Artikel Pilihan

Hummus, Hidangan Kacang Arab ala Timur Tengah

Ciri Ciri Kacang Arab

Hummus adalah salah satu hidangan dengan konsistensi lembut khas Timur Tengah yang juga biasa disebut sebagai bubur, saus cocol, ataupun puree. Hummus berbahan dasar kacang arab yang telah digiling dan dicampur tahini, yaitu sejenis biji wijen giling, minyak zaitun, garam, bawang putih, serta air perasan limau.

Fakta Seputar Hummus yang Enak dan Lezat

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: amazonaws.com
Di balik keunikan rasa dan tampilannya, ada beberapa fakta menarik seputar hummus yang perlu Anda ketahui. Berikut ini ulasannya :

1. Makanan tepat bagi para vegetarian

Bagi Anda yang merasa seorang vegetarian, tentu saja hummus bisa jadi salah satu pilihan menu menarik yang tak boleh dilewatkan. Hummus terbuat dari bahan-bahan nabati seperti, kacang arab, minyak zaitun, bawang putih, tahini dan garam. Tentu saja, bahan-bahan tersebut sangat aman dikonsumsi para vegan bersama hidangan lainnya, seperti roti maupun keripik.

Baca juga : Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Pohon Angsana Bagi Kesehatan

2. Hummus mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh

Anda tak perlu ragu untuk mengonsumsi hummus sebagai salah satu menu andalan sehari-hari. Pasalnya, hummus kacang arab mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti folat dan zat besi. Kandungan ini tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan karbohidrat dan protein di dalamnya pun aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes tipe 1 dan 2.




3. Ada banyak varian rasa yang pas di lidah orang Indonesia

Sebagian besar orang Indonesia mungkin akan sedikit mengalami kesulitan saat mengonsumsi hummus karena cita rasa yang kurang familiar di lidah. Apalagi, hummus memang memiliki konsistensi yang relatif kental, berminyak, dan agak sedikit berpasir. Namun saat ini, ada banyak varian hummus kacang arab yang sudah disesuaikan dengan selera orang Indonesia. Ditambah lagi dengan konsistensi yang lebih lembut seperti bubur pada umumnya.

4. Salah satu jenis hidangan terpopuler

Mungkin selama ini Anda mengira bahwa hummus adalah makanan tradisional yang sangat erat kaitannya dengan daratan Turki. Padahal sebenarnya, hummus merupakan makanan paling populer di seantero Timur Tengah hingga Afrika Utara. Tak heran, jika ketenaran hummus sama halnya seperti kebab ataupun nasi kebuli.

5. Hummus sangat mudah dimasak

Apabila Anda ingin menikmati hidangan khas Timur Tengah, tapi masih bingung untuk membuatnya, maka hummus bisa dijadikan pilihan yang tepat. Hummus berbahan merupakan salah satu makanan khas Mediterania yang proses pengolahannya sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskan kacang arab bersama bahan-bahan lain yang dibutuhkan.

Jenis Menu Hummus yang Wajib Dicoba

Berikut ini beberapa jenis olahan yang bisa dihasilkan dari hummus bagi Anda yang mungkin penasaran ingin mencobanya :

1. Pasta hummus

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber : i.pinimg.com
Siapa sangka, olahan khas Italia satu ini ternyata bisa juga dikombinasikan dengan hummus. Perpaduan dua kombinasi utama makanan yang berasal dari dua benua berbeda ini bisa memberikan sensasi rasa luar biasa.

Untuk membuat semangkuk pasta carbonara khas Timur Tengah, Anda hanya perlu menambahkan hummus sebagai pengganti susu dan keju agar rasanya lebih creamy. Tentu saja, hummus yang sarat akan cita rasa kacang arab ini dapat memberikan sensasi rasa tersendiri yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

Baca juga : Mengetahui Ciri-Ciri Utama Pohon Angsana

2. Hummus vegan burger

Hummus ternyata juga bisa dimodifikasi ke dalam menu western yang pastinya sudah tidak asing lagi di lidah hampir semua orang di dunia, yaitu burger. Penempatan hummus ke dalam menu satu ini dikategorikan sebagai menu vegan atau menu yang bisa dikonsumsi oleh para vegetarian. Biasanya, menu burger vegan ini bukan hanya menambahkan hummus sebagai sausnya, tapi juga menggunakan tofu atau jamur untuk menggantikan daging burger.

3. Hummus pizza

Satu lagi sajian khas Italia yang bisa dimodifikasi bersama hummus, yaitu pizza. Jika biasanya Anda menggunakan saus tomat atau saus cabai sebagai topping dasar pizza, maka kali ini Anda bisa coba menggunakan hummus.




Percayalah, kelezatan yang berasal dari kacang arab sangat pas saat dikombinasikan dengan kulit pizza yang gurih dan lembut. Anda juga bisa menambahkan topping lain, seperti bubuk paprika ataupun keju feta yang terbuat dari susu domba hasil pasteurisasi.

Nah, itu tadi sekilas informasi mengenai hummus yang terbuat dari kacang arab. Jadi, sekarang Anda tak perlu bingung lagi bagaimana cara mengolah kacang arab agar tidak cepat bosan. Salah satu pilihannya adalah dengan membuatnya menjadi hummus yang tak kalah lezat. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Hummus, Hidangan Kacang Arab ala Timur Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel