Artikel Pilihan

Fungsi Alat-Alat Bonsai yang Harus Anda Ketahui

Alat-Alat Bonsai

Kalau anda ingin menanam bonsai, anda harus memiliki alat-alat bonsai dengan berbagai ragam fungsi. Alat-alat bonsai ini harus anda miliki agar bisa membuat bonsai menjadi lebih cantik dan terawat. Peralatan bonsai yang harus anda miliki sangat banyak untuk melakukan perawatan pada daun, tanah, akar, batang, dan rantingnya.

Setiap alat-alat bonsai tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Salah penggunaan alat tersebut untuk pohon bonsai malah akan membuat bonsai jadi rusak. Agar tidak salah menggunakan alat bonsai hingga membuat tanaman rusak, anda harus mengetahui fungsi-fungsi alat tersebut. 

Cara Menanam Bibit Pohon Bidara 


1. Tang 

Ada dua jenis tang pemotong yang harus anda miliki, yaitu tang khusus untuk kawat dan untuk ranting. Tang ini berfungsi untuk memotong, yang satunya untuk memotong kawat dan yang lainnya untuk memotong ranting. 

Anda memerlukan kawat untuk membuat bentuk bonsai sesuai dengan yang anda inginkan. Biasanya kawat dijual dengan ukuran yang panjang sehingga anda perlu memotongnya. Tang pemotong kawat bonsai sudah dibuat khusus agar kawat tidak menjadi tajam hingga melukai batang bonsai. 

Ranting bonsai juga perlu dipotong bila sudah ada yang rusak atau tumbuh tidak sesuai keinginan. Tang ranting bonsai adalah banyak jenis, mulai dari tang lancip, tang miring, dan tang biasa. 

2. Pisau Bonsai 

Alat-alat bonsai yang satu ini merupakan alat yang multifungsi untuk memotong semua bagian bonsai. Karena itu, anda wajib memiliki pisau khusus bonsai ini. Pisau ini ada banyak jenisnya, untuk memotong daun, ranting, ataupun akar. 

3. Gergaji Bonsai 

Sebenarnya alat-alat bonsai ini sama seperti gergaji pada umumnya. Namun, dengan ukuran yang lebih kecil menyesuaikan dengan ukuran bonsai. Seperti fungsi pada umumnya, gergaji bonsai digunakan untuk memotong batang bonsai. 

Kelebihan lain dari gergaji bonsai selain mengikuti ukuran dari bonsai adalah potongannya yang lebih halus sehingga tidak meninggalkan jejak yang tidak rapi di bagian bonsai yang masih tertinggal. 

4. Penggaruk Tanah 

Penggaruk tanah mungkin merupakan peralatan bonsai yang paling membingungkan fungsinya dan alasan anda harus memilikinya. Alat-alat bonsai yang satu ini sangat penting untuk meratakan tanah yang menggumpal sehingga media tanam tetap aman digunakan sebagai tempat tumbuhnya bonsai. 

5. Pemahat 

Apakah pohon bonsai juga harus dipahat? Sebenarnya pohon bonsai tidak harus dipahat. Namun, pemahatan juga bisa membuat pohon bonsai semakin bagus. Fungsi lain dari pemahat bonsai yang berguna selain membuat pahatan adalah menyingkirkan bagian yang tidak anda inginkan. 

Saat memotong ranting, mungkin masih ada sedikit bagian yang tertinggal. Bagian tersebut bisa anda singkirkan dengan menggunakan pemahat bonsai ini. 

6. Meja Putar 

Ketika akan merawat pohon bonsai, anda harus merawat dari segala sisi. Untuk memudahkan pekerjaan ini, anda membutuhkan meja putar yang berfungsi untuk memutar bonsai sehingga anda bisa tetap duduk diam. 

Meja Putar juga membuat kerusakan bonsai akibat sering dipindahkan dapat dikurangi. Kalau memiliki uang lebih, tidak ada salahnya anda membeli meja putar. 

7. Kawat Bonsai 

Alat-alat bonsai yang satu ini merupakan peralatan wajib yang harus anda miliki. Kawat bonsai berfungsi untuk membentuk bonsai sesuai dengan keinginan anda. Tali juga bisa anda gunakan sebagai pengganti kawat. Namun, bentuknya tidak akan sesuai dengan yang anda inginkan. 

Kawat bonsai ini juga harus kamu potong menggunakan tang khusus kawat bonsai agar mendapatkan ukuran yang sesuai dengan ranting atau batang bonsai yang anda miliki. Pastikan juga kalau ujung kawat tidak tajam sehingga batang pohon bonsai tidak akan terluka. 

8. Kuas Pembersih 

Dari namanya saja, anda pasti sudah tahu kalau alat-alat bonsai ini berguna untuk membersihkan pohon bonsai. Namun, bagian manakah yang bisa dibersihkan oleh kuas pembersih khusus bonsai ini? 

Kuas pembersih khusus bonsai ini seperti kuas pembersih pada umumnya. Namun, dengan ukuran yang lebih kecil dan kuas yang lebih halus. Saat anda memotong bagian daun dan ranting, pasti ada bagian yang jatuh mengotori pohon bonsai. 

Kuas pembersih akan berguna untuk membersihkan sisa kotoran tersebut atau sisa dari pahatan. Kuas pembersih juga bisa anda gunakan untuk membersihkan kotoran yang menyangkut di tanah. Karena kuasnya yang lebih halus, anda tidak perlu khawatir bonsai akan terluka.  

Harga Alat-Alat Bonsai 

Alat-Alat Bonsai
Sumber: bungaku.co.id
Setelah mengetahui fungsi dari alat-alat bonsai, anda mungkin semakin tertarik untuk memilikinya. Bila andai ingin membeli peralatan bonsai tersebut, tentu anda harus mengetahui harganya terlebih dahulu. 

Harga gunting daun bonsai memiliki harga sekitar 42 ribu Rupiah, sedangkan harga tang ranting harganya lebih mahal, yaitu sekitar 230 ribu Rupiah. Kawat bonsai dengan berat 1 kg bisa anda dapatkan dengan harga 124 ribu Rupiah. 

Anda juga bisa membeli penyerok tanah dengan harga yang murah, hanya 31 ribu Rupiah. Meja putar bonsai yang paling sederhana bisa anda beli dengan harga 90 ribu. 

Anda juga bisa membeli alat-alat bonsai secara satu paket mendapatkan semua peralatan dengan harga sekitar 300 ribu Rupiah. 
Alat-Alat Bidara
Sumber: markamitra.co.id
Setelah mengetahui fungsi dari alat-alat bonsai, apakah anda masih ragu untuk membelinya? Sebaiknya anda segera membeli peralatan tersebut agar bonsai yang anda tanam bisa lebih cepat dirawat.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Alat-Alat Bonsai yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel