Artikel Pilihan

6 Rahasia Tersembunyi Kacang Arab Bagi Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Ciri Ciri Kacang Arab

Kacang arab tentu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Cicer Arietinum ini tergolong jenis polong-polongan atau legum dari suku Fabaceae yang banyak ditemukan di kawasan Mediterania.

Meski tergolong tumbuhan berukuran kecil, kacang arab tak bisa diremehkan begitu saja karena kandungannya. Ya, kacang arab dikenal memiliki nilai nutrisi yang cukup tinggi, tak kalah dengan jenis kacang-kacangan lainnya.

Rahasia Tersembunyi Kacang Arab yang Perlu Diketahui oleh Ibu Hamil

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: cdnparenting.com
Banyak penelitian ilmiah menunjukkan, bahwa kacang arab sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Penasaran apa saja manfaat kacang arab untuk ibu hamil dan pertumbuhan janin yang dikandung? Yuk, simak informasinya di bawah ini!




Kacang arab sebagai sumber protein

Protein merupakan salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh, terutama ibu hamil. Zat satu ini memiliki peranan penting dalam pembentukan organ tubuh janin selama masa kehamilan.

Baca juga : Ternyata, Ini Bentuk dan Fungsi Akar Pohon Waru

Bukan hanya itu saja, protein dalam kacang arab juga dibutuhkan oleh ibu hamil karena mereka cenderung membutuhkan cadangan energi dua kali lipat. Sebab, sari-sari makanan yang masuk ke dalam tubuh harus dibagi dengan janin yang ada di dalam rahim. Selain itu, nutrisi yang paling banyak ditemukan pada daging ini berperan penting dalam membentuk antibodi dan menjaga kesehatan tulang ibu serta janinnya.

Kacang arab kaya akan zat besi

Selain protein, salah satu nutrisi penting untuk ibu hamil dan janinnya adalah zat besi. Zat satu ini mengandung senyawa yang jika dipecah menjadi lebih sederhana bisa menghasilkan zat lain yang disebut dengan fitonutrisi. Fitonutrisi mampu melindungi ibu hamil dari anemia dan mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan di bawah rata-rata.

Zat besi juga dikatakan mampu memperlancar peredaran kadar oksigen ke plasenta dan ke seluruh bagian tubuh ibu hamil. Apabila ibu hamil mendapatkan asupan zat besi yang cukup, maka bisa dipastikan mereka akan lebih bersemangat dalam beraktivitas sehari-hari.

Nah, kacang arab merupakan salah satu jenis bahan pangan yang kaya akan zat besi. Hal ini membuatnya jadi salah satu alternatif paling tepat untuk mendapatkan asupan zat besi bagi ibu hamil dan janin.

Kacang arab menurunkan kadar gula dalam darah

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: geneticliteracyproject.org
Umumnya, ibu hamil memproduksi hormon lebih banyak ketimbang wanita yang sedang tidak dalam kondisi mengandung. Ketidakstabilan ini bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah dan juga meningkatkan kolesterol.

Apabila gula darah dalam tubuh ibu hamil berada di atas ambang batas rata-rata, kemungkinan dapat memicu penyakit diabetes yang juga akan menurun pada sang jabang bayi. Dengan mengonsumsi kacang arab, maka risiko diabetes pun akan sirna.

Kacang arab mampu mengurangi depresi

Kacang arab mengandung zat yang disebut dengan tryptophan. Zat satu ini berfungsi untuk menekan tingkat depresi ataupun stres pada ibu hamil. Tryptophan juga berperan untuk mengatur produksi serotonin dalam tubuh.

Baca juga : Indah! Ini Varian Warna Bunga Pohon Waru yang Memikat

Perlu Anda ketahui, asam esensial serotonin dapat membantu menenangkan, mengendalikan, dan menyeimbangkan otak. Tentu saja, hal ini menjadikan kacang arab sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa mengurangi mood swing.

Kacang arab mencegah timbulnya batu ginjal dan kanker

Bagi para ibu hamil yang mungkin memiliki gen kanker, sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang arab. Tanaman satu ini ternyata juga berkhasiat meminimalkan risiko terserang kanker. Bukan hanya itu saja, zat yang terkandung di dalam kacang arab juga bermanfaat untuk mengatasi batu ginjal.

Kacang arab tinggi vitamin K

Selain produksi hormon yang mungkin tidak seimbang, keadaan tekanan darah pada ibu hamil juga pasti berubah-ubah. Untuk mengurangi resiko darah tinggi maupun darah rendah, ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi makanan tinggi vitamin K, seperti kacang arab dan kecambah.

Kacang arab memiliki rasa asli yang lezat dan gurih sehingga Anda bisa merebusnya saja tanpa ditambahi bumbu apapun. Kacang jenis tertentu juga memiliki rasa manis alami yang bakal makin kuat jika direbus ataupun ditambah bumbu penyedap.





Namun, jika Anda bosan menyantap kacang arab rebus, Anda juga bisa mengolahnya menjadi beberapa jenis makanan, seperti hummus ataupun falafel khas Timur Tengah.

Demikian sekilas informasi mengenai manfaat kacang arab bagi ibu hamil dan pertumbuhan janin yang dikandungnya. Semoga informasi ini bisa membantu Anda.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "6 Rahasia Tersembunyi Kacang Arab Bagi Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel