Artikel Pilihan

Cara Budidaya Pohon Jati Putih (Gmelina arborea)

Selain tanaman jati (Tectona grandis Linn) yang sudah umum kita kenal saat ini ternyata ada jenis jati lain yang memiliki potensi pemanfaatan yang luas. Jati putih yang memiliki nama ilmiah Gmelina arborea, merupakan pohon penghasil kayu yang produktif juga.

ciri ciri pohon jati

Tanaman merupakan pendatang dari negara-negara India, Bangladesh dan Myanmar. Masyarakat di negara tersebut menyebutnya dengan nama Gumadi, gamar atau yemane. Para pedagang Hindu yang datang ke Pulau Jawa pada tahun 1500-an mulai membawa bibit tanaman ini dan menanamnya.

Sifat-sifat Unggul Pohon Jati Putih

Sejak ditanam dalam bentuk bibit, pohon jati putih ini jika berada pada tanah yang tepat akan tumbuh dengan cepat. Pertumbuhan meninggi dan membesarnya diameter batang akan terasa sekali pada umur 1-3 tahun. Dalam waktu sekitar 7-15 tahun sejak ditanam di lahan kayu pohon jati putih ini mulai bisa dipanen. Namun bila akan menunggu lebih lama lagi, pohonnya bisa tumbuh tinggi sampai dengan ketinggian 20 meter untuk yang berumur belasan tahun.

Tekstur kayunya halus, sehingga dilirik oleh perajin furnitur untuk diolah menjadi barang mebel. Karena itu tanaman ini memiliki potensi menjanjikan jika dibudidayakan.
ciri ciri pohon jati
Sumber: google.com
Selain memiliki pertumbuhan yang cepat, pohon jati putih (Gmelina arborea) tahan terhadap serangga yang kerap menjadi hama pada tanaman jati Tectona grandis. Karena tahan terhadap serangan hama ini kayunya relatif utuh ketika dipanen tidak banyak lubang-lubang.

Karena sifat unggul mudah tumbuh dalam waktu cepat dan tahan hama ini membuatnya menonjol dibandingkan membudidayakan pohon berkayu lainnya.

Maka ada baiknya jika Anda membaca artikel ini sampai selesai karena akan mendapatkan informasi mengenai cara budidaya dan pemeliharaan dalam menanam pohon jati putih (Gmelina arborea Roxbn).

Baca Juga :

1. Menyiapkan bibit biji tanaman Jati Putih

Biji yang akan ditanam haruslah dari tanaman yang sudah tua berumur 10 tahun lebih.


2. Persiapan lahan

Pohon jati putih (Gmelina arborea Roxb) kayunya berwarna putih kekuningan dengan kulit berserat halus dan berwarna abu-abu sekilas mirip dengan warna kulit albasia atau sengon laut. Pertumbuhan tanaman ini akan optimal pada ketinggian 0 – 800 m dpl, yang berarti bisa tumbuh dari daerah pantai sampai dengan dataran rendah. Ketinggian suatu lahan bisa dicek dengan alat altimeter.

Profil tanah yang bagus untuk tempat menanam adalah bertekstur tanah lempung (tanah liat), atau lempung berpasir. Tanaman ini juga bisa tumbuh pada tanah liat yang mengandung pasir. Jati cenderung menyukai kondisi tanah yang kering, sehingga harus dihindari menanam jati putih ini pada tanah yang selalu tergenang air.

Genangan air akan memacu pertumbuhan jamur yang bisa menyebabkan busuk akar. Curah hujan yang dibutuhkan untuk tumbuh optimal adalah kisaran 1778 – 2286 m per tahun dan pH tanah cenderung netral atau mendekati 7.

3. Penanaman

Lubang tanam bisa berukuran kurang lebih 30cm dengan kedalaman 30cm, dengan jarak antar lubang tanam sekitar 4 meter. Namn juga tidak dilarang jika akan menanam pada jarak yang lebih rapat, diusahakan tidak kurang dari 2 meter x 2 meter agar tajuknya tidak terlalu rapat. Jika terlalu rapat, kompetesi tanaman satu dengan yang lain dalam mendapatkan sinar matahari akan tinggi.

Penanaman paling ideal adalah pada awal musim penghujan, sehingga meminimalkan matinya tanaman dan lebih hemat dalam menyiram. Kebutuhan awal untuk pohon jati yang baru ditanam cukup banyak, sehingga bila menanamnya di awal musim hujan kita bisa berhemat tenaga dan biaya.

Bibit yang sudah siap tanam dibasahi dahulu dengan air, kemudian polybag disobek dengan hati-hati agar tidak ada akar yang patah. Setelah ditanam, dipasangi ajir dari bambu atau kayu agar bibit pohon jati tumbuh tegak.

4. Pemupukan

Pupuk yang paling baik digunakan adalah pupuk organik seperti pupuk kandang dari kotoran ayam, kotoran sapi atau kambing.Kebutuhan pupuk idealnya adala 3 ton untuk luasan 1 hektar.


5. Pemeliharaan

Lahan tempat penanaman jati perlu dicek agar tidak tergenang air selama musim hujan. Genangan air bisa menyebabkan penyakit busuk akar dan batang.

Perempelan daun dan cabang pohon dilakukan semenjak pohon masik kecil, hal ini dilakukan agar pohon jati tumbuh lurus tidak bercabang. Pupuk organik bisa diberikan setiap tahun, dengan jumlah seperti saat awal menanam.

Pada dasarkan teknik menanam dan pemeliharaan jati putih ini tidak berbeda jauh dengan tanaman berkayu lainnya, seperti pada jati lokal.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Pohon Jati Putih (Gmelina arborea)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel