Artikel Pilihan

Inilah Enam Sifat Unggul Pohon Jati Solomon yang Menguntungkan

Tanaman jati sudah dikenal secara luas di Indonesia, namun ternyata tidak hanya terdapat di Indonesia. Pohon yang memiliki nama ilmiah Tectona grandis berasal dari negara Burma. Beberapa ahli botani berpendapat bahwa jati merupakan jenis tanaman asli yang tumbuh di Burma.

Dari tempat ini tanaman jati kemudian menyebar ke kawasan di Semenanjung India juga ke Thailand dan Negara Filipina. Setelah melalui penyebaran ke beberapa kawasan, kemudian mulailah masuk ke tanah Jawa. Ahli botani ada yang berpendapat bahwa ini adalah tanaman asli India, Burma, Muangthai dan Laos.

ciri ciri pohon jati

Kebutuhan kayu di Indonesia sangatlah besar, mencapai ratusan juta meter kubik. Suatu lembaga sertifikasi produk kehutanan, Forest Stewarship Council (CFC).

Berdasarkan hasil studinya menunjukkan bahwa ada 300 juta meter kubik kayu bersertifikat FSC- Forest Management (FM)/CoC ( Chain of Custody) dipanen setiap tahun dari hutan dan hutan rakyat di Indonesia. Dari hasil panen lahan perhutani sebanyak 100ribu meter kubik adalah kayu jati hasil budidaya.

Keunggulan kayu jati

Kayu jati memiliki nilai ekonomi yang tinggi, karena punya keunggulan yang tidak dipunyai jenis kayu lain. Beberapa keunggulan kayu jati adalah sebagai berikut :
ciri ciri pohon jati
Sumber: google.com
  1. Serat kayu jati sangat kuat, tidak getas, tidak mudah patah, dan ulet
  2. Kayu jati tahan air, dan awet tidak mudah lapuk. Untuk kayu yang tua semakin lama malah akan semakin kering dan keras.
  3. Walaupun kuat dan awet, kayu jati ini mudah dipotong, dengan gergaji tangan sekalipun. Sehingga memperingan beban kerja tukang kayu.
  4. Kayu jati yang sudah kering bersifat stabil, sehingga tidak berubah karena cuaca panas atau hujan.
  5. Kayu jati ini tidak mudah dimakan hama bubuk atau teter

Baca Juga :

Ada beberapa varietas jati yang pertumbuhannya lebih cepat daripada jati lokal, yaitu :
  • Jati solomon
  • Jati unggul
  • Jati super
  • Jati emas
  • Jati biotropika

Pada artikel in akan diuraikan mengenai ciri-ciri jati solomon :

Klasifikasi

Secara taksonomi jati solomon memiliki klasifikasi sebagai berikut :
  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Kelas : Angiospermae
  • Sub-kelas : Dicotyledoneae
  • Ordo : Verbenales
  • Famili : Verbenaceae Genus :
  • Tectona Spesies : Tectona Grandis Linn.

Asal Usul Jati Solomon

Jati yang dikenal dengan juga dengan nama jati jumbo ini sudah dikenal luas oleh para pekebun jati di Pulau Jawa. Asal mulanya klon jati ini dikembangkan di Pulau Solomon, suatu keupulauan yang terletak di sebelah timur Papua Nugini.

Pemuliaan sifat unggul tanaman jati dari Kepulauan Solomon ini dilakukan secara kultur jaringan. Metode kultur jaringan adalah cara memperbanyak tanaman dengan mengambil sedikit bagian dari tanaman untuk ditumbuhkan pada media tertentu.

Seleksi sifat unggul sudah bisa dimulai dari tingkat jaringan, dengan melihat pertumbuhan jaringan yang baik. Jaringan yang tumbuh pada media ini diletakkan pada laboratorium yang steril kemudian akan tumbuh menjadi plantet, yaitu tanaman kecil yang sudah lengkap bagiannya.

Dari laboratorium kemudian tanaman kecil jati ditanam di polybag sampai dengan umur 6 bulan. Setelah cukup kuat kemudian dipindahkan pada lahan percobaan. Penelitian belumlah selesai, dilanjutkan dengan pengamatan dan mencatat pertumbuhan masing-masing individu tanaman.

Nah dari tanaman yang memiliki kecepatan pertumbuhan tinggi dan cepat besar inilah kemudian diambil lagi bagian meristem ujungnya atau bagian pucuk, kemudian ditumbuhkan secara kultur jaringan.

Dari proses yang terus-menerus lalu dihasilkan bibit jati solomon dengan beberapa sifat yang unggul. Beberapa sifat unggul jati solomon adalah :
  1. Ukuran daunnya relatif lebar, tebal dan lebih kuat dibandingkan dengan jati lokal dengan warna hijau muda sampai hijau tua
  2. Pertumbuhan batangnya lurus ke atas
  3. Batang berbentuk bulat, tidak terbelah, ukuran batang lebih besar.
  4. Ketahanan terhadap penyakit seperti busuk akar dan batang relatif lebih kuat.
  5. Pertumbuhan batang lebih cepat, sehingga pada umur 7-12 tahun sudah bisa dipanen.
  6. Cabang bila ada, lebih kuat dan jarang patah.

Dengan sifat-sifat unggul jati solomon inilah maka layaklah jenis ini ditanam sebagai investasi masa depan. Selamat mencoba ya!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Inilah Enam Sifat Unggul Pohon Jati Solomon yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel