Artikel Pilihan

Aneka Jenis Pupuk Organik untuk Pohon Tabebuya

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika menanam pohon tabebuya di pekarangan rumah. Selain berfungsi untuk membuat rumah terkesan alami, tabebuya juga bisa membantu memurnikan udara, menyaring debu dan kotoran, serta mengurangi tingkat stres karena memiliki bunga yang sangat indah.

Namun, agar tabebuya tetap bisa memberikan semua manfaat tersebut, Anda perlu merawatnya agar tumbuh subur dan berfungsi optimal. Seperti halnya manusia, tanaman juga punya penyakit. Mulai dari hama hingga jamur. Masalah paling sering muncul adalah kesuburan tanaman itu sendiri, apalagi tanaman yang ditanam di dalam pot.

Baca juga : Ingin Menanam Pohon Tabebuya? Kenali Dulu Jenis-jenisnya

Perlu Anda ketahui, tanaman yang ditanam di dalam pot jauh lebih membutuhkan perhatian ketimbang tanaman besar yang langsung di tanam di tanah. Tanaman yang berada di pekarangan rumah bisa mencari sumber makanan sendiri, meski tetap harus disiram. Sementara tanaman pot hanya memiliki area terbatas untuk mencari sumber pangan. Apabila konsumsi makanannya berkurang, sudah pasti kesuburan tanaman tersebut pun akan berkurang pula.




7 Jenis Pupuk Organik yang Bisa Ditemukan di Rumah

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: quora.com
Demi menjaga kesuburan pohon tabebuya, Anda perlu rutin menyiramnya setiap hari dan memberi pupuk. Apalagi pupuk organik yang memang dinilai jauh lebih aman. Pupuk organik ini juga tidak sulit didapatkan karena hampir semuanya bisa Anda temukan di rumah. Penasaran apa saja? Simak ulasanya berikut ini :

1. Agar-agar

Siapa sangka, makanan yang selama ini dikonsumsi sebagai makanan berserat untuk menjaga sistem pencernaan, justru berguna untuk menyuburkan tabebuya, lho. Anda hanya memerlukan beberapa bahan sederhana untuk membuat pupuk organik satu ini. Di antaranya air panas, air dingin, dan tentu saja serbuk agar-agar.

Caranya, ambil 1 – 2 sendok makan serbuk agar-agar, kemudian larutkan ke dalam segelas air panas. Setelah benar-benar larut, tambahkan sedikit demi sedikit air dingin sebanyak 3 gelas dan aduk sampai tercampur rata. Setelah larutan siap, siramkan pada tabebuya yang telah Anda tanam di pekarangan.

Apabila Anda memberikan larutan ini secara rutin selama seminggu sekali, maka pohon tabebuya bakal tumbuh semakin subur, rimbun, hijau, dan berbunga lebat.

2. Air rebusan pasta

Daripada terbuang begitu saja, sebaiknya Anda menggunakan air bekas rebusan pasta untuk dijadikan pupuk organik. Caranya, cukup dinginkan saja air tersebut sebelum disiram ke tanaman. Ketahuilah, pati yang terkandung di dalamnya dipercaya ampuh untuk dijadikan pupuk alami sehingga membuat tanaman tumbuh subur.

3. Ampas teh

Apabila Anda penggemar teh, maka sebaiknya jangan langsung membuang sisa-sisa ampas teh tersebut. Ketimbang terbuang sia-sia, lebih baik Anda manfaatkan ampas teh tadi untuk menyuburkan bibit pohon tabebuya yang masih ada di dalam pot, misalnya.

Baca juga : Selain Cantik, Pohon Tabebuya Memiliki Beragam Manfaat

Caranya, sebarkan saja ampas teh tadi di sekitar akan tanaman sambil agak dibenamkan ke dalam tanah. Jika Anda menggunakan teh celup, alangkah baiknya jika kertas yang membungkus ampas teh dibuka terlebih dulu.

4. Cangkang telur

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: ghtvhome.sndimg.com
Anda pasti terbiasa membuang cangkang telur tepat setelah menggoreng isinya. Daripada dijadikan sampah, lebih baik hancurkan cangkang tersebut, lalu sebarkan di sekitar pohon tabebuya dan tanaman lainnya. Hal ini dinilai efektif karena akan membuat hama tanaman, seperti siput dan nematoda malas datang karena takut tubuhnya terluka oleh cangkang telur.

5. Kulit bawang

Bahan satu ini pasti mudah Anda temukan di dapur. Ternyata, kulit bawang merah dan bawang putih juga bisa dijadikan pupuk organik yang berfungsi untuk menyuburkan pohon tabebuya. Caranya, kumpulkan sisa kupasan kulit bawang merah ataupun putih.

Kemudian, rendam kulit-kulit tersebut di dalam air secukupnya selama semalaman. Esok harinya, siramkan air tersebut ke pohon tabebuya serta kulit bawangnya. Lakukan terus secara rutin dan Anda bisa segera melihat hasilnya yang sangat memuaskan.

6. Kulit pisang

Apabila pohon tabebuya yang Anda tanam tampak layu atau bahkan bunganya tak kunjung mekar, maka cara berikut ini bisa dijadikan alternatif yang pas untuk dicoba. Anda cukup mengambil kulit pisang dan simpan selama beberapa hari. Setelah tampak kecoklatan dan kering, tumbuk kulit pisang tersebut hingga lembut. Kemudian, taburkan tiap pagi dan sore pada pohon tabebuya Anda.

7. Penyedap rasa





Demi menambah cita rasa makanan yang dimasak, banyak orang menggunakan penyedap makanan atau vetsin. Namun ternyata, penyedap makanan ini memiliki fungsi lain, yaitu sebagai penyubur tanaman, termasuk pohon tabebuya. Caranya, taburkan saja vetsin secukupnya ke permukaan media tanam dan siram dengan air bersih sedikit demi sedikit sampai benar-benar meresap.

Ulangi metode ini setiap lima hari atau satu minggu sekali untuk hasil yang optimal. Percayalah, jika dilakukan dengan rutin, pohon tabebuya Anda akan tumbuh subur dan bunganya pun akan terlihat semakin indah. Bagaimana? Mudah bukan cara membuat pupuk organik sendiri? Jadi, selamat mencoba ya!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Aneka Jenis Pupuk Organik untuk Pohon Tabebuya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel