Artikel Pilihan

Persebaran Pohon Bidara di Beberapa Daerah

Pohon Bidara

Salah satu tanaman yang paling terkenal memiliki banyak manfaat adalah pohon bidara. Banyak sekali penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan khasiat dari pohon bidara. Daun dan buah bidara bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit pencernaan, hingga mencegah pertumbuhan sel kanker.

Pohon bidara juga sangat mudah ditanam dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk berbuah. Paling lama, buah bidara akan berbuah 2 tahun sejak ditanam. Sekali berbuah, buahnya akan terus panen. Buah bidara mengandung berbagai vitamin, antioksidan, dan beta karoten yang berguna mengobati berbagai penyakit kardiovaskuler. 

Persebaran Pohon Bidara 

Manfaat pohon bidara sangat banyak. Namun, dimana anda bisa menemukan tanaman ini? Umumnya tanaman ini tersebar di beberapa daerah, biasanya terdapat di luar negeri. 

1. Daerah kering 

Pohon bidara akan tumbuh dengan baik bila terdapat di daerah yang kering dengan musim panas yang panjang. Tanaman yang satu ini lebih baik jika terkena cahaya matahari yang terik. 

Biasanya pohon bidara banyak ditemukan di Mesir, Bangladesh, Aljazair, Tunisia, dan beberapa daerah dengan suhu yang tinggi lainnya. 

Terbiasa hidup di daerah yang kering membuat pohon bidara tidak perlu disiram setiap hari. Ini bisa menjadi kelebihan bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk menanam tumbuhan. 

Selain itu, pohon yang satu ini juga tidak perlu diberikan pupuk setiap hari. Tanpa pupuk dan air yang rutin, tanaman ini tetap bisa tumbuh dengan baik. Cocok bagi anda yang ingin menanam tanaman, tapi malas merawatnya. 

2. Curah Hujan Ringan 

Tempat yang kering saja tidak cukup menjadi tempat tumbuhnya pohon bidara. Selain kering, tanaman yang satu ini juga memerlukan air untuk pertumbuhan rantingnya. Anda juga bisa mencari pohon ini di tempat dengan curah hujan yang ringan. 

Beberapa daerah dengan curah hujan yang menjadi tempat nyaman bagi pohon bidara adalah Vietnam, Malaysia, Thailand, China, dan beberapa daerah di Indonesia. 

Kalau anda ingin menanam tanaman ini. Namun, takut tanaman ini tidak bisa tumbuh dengan subur kalau jarang disiram. Anda bisa melihat kalau curah hujan yang sedikit sudah cukup untuk membuat pohon ini tumbuh dengan subur dan rindang. 

Anda tidak perlu menyiram atau memberikan pupuk setiap hari. Pohon bidara akan tetap tumbuh dengan tinggi. Meski memang memberi air dan pupuk yang cukup akan menambah kualitas dari buahnya. 

Pohon bidara akan semakin berkembang jika tumbuh di daerah dengan curah hujan sekitar 300 mm sampai 500 mm setiap tahunnya. 

3. Ketentuan Ketinggian 

Ada beberapa tanaman yang bisa tumbuh di dataran yang tinggi dan ada yang langsung mati bila terlalu tinggi dari permukaan laut. Beberapa tanaman yang bisa tumbuh di dataran tinggi dengan baik adalah kopi, strawberry, wortel, apel, kubis, kentang, dan pinus. 

Bunga anggrek, pisang, leci, jeruk, mawar, jambu, dan nanas adalah beberapa tumbuhan yang hanya bisa tumbuh di dataran rendah. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan lebih baik bila berada di dekat sumber air, seperti pantai, danau, atau sungai. 

Bagaimana dengan pohon bidara? Tanaman yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut. Namun, semakin tinggi permukaan tanahnya, pertumbuhan dari tanaman ini kurang maksimal. 

4. Daerah Pertumbuhan 

Pohon bidara tumbuh di banyak daerah, seperti Tunisia, Mesir, Libya, Uganda, Aljazair, India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Afganistan, Kenya, Australia, Malaysia, Vietnam, Hong Kong, Thailand, dan Indonesia. 

Hampir seluruh negara tersebut memiliki iklim yang lumayan panas. Namun, dari manakah asal pertama pohon bidara? Tanaman ini dipercaya pertama kali ditemukan di Asia Tengah sebelum menyebar ke beberapa daerah dari negara yang telah disebutkan sebelumnya. 

Proses Menanam Pohon Bidara 

Pohon Bidara
Sumber: dakta.com
Selain tumbuh di mana saja dan mudah dirawat, proses menanam pohon bidara juga sangat mudah dibandingkan tanaman lainnya. Anda hanya perlu menyiapkan bawang merah, air, ember, tisu, pot, tanah dan bibit bidara. 

Pastikan kalau bibit bidara yang anda miliki telah dilepaskan cangkangnya. Kalau belum, anda bisa melepaskan cangkangnya terlebih dahulu. Bibit bidara didapatkan dari biji yang berasal dari buah bidara. Cangkang halus masih menempel di biji tersebut sehingga anda harus melepaskannya dulu baru bisa mendapatkan bibitnya. 

Kalau sudah memastikan cangkangnya terlepas dari bibitnya, rendam bibit tersebut dengan bawang merah di ember yang berisi air. Biarkan selama semalaman atau kurang lebih selama 12 jam. Proses ini bisa membuat pohon bidara tumbuh lebih subur nantinya. 

Angkat bibit bidara yang telah direndam selama 12 jam. Siapkan tisu yang telah dibasahi dengan air. Letakkan bibit bidara di atas tisu dan timpa dengan tisu basah lainnya. Biarkan posisinya terus seperti itu selama 4 sampai 7 hari. Bila sukses, akan tumbuh akar dari bibit tersebut. 

Proses terakhir, pindahkan bibit yang telah tumbuh akar tersebut ke dalam tanah yang telah disiapkan di pot sebelumnya. Pastikan kalau anda meletakkan akarnya di bagian bawah tanah. 
Pohon Bidara
Sumber: idntimes.com
Apakah anda ingin mencari pohon bidara di beberapa yang telah disebutkan sebelumnya? Kalau anda ingin menanamnya, tidak perlu mencarinya jauh-jauh karena toko tanaman juga sudah banyak yang menjual bibitnya.

Belum ada Komentar untuk "Persebaran Pohon Bidara di Beberapa Daerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel