnanya lebih putih.

Persebaran di Pulau Sumbawa

Berdasarkan catatan Rafles, pohon jati hanya tumbuh di Pulau kecil sekitar Jawa yang ada di sebelah timurnya yaitu Madura, Bali dan Sumbawa.

Persebaran di Sulawesi Selatan

Persebaran di Sulawesi Selatan termasuk belum lama karena mulai tahun 1970 an. Pada saat itu tanaman jati mulai ditanam di daerah Billa, Soppeng, Bone, Sidrap dan juga Enrekang.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "PENYEBARAN TANAMAN JATI DI INDONESIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel