Artikel Pilihan

Keunggulan Pohon Bidara Dibandingkan Tanaman Lainnya

Pohon Bidara

Pohon bidara merupakan tanaman dengan nama latin Ziziphus Mauritiana yang tumbuh di daerah yang kering, seperti Mesir, Aljazair, dan Libya. Ada lima jenis pohon bidara, yaitu bidara upas, bidara cina, bidara arab, bidara laut, dan bidara apel india. Semua jenis bidara tersebut memiliki ciri-ciri yang hampir mirip.

Di Indonesia, kamu bisa melihat banyak pohon bidara yang ditanam di pekarangan rumah. Kenapa begitu banyak orang yang menanam tanaman ini? Jawabannya adalah karena tanaman yang berbuah ini memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh tanaman lain. Untuk pertimbangan, anda juga harus mengetahui keunggulan dari tanaman yang satu ini. 

Keunggulan Pohon Bidara 

1. Mudah Ditanam 

Keunggulan pertama dari pohon bidara bisa dilihat dari kemudahan menanamnya. Dibanding tanaman lain yang harus menggunakan berbagai metode, pohon yang satu ini termasuk mudah untuk ditanam. 

Anda hanya perlu menyiapkan bibit bidara yang telah dikupas cangkangnya. Rendam dengan bawang merah selama 12 jam, lalu ambil bibit tersebut bila sudah waktunya. Timpa dengan tisu basah selama 4 sampai 7 hari hingga muncul akarnya. Kalau sudah, anda bisa memindahkannya ke tanah. 

Untuk menanam pohon bidara, anda hanya memerlukan waktu sekitar seminggu hingga akhirnya bisa tumbuh. Coba bandingkan dengan beberapa tanaman lain yang membutuhkan waktu penanaman lebih lama. 

2. Bisa Mengobati Berbagai Penyakit 

Salah satu keunggulan yang paling banyak dicari oleh orang dari pohon bidara adalah manfaatnya untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga berat. Daun bidara dipercaya bisa mengatasi masalah kecantikan, pencernaan, diabetes, hingga hipertensi. 

Buah bidara juga tidak kalah bermanfaat. Penyakit seperti mencegah sel kanker, mengatasi insomnia, depresi, dan mengatasi diabetes. Penyakit ini bisa disembuhkan karena daun dan bibit bidara mengandung antioksidan, beta karoten, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A, B, C, dan E yang tinggi. 

Cara menggunakannya juga gampang, anda bisa merebus daun atau buahnya dan meminum air hasil rebusannya. Selain itu, anda juga bisa menumbuknya hingga menjadi halus baru dioleskan ke bagian muka atau dimakan. 

3. Mengusir Jin dan Setan 

Keunggulan pohon bidara lainnya yang jarang dimiliki oleh tanaman lainnya adalah kemampuan untuk mengusir jin dan setan. Memang terdengar tidak masuk akal. Namun, inilah kemampuan yang dipercaya oleh masyarakat dari tanaman ini. 

Daun bidara sering dicari ketika ada proses ruqyah. Para ulama juga menyarankan menggunakan tanaman ini ketika proses pengusiran makhluk halus dilaksanakan. Selain untuk proses ruqyah, daun bidara bisa mengusir jin dan setan yang telah menempati rumah kosong. Daun bidara juga bisa menolak segala bahaya yang disebabkan oleh ilmu hitam. 

4. Panen Setiap Saat 

Pohon bidara memang memiliki banyak manfaat, tetapi bagaimana kalau buah dan daunnya habis? Anda tidak perlu panik karena tanaman ini panen setiap saat, tidak seperti buah lain yang harus menunggu musimnya. 

Kalau anda sangat menyukai buah bidara, anda tidak perlu panik ketika buah dari pohon yang anda tanam telah habis. Tidak lama lagi, buah tersebut akan kembali tumbuh dan siap untuk anda konsumsi kembali. 

5. Mudah Dirawat 

Ada banyak tanaman yang sangat sulit dirawat. Beberapa tanaman harus disiram dan diberikan pupuk secara rutin. Tidak seperti tanaman itu, pohon bidara lebih mudah dirawat. 

Karena habitat aslinya adalah daerah yang kering, pohon ini akan tahan bila tidak disiram selama satu atau dua hari. Anda juga tidak perlu memberikannya pupuk setiap hari. Pohon bidara tetap bisa tumbuh dengan lebat, meski jarang diberikan pupuk. 

Namun, untuk mendapatkan hasil buah yang lebih berkualitas dan segar, ada baiknya anda rajin menyiram dan memberikan pupuk tanaman ini setiap hari. Pohon bidara yang rajin disiram dan diberikan pupuk juga tumbuh lebih tinggi dan rindang. 

Ciri-Ciri Pohon Bidara 

Pohon Bidara
Sumber: sehatq.com
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau pohon bidara ada 5 jenis, yaitu bidara upas, bidara laut, bidara apel india, bidara cina, dan bidara arab. Setiap jenis tersebut juga memiliki ciri-ciri yang berbeda meski tidak terlalu terlihat. 

Pohon bidara upas memiliki daun yang berbentuk lebar dan terlihat seperti hati, begitu juga dengan daun bidara arab. Bidara cina memiliki bentuk daun yang lonjong dan bergerigi. Hampir mirip dengan bidara cina, daun bidara laut berbentuk oval dan agak memanjang. Daun bidara apel india juga hampir mirip dengan daun bidara cina dan bidara laut, tetapi bentuknya agak menekuk ke dalam. 

Kelima jenis pohon bidara itu juga memiliki bentuk buah yang berbeda. Buah bidara arab bentuknya sedikit bulat dan berwarna hijau. Begitu juga dengan bidara laut. Namun, dengan warna yang agak kekuningan. 

Buah bidara cina terlihat seperti apel merah dengan ukuran yang lebih kecil. Bidara upas bentuknya bulat sempurna dengan warna hijau. Sedangkan buah bidara apel india sangat mirip dengan buah apel hijau. Namun, ukurannya lebih kecil. Itulah mengapa namanya bidara apel india. 
Pohon Bidara
Sumber: pospapua.com
Keunggulan-keunggulan dari pohon bidara yang sudah diperlihatkan di atas seharusnya mampu membuat anda semakin tertarik untuk menanam pohon bidara, bukan? Selamat mencoba ya!

Belum ada Komentar untuk "Keunggulan Pohon Bidara Dibandingkan Tanaman Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel