Artikel Pilihan

Deskripsi Tentang Biji Pohon Waru dan Manfaatnya

Ciri Ciri Pohon Waru

Sering melihat pohon waru, apakah Anda tahu bahwa pohon yang biasa dimanfaatkan untuk menentukan ini memiliki biji pohon waru? Sebenarnya cukup wajar jika selama ini Anda tidak pernah melihat pohon waru menghasilkan buah yang mana di dalamnya ada biji.

Mengapa demikian? Sebab pohon baru sendiri adalah pohon yang biasa tumbuh dengan sangat besar dan tinggi. Yang mana padahal buahnya selalu berada di bagian atas.

Supaya wawasan anda tentang pohon waru bertambah, kali ini akan dibahas deskripsi tentang biji dari pohon waru dan apa manfaatnya. Malahan, mungkin saja apa yang selama ini Anda cari ternyata bisa didapatkan dari biji pohon waru




Deskripsi Biji Pohon Waru

Biji pohon waru adalah bagian dari pohon waru yang terletak di dalam buah. Jika buah pohon waru yang anda temui adalah buah yang masih segar alias masih berwarna hijau, maka akan sulit untuk menemukan bijinya. Sebaliknya, jika Anda menemukan buah pohon waru yang warnanya sudah menjadi coklat dan mengering maka Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bijinya.

Pasalnya, saat buah dari pohon waru sudah mengering maka buah tersebut akan terpecah. Pecahnya buah pohon waru karena usia bukan terpecah menjadi berkeping-keping. Melainkan terpecah dari bagian atasnya namun masih menjadi satu kesatuan buah. Jika Anda mengerti bentuk makanan bolu kukus, maka seperti itulah bentuk dari buah pohon waru yang telah mengering.
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: google.com
Saat buah warung mengering, maka buah membuat dan akan terlihat jelas biji-bijinya. Bijinya mulanya berbentuk bulat agak besar warna abu-abu. Namun jika kondisi buahnya ini semakin mengering, bijinya akan mengecil, mengkerut, dan berwarna menjadi coklat tua. Dalam satu buah pohon waru bisa didapatkan banyak sekali biji pohon waru, malahan jumlahnya bisa mencapai ratusan biji.

Manfaat Biji Pohon Waru

Usai sudah deskripsi mengenai biji dari pohon waru. Kini Anda sudah mengerti bagaimana karakteristik dari biji pohon yang dimanfaatkan sebagai perindang dan peneduh. Bicara soal manfaat, sebenarnya tak banyak orang yang mengetahui apa manfaat dari biji ini. Sebab, memang benar adanya manfaat dari bagian pohon waru ini tak sebanyak bagian pohon waru yang lain.

Akar pohon waru bisa dimanfaatkan untuk pengobatan herbal. Batangnya kuat biasa digunakan untuk membuat furniture, perkakas, hingga kayu bakar. Daunnya sangat berguna untuk membuat ramuan herbal, dan bagian-bagian lain selain biji memberikan manfaat yang nampak.
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: lh3.googleusercontent.com
Namun meskipun manfaat dari biji pohon waru ini tak banyak diketahui orang dan tak memberikan manfaat yang nampak, biji ini tetap saja memiliki manfaat. Semua yang diciptakan memiliki manfaat, termasuk juga biji pada pohon waru ini. Satu-satunya manfaat dari biji pohon waru adalah untuk perkembangbiakan pohon ini sendiri.

Baca juga : Bisa Menunjukkan Waktu, Ini Keunikan Bunga Pohon Waru

Dengan biji, pohon waru bisa diperbanyak dan membuat tumbuhan dengan nama latin Hibiscus tiliaceus ini tidak punah. Biji dari pohon waru biasa diburu oleh mereka yang membudidayakan pohon waru, baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk kebutuhan bisnis tanaman.

Biji dari pohon waru yang telah mengering, diambil dan disortir supaya didapatkan biji yang bisa memberikan tanaman yang berkualitas. Cara menyortirnya pun sama dengan cara menyortir biji tumbuhan lain. Yaitu dengan cara merendam semua biji yang didapatkan di air panas, dan mencari biji yang tenggelam.

Biji pohon waru yang tenggelam adalah biji yang dinilai lebih bisa memberikan bibit atau tumbuhan Waru yang lebih tinggi kualitasnya. Sedangkan apabila ada biji yang terapung, maka biji tersebut akan dibuang.




Setelah mendapatkan biji waru dengan kualitas yang baik, barulah proses semai biji bisa dilakukan. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah, terutama untuk Anda yang sudah lama ingin memiliki pohon waru namun kurang setuju mendapatkannya dari bibit yang dijual di pasar tanaman. Benar sekali, Anda bisa menanamnya mulai dari biji, bibit, hingga dipindahkan ke lahan yang sebenarnya.

Biji pohon waru memang dikenal sebagai biji buah yang unik. Tidak bisa dikatakan useless atau tidak bermanfaat, namun juga masih jarang orang yang mengetahui manfaatnya. Karena Anda sudah mengetahui apa manfaatnya, Anda bisa segera mengambil manfaat tersebut.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Deskripsi Tentang Biji Pohon Waru dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel