Artikel Pilihan

Kenapa Tanah Basa Tidak Baik Bagi Pohon Bidara?

Pohon Bidara

Pohon bidara merupakan salah satu tanaman yang paling mudah dirawat. Karena pohon bidara biasa tinggal di daerah yang panas dengan curah hujan yang rendah dan mampu hidup hingga ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut, anda tidak perlu terlalu sering menyiram tanaman yang satu ini atau memberikan pupuk setiap hari.

Meski termasuk dalam tanaman yang mudah dirawat, anda tetap harus memperhatikan kebutuhan pohon bidara. Salah satu kebutuhan bagi tanaman dengan nama latin Ziziphus mauritiana ini adalah tanah yang bagus. Anda pasti sudah tahu kenapa tanah yang asam tidak baik bagi tumbuhan. Namun, tanah yang basa juga tidak baik bagi tanaman ini. 

Alasan Tanah Basa Tidak Baik Untuk Pohon Bidara 

Pohon Bidara
Sumber: dasaguru.com

1. Tanah yang Menghantarkan Listrik 

Salah satu kejelekan tanah yang basa adalah bisa menghantarkan listrik jika anda memberikannya air. Kalau anda ingin mengetahui sifat basa dalam tanaman, coba ambil sebagian tanah tersebut dan masukkan ke dalam ember yang berisi air. 

Periksa aliran listrik dengan test pen. Kalau alat tersebut menyala, artinya tanah tersebut menghantarkan listrik. Kalau tidak memiliki test pen, anda bisa mencobanya dengan tangan. 

Tanah basa memang hanya menghantarkan listrik ketika ada air mengalir. Namun, anda harus menyiram pohon bidara meski tidak rutin. Kalau hal ini terus terjadi, pohon bidara bisa menghitam dan malah terbakar. 

2. Licin 

Satu lagi alasan kenapa tanah yang bersifat basa tidak baik untuk pohon bidara, yaitu tanah yang memiliki pH di atas 7 ini sangat licin. Tanah yang licin memang tidak baik untuk ditanami tumbuhan. 

Kenapa tanah yang licin tidak bagus bagi pohon yang satu ini? Alasannya karena tanah yang licin selalu membuat tanaman menjadi lembap. Tanaman yang lembap justru berisiko ditumbuhi jamur. 

Kalau jamur sudah tumbuh di seluruh bagian pohon bidara, kualitas pohon ini akan jadi jelek. Tumbuhan parasit ini akan memakan semua nutrisi yang harusnya diberikan kepada bidara. 

Pupuk yang anda berikan untuk menambah nutrisi pohon bidara justru akan diserap oleh jamur sehingga tidak akan efektif. Kalau sudah begini, tumbuhan bidara akan cepat kering dan layu.

Selain itu, jamur juga akan menular ke tanaman yang lainnya di sekitar pohon bidara. Jika anda menanam tanaman yang sudah ditumbuhi jamur ini di sekitar rumah, bukan tidak mungkin rumah anda juga akan diserang jamur. 

Bila rumah anda sudah berjamur, kualitas udara di sekitar rumah dan pohon bidara juga akan jadi lembap hingga akhirnya membawa banyak penyakit. 

3. Mengambil Unsur Hara 

Seperti yang sudah dijelaksan sebelumnya kalau tanah yang basa membuat tanaman lembap hingga menghasilkan jamur yang menyerap nutrisi bagi pohon bidara. Namun, ada hal lain yang bisa mengambil nutrisi tersebut. 

Tanah yang basa itu sendiri yang dapat menyerap unsur hara yang dibutuhkan selain jamur yang tumbuh di sekitar tanaman. Unsur hara, seperti kalium dan kalsium yang seharusnya terdapat di dalam tanah malah tidak ada. 

Selain itu, unsur seperti oksigen dan nitrogen yang didapatkan pohon bidara dari udara juga diambil oleh tanah tersebut. Kalau anda mencoba menambah unsur tersebut dengan memberikan pupuk, hasilnya juga tidak efektif karena unsur hara dari pupuk juga akan diserap oleh tanah yang basa. 

Tumbuhan yang kekurangan unsur hara, baik itu makro ataupun mikro akan cepat layu hingga akhirnya mati. Masih beruntung kalau pohon bidara yang anda tanam di tanah yang basa masih bisa tumbuh. 

4. Mengurangi Zat Besi, Tembaga, Seng, dan Boron 

Kekurangan tanah yang basa untuk pohon bidara yang selanjutnya adalah mengurangi zat besi, tembaga, seng, dan boron. Keempat zat tersebut dibutuhkan tanaman untuk membantu proses pernapasan dan pembentukan enzim yang berfungsi untuk memperkuat tanaman. 

5. Memperlambat Penyerapan 

Selain menyerap semua unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, tanah yang basa juga memperlambat ketika pohon bidara ingin menyerap unsur hara tersebut sehingga pohon ini benar-benar tidak mendapatkan nutrisi. 

Ketika pohon bidara membutuhkan waktu yang lama untuk menyerap nutrisi dari unsur hara yang tersedia, tanah ini akan segara menyerap unsur hara tersebut duluan. Tanaman akan cepat kering, layu, daunnya berguguran, tidak berbuah, hingga akhirnya pertumbuhannya terhenti. 

Mengatasi Tanah yang Basa Untuk Pohon Bidara 

Meski anda mengetahui dampak buruk yang ditimbulkan tanah yang basa untuk pohon bidara, hal terpenting yang harus anda lakukan adalah menetralkan tanah tersebut secepat mungkin. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan. 

Pertama, gunakan bubuk belerang karena bubuk yang satu ini bersifat asam sehingga bisa menurunkan pH pada tanah. Selain itu, unsur belerang memang dibutuhkan oleh pohon bidara untuk meningkatkan kualitas daun dan buah bidara. 

Selanjutnya, anda juga bisa menggunakan ampas kopi atau teh. Kedua ampas minuman tersebut mengandung asam. Namun, dalam jumlah yang sedikit sehingga anda juga harus bersabar menunggu pH tanah menjadi netral kalau menggunakan cara yang satu ini. 
Pohon Bidara
Sumber: bintangtimur.net
Itulah alasan kenapa anda tidak boleh menanam pohon bidara atau tanaman lain di tanah yang basa. Kalau sudah telanjur menanamnya, cepat lakukan tindakan yang tepat untuk menetralkan tanah ya.

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Tanah Basa Tidak Baik Bagi Pohon Bidara?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel