Artikel Pilihan

Alat-Alat Bonsai yang Wajib Dimiliki Pemula

Bonsai

Sebagai orang yang baru saja merawat bonsai, anda memerlukan alat-alat bonsai untuk membentuk tanaman bonsai agar lebih bagus. Alat-alat bonsai terdiri dari gunting, tang, kawat, pisau, pemahat, tas peralatan bonsai, dan meja putar. Sebenarnya semua alat bonsai tersebut sama seperti peralatan pada umumnya. Namun, dengan ukuran yang lebih kecil.

Sebenarnya alat-alat bonsai tersebut dapat digantikan dengan peralatan lainnya. gunting, tang, dan pisau dapat digantikan dengan gunting, tang, atau pisau berukuran normal. Kawat dapat digantikan dengan tali. Namun, untuk pemula, lebih baik bila anda menggunakan beberapa peralatan bonsai untuk mengurangi risiko kesalahan perawatan bonsai. 

Alat-Alat Bonsai Wajib untuk Pemula 

1. Gunting Bonsai 

Gunting merupakan salah satu peralatan dari alat-alat bonsai yang wajib dimiliki oleh para pemula. Gunting merupakan salah satu peralatan penting untuk merawat bonsai agar anda dapat menggunting bagian yang sudah rusak dari bonsai. 

Gunting khusus bonsai memiliki bentuk yang lebih kecil dan lebih tajam digunakan khusus untuk menggunting daun dan ranting. Namun, sebagian orang juga menggunakan gunting biasa untuk menggantikan gunting khusus bonsai. 

Gunting biasa bisa saja menggantikan gunting bonsai. Namun, hasilnya kurang memuaskan dan bisa terjadi risiko salah potong. Hanya orang yang benar-benar berpengalaman yang bisa menggunakan gunting normal untuk menggunting salah satu bagian dari tanaman bonsai. 

Kalau anda merupakan seorang pemula, ada baiknya anda menggunakan gunting bonsai untuk memotong bagian tanaman bonsai yang ingin anda buang. Selain menghindarkan dari kesalahan potong, hasilnya juga lebih maksimal. 

2. Kawat Bonsai 

Bagaimana kawat bonsai bisa membantu merawat bonsai agar lebih bagus? Bonsai merupakan satu-satunya alat dari alat-alat bonsai yang berfungsi untuk membentuk lakukan pada tanaman bonsai. 

Anda dapat melilitkan kawat bonsai di bagian batang atau ranting untuk membelokkan arah pertumbuhan tanaman ini. Sebagian orang yang berpengalaman juga sering menggunakan tali untuk menggantikan kawat bonsai. 

Anda bisa saja menggunakan tali, tetapi lakukan yang dihasilkan kurang nyata dan tajam. Hanya orang yang sudah sering membentuk bonsai yang bisa membentuk bonsai hanya dengan tali. 

Lebih baik anda menggunakan kawat bonsai kalau anda memang masih seorang pemula dalam merawat tanaman bonsai. Kalau anda sudah membeli kawat bonsai, jangan lupa juga membeli tang pemotong kawat. Alat ini berfungsi untuk memastikan kalau tidak ada bagian tajam dari sisa potongan kawat bonsai. 

3. Pisau Bonsai 

Pisau bonsai juga merupakan salah satu peralatan bonsai yang wajib dimiliki oleh pemula. Fungsi dari pisau bonsai adalah untuk memotong suatu bagian bonsai yang sudah rusak. Selain itu, pisau bonsai juga bisa digunakan untuk menyingkirkan tanaman parasit. 

Perbedaan pisau bonsai dengan pisau biasa sama seperti alat-alat bonsai lainnya, yaitu memiliki ukuran yang lebih kecil. Namun, ada sedikit perbedaan. Letak perbedaannya ada di detail ketajaman pada bagian mata pisau. 

Mata pisau bonsai dibuat dengan lebih detail untuk memotong ranting dan batang. Anda bisa saja memotong ranting atau daun bonsai menggunakan pisau biasa. Namun, akan sangat sulit untuk mendapatkan hasil yang sempurna. 

Kalau anda masih sangat kaku dalam merawat bonsai, lebih baik anda menggunakan pisau bonsai demi mengurangi risiko kesalahan yang mungkin terjadi kalau anda menggunakan pisau dengan ukuran normal. 

4. Pemahat Bonsai 

Tanaman bonsai juga perlu di pahat agar menambah keindahannya. Tentu saja pemahat bonsai berbeda dengan alat pahat pada umumnya. Kalau alat-alat bonsai lain hanya berbeda pada ukurannya, pemahat bonsai memiliki detail yang sangat berbeda. 

Selain ukuran, kamu bisa melihat perbedaan pemahat bonsai dari detail pahatnya yang memang dibuat khusus untuk mengukir tanaman bonsai. Tanaman bonsai yang rajin dipahat lebih indah dan berpeluang untuk menjadi juara dunia. 

Banyak orang yang mengganti pemahat bonsai dengan alat lain, seperti pemahat normal dan pisau bonsai. Pemahat normal serta pisau bonsai bisa saja digunakan untuk mengukir tanaman bonsai. Namun, sangat sulit untuk menggunakan kedua alat tersebut. 

Sebagai seorang pemula, lebih baik anda menggunakan pemahat bonsai yang berkualitas agar bisa menghasilkan tanaman bonsai dengan nilai seni yang tinggi. Bila sudah berpengalaman, barulah anda boleh menggunakan alat lain untuk menggantikan fungsi pemahat bonsai ini. 

Cara Mencari Alat-Alat Bonsai Berkualitas 

Kawat Bonsai
Sumber: bonsainesia.id
Alat-alat bonsai merupakan benda yang sangat dibutuhkan oleh pemula. Namun, anda juga harus mencari peralatan bonsai yang berkualitas. Kualitas peralatan bonsai juga menentukan keindahan dari tanaman bonsai. 

Ada baiknya anda memperhatikan bahan pembuat alat-alat bonsai sebelum membelinya. Peralatan seperti pisau, tang, dan gunting sebaiknya dibuat dengan bahan stainless steel agar lebih tahan terhadap karat. 

Selain bahan pembuatnya, anda juga harus memperhatikan gagang dari alat-alat bonsai yang disebutkan sebelumnya. Belilah peralatan bonsai dengan gagang yang nyaman dipegang agar anda bisa menggunakannya dengan sempurna. 

Pastikan kalau alat-alat bonsai yang anda beli memiliki gagang yang kuat agar tidak terjadi kerusakan saat menggunakannya. Bukan hanya tanaman bonsai yang rusak, tetapi anda juga bisa terluka. 
Tang Bonsai
Sumber: banggood.com
Setelah mengetahui alat-alat bonsai yang wajib dimiliki oleh pemula, apakah anda sudah membeli peralatan tersebut? Pastikan juga kalau peralatan bonsai yang anda beli itu berkualitas ya.

Belum ada Komentar untuk "Alat-Alat Bonsai yang Wajib Dimiliki Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel