Artikel Pilihan

Pohon Bidara Hanya Butuh Sedikit Unsur Hara Berikut Ini

Pohon Bidara

Salah satu kebutuhan pohon bidara agar bisa tumbuh subur dan lebat adalah unsur hara. Setidaknya, pohon bidara membutuhkan sembilan unsur hara makro, yaitu unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah yang banyak. Kesembilan unsur tersebut adalah oksigen, hidrogen, nitrogen, karbon, kalium, kalsium, magnesium, sulfur, dan phosphor.

Selain unsur hara makro, pohon bidara juga membutuhkan unsur hara mikro. Kebalikan dari unsur hara makro, unsur hara mikro adalah unsur hara yang hanya dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang sedikit. Terlalu banyak memberi unsur hara mikro justru bisa membuat tanaman bidara jadi keracunan. Karena itu, anda harus tahu apa saja unsur hara mikro tersebut. 

Unsur Hara Mikro Untuk Pohon Bidara 

1. Besi 

Unsur hara mikro pertama yang tidak boleh terlalu banyak diberikan kepada pohon bidara atau tanaman lainnya adalah besi. Unsur yang berlambang Fe ini berperan untuk memperlancar proses pernapasan tanaman. Selain itu, besi juga membantu pembentukan zat klorofil pada daun bidara. 

Pohon bidara yang kekurangan unsur ini akan memiliki daun yang kekuningan dan kering. Tidak lama kemudian, daun akan gugur dan akhirnya tanaman mati. Namun, kelebihan unsur besi bagi tanaman juga tidak baik karena tanaman bisa keracunan dan daun bidara menguning. 

2. Mangan 

Unsur hara mikro selanjutnya adalah mangan. Unsur hara yang satu ini juga berfungsi untuk mempercepat proses pernapasan pada pohon bidara serta memperlancar proses penyerapan air. 

Proses pernapasan dan penyerapan air yang lebih cepat membantu pembentukan enzim yang lebih baik. Pertumbuhan pohon bidara akan menjadi lambat kalau kekurangan unsur dengan lambang Mn ini. 

Daun bidara juga akan berubah menjadi kuning serta cepat gugur. Mangan tetap dibutuhkan pohon bidara, meski dalam jumlah yang sedikit. 

3. Tembaga 

Unsur tembaga atau Cu memiliki peran yang hampir sama seperti unsur besi dan mangan. Fungsi tembaga bagi pohon bidara adalah mempercepat proses pembentukan klorofil atau zat hijau daun. Fungsi lainnya adalah membentuk enzim yang memperkuat batang kayu bidara. 

Karena hanya unsur hara mikro dan dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang sedikit, anda tidak boleh memberikannya terlalu banyak. Pohon bidara yang terlalu banyak memiliki unsur tembaga bisa menyebabkan ujung daun cepat rusak. Selain itu, pertumbuhan juga menjadi lambat. 

4. Klor 

Klor merupakan unsur hara yang sangat berperan bagi tanaman yang biasa hidup di tanah yang kering, seperti tembakau, kapas, kentang, dan pohon bidara. Unsur yang memiliki lambang Cl ini akan meningkatkan hasil dari buah bidara. 

Tumbuhan yang kekurangan unsur klor akan memiliki daun yang keriput serta pertumbuhan buah yang melambat. Namun, pohon bidara juga tidak terlalu membutuhkan unsur yang satu ini terlalu banyak. 

5. Boron 

Unsur hara yang berlambang B ini juga memiliki peran yang penting bagi pohon bidara, meski hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Boron bertugas untuk mengangkut karbohidrat ke dalam tumbuhan. 

Selain itu, unsur yang satu ini juga membantu hampir seluruh bagian pohon menjadi lebih berkualitas dan membantu pembentukan buah bidara. Kekurangan unsur boron bisa membuat daun menjadi cepat layu dan mati. 

Kalau anda baru menanam bibit pohon bidara dan kekurangan unsur ini, akar tidak akan tumbuh. Kelebihan unsur boron bagi pohon yang satu ini juga tidak baik karena bisa menyebabkan keracunan. 

6. Molibdenum 

Molibdenum merupakan unsur hara mikro dengan lambang Mo yang berfungsi untuk membantu pemenuhan salah satu unsur hara makro, yaitu nitrogen. Unsur Mo ini bertugas untuk mengikat unsur nitrogen dan memasukkannya ke dalam tubuh pohon bidara. 

Karena bertugas mengikat nitrogen, unsur yang satu ini juga membantu membentuk enzim nitrogenase yang bisa mempercepat proses pernapasan pohon bidara. 

Daun bidara akan berubah warna, kering, dan keriput kalau kekurangan unsur yang satu ini. Pertumbuhan batang juga akan berhenti dan tidak lama kemudian tumbuhan akan mati. 

Kelebihan Molibdenum juga tidak baik karena secara otomatis membuat pohon bidara kelebihan nitrogen. Kebanyakan unsur nitrogen membuat buah bidara jadi lemah dan mudah busuk. 

Kelebihan unsur hidrogen juga menyebabkan pertumbuhan buah bidara jadi lama. Selain itu, tanah juga bisa menjadi asam hingga tidak baik bagi pohon bidara karena tanah yang asam mengambil semua unsur hara yang penting untuk tanaman yang satu ini. 

Cara Agar Pohon Bidara Tidak Kelebihan Unsur Hara Mikro 

Pohon Bidara
Sumber: alamendah.org
Setelah mengetahui unsur hara mikro tidak boleh terlalu banyak, anda pasti mencari cara agar unsur tersebut dalam takaran yang pas untuk pohon bidara. Sebenarnya cara untuk memastikan hal ini cukup gampang. 

Biarkan saja unsur hara mikro tersebut tidak diberikan melalui pupuk atau proses lainnya karena biasanya, unsur hara mikro sudah terdapat di dalam tanah. 

Kalau pohon bidara menunjukkan tanda-tanda kekurangan unsur hara mikro, barulah anda memberikan pupuk khusus yang mengandung unsur hara mikro yang kurang tersebut. 

Lebih baik anda fokus memperhatikan unsur hara makro karena unsur ini sangat penting bagi pertumbuhan pohon bidara. 
Pohon Bidara
Sumber: haibunda.com
Apakah anda sudah telanjur memberikan unsur hara mikro terlalu banyak untuk pohon bidara? Kalau begitu, berhenti memberikan unsur hara mikro dan mulai fokus pada unsur hara makro, ya. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Pohon Bidara Hanya Butuh Sedikit Unsur Hara Berikut Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel