Artikel Pilihan

Istimewanya Pohon Kopi Arabika

ciri ciri pohon kopi arabika

Apakah Anda salah satu penikmat kopi? Nah, pastinya Anda memiliki selera tersendiri mengenai jenis kopi yang dinikmati. Anda begitu paham caranya untuk menikmati segelas kopi, bahkan dengan berbagai jenis kopi yang beragam saat ini.

Seperti yang diketahui bahwa di Indonesia sendiri ada berbagai jenis pohon kopi. Pohon kopi tersebut menghasilkan berbagai jenis biji kopi dengan cita rasa yang berbeda-beda. Kali ini kami akan mencoba membahas salah satu pohon kopi berkualitas yakni pohon kopi arabika.

Kopi terbaik saat ini bisa dibilang adalah kopi arabika, karena kopi ini dikenal memiliki keunggulan aroma khas kopinya yang kuat. Selain itu sifat kopi ini juga kental. Sedangkan tingkat keasamannya yang tinggi.

Selain itu, untuk soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Karena penanamannya yang tumbuh subur, kopi arabika memiliki rasa kental dimulut. Rasanya terkadang pahit dan sedikit asam. Kopi arabika juga memiliki tekstur yang lebih halus.

Jika jenis pohon kopi lainnya biasanya menghasilkan biji kopi dengan kandungan kafein yang tinggi, pohon kopi robusta ini menghasilkan biji kopi dengan kandungan kafein yang rendah dibanding robusta yaitu sekitar 0,8-1,5% sehingga sangat dikonsumsi baik pria maupun wanita. Wah, bagi yang pecinta kopi gak perlu khawatir nih, untuk sering minum kopi.

Baca Juga :

Manfaat kopi arabika ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Konon, mengkonsumsi kopi ternyata dapat membantu mencegah kanker, menjaga kesehatan mulut, menjaga stamina, menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan demensia, mengurangi risiko terkena diabetes, sampai menambah mood kita. Maka jangan salah jika minuman kopi ini bisa menjadi moodboster kita.


Kopi Arabika

ciri ciri pohon kopi arabika
Sumber: wikipedia.com
Pohon kopi arabika diyakini berasal dari hutan pegunungan di Etiopia, Afrika. Pohon kopi arabika dapat tumbuh di dataran tinggi yang sejuk dengan ketinggian 1.000 hingga 2.000 mdpl. Curah hujan paling cocok untuk jenis pohon kopi arabika ini.

Suhu lingkungan paling cocok untuk tanaman ini berkisar 15-24 derajat Celcius. Pohon kopi arabika sangat menyukai jenis tanah yang kaya dengan kandungan bahan organik. Tingkat keasaman atau pH tanah yang cocok berkisar 5,5-6.

Secara tampilan, pohon kopi arabika memiliki bentuk yang relatif pendek seperti tanaman perdu yakni pohon kopi ini memiliki ketinggian hanya berkisar 2 sampai 3 meter. Jenis batangnya memiliki postur tubuh yang tegak dengan bentuk membulat.

Pohon kopi arabika memiliki cabang yang sangat banyak. Selain itu untuk daunnya, daun kopi arabika berwarna hijau mengkilap dan daunnya jugs akan berubah berwarna menjadi hijau gelap. Adapun bentuk daunnya sedikit lonjong atau memanjang dengan ujung daun agak meruncing. Pangkal daunnya agak tumpul dan memiliki tangkai yang pendek dengan struktur tulang daun menyirip.

Pohon kopi arabika akan mulai menghasilkan bunga setelah musim hujan. Bunga tanaman kopi akan tumbuh dengan corak daun berwarna putih dan bunga ini juga mampu melakukan penyerbukan sendiri. Waktu tanaman kopi arabika untuk berbunga dan menghasilkan buah yaitu 4 sampai 5 bulan dalam waktu setahun.

 Biasanya pohon kopi arabika akan berbunga diakhir musim hujan. Buah tanaman kopi berbentuk bulat dengan warna buah hijau kemudian berubah menjadi merah terang saat matang. Apabila buah kopi ini telah matang cenderung mudah rontok. Oleh karena itu harus segera panen.
ciri ciri pohon kopi arabika
Sumber: wikipedia.com


Informasi Bibit Tanaman Biji Kopi Arabika

  • Nama : Kopi Arabika
  • Nama Ilmiah : Coffee Arabica
  • Jenis Arabica Sigarar Utang
  • Asal Bibit : ditumbuhkan dari biji
  • Ukuran Tanaman Saat Ini : 50cm – 70cm
  • Iklim Tumbuh Optimal : dataran sedang – tinggi / suhu dingin 20-26c
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Masa Berbunga : dalam bulan tertentu
  • Jumlah bunga per tanaman : puluhan kuntum
  • Aroma Bunga : sangat kuat
  • Media Tanam : tanah dan humus
  • Tinggi Tanaman: tinggi kurang lebih 3 meter dengan batang dan akar yang kecil
  • Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Daun, Dan pupuk kandang 3 bulan sekali.

Pohon kopi arabika ini ternyata bernilai ekonomis lho, karena dapat dijual bahkan di ekspor. bagaimana tertarik membudidayakan pohon kopi arabika?

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Istimewanya Pohon Kopi Arabika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel