Artikel Pilihan

Cara Menggunakan Alat-Alat Bonsai Agar Lebih Maksimal

Apakah anda memiliki tanaman bonsai beserta dengan alat-alat bonsai? Kalau belum memilikinya, anda harus segera membeli alat-alat bonsai.

Peralatan bonsai ini akan sangat membantu anda dalam merawat dan memperindah bonsai. Sebenarnya peralatan tersebut hampir sama seperti peralatan pada umumnya. Namun, dengan ukuran yang lebih kecil.

Meski bisa membantu, tetapi memiliki alat-alat bonsai tidak langsung membuat tanaman bonsai anda menjadi bagus. Perlu keahlian dari penggunanya agar bisa menggunakan alat-alat bonsai tersebut dengan maksimal.

Jika anda belum mengetahui cara menggunakan peralatan bonsai tersebut dengan maksimal, maka perhatikan terus artikel ini. 

Menggunakan Alat-Alat Bonsai Lebih Maksimal 

Kawat Bonsai
Sumber: bennisobekti.com

1. Tang Pemotong 

Ada dua jenis tang yang digunakan untuk bonsai, yaitu tang pemotong kawat dan pemotong ranting. Bentuk kedua tang tersebut sama seperti tang pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran serta detail ketajaman pada tang. 

Tang pemotong kawat difungsikan agar tidak ada bagian tajam pada kawat yang terpotong, sedangkan tang pemotong ranting dimaksudkan agar tidak ada sisa ranting yang masih menempel pada batang utamanya. 

Jika ingin menggunakan kedua jenis tang ini, pastikan pegangannya aman dan tidak licin. Pegangan yang meleset bisa membuat anda cedera dan bonsai menjadi rusak. Untuk tang pemotong ranting, pastikan anda memotong pada bagian ujung ranting. Anda juga harus memastikan kedua tang itu tajam agar hasil potongan lebih maksimal. 

2. Gunting Bonsai 

Gunting bonsai juga memiliki fungsi yang sama seperti tang pemotong. Bedanya hanya pada benda yang dipotong. Kalau tang pemotong ranting berguna untuk memotong ranting yang kuat, sedangkan gunting bonsai memotong daun serta ranting yang lebih lembut. 

Agar lebih maksimal menggunakan gunting bonsai, anda harus memastikan kalau gunting ini tajam dan pegangannya aman. Kalau sudah pasti aman dan tajam, letakkan jari anda di pegangannya dan mulai memotong. Hanya potong menggunakan bagian ujung dari gunting saja agar meminimalkan risiko salah potong dan kerusakan. 

3. Pisau Bonsai 

Kegunaan pisau bonsai sama seperti alat-alat bonsai yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu untuk memotong. Pisau bonsai juga seperti pisau pada umumnya dengan ukuran yang lebih kecil dan tajam. Kalau anda ingin menggunakan pisau bonsai, pastikan kalau mata pisau masih tajam. 

Pastikan juga kalau anda nyaman menggenggam gagangnya. Kedua cara ini akan memastikan kalau anda bisa memakai pisau bonsai dengan maksimal. 

4. Pemahat Bonsai 

Alat-alat bonsai yang sebelumnya hanya untuk memotong, sedangkan pemahat bonsai berfungsi untuk memperindah tampilan bonsai. Semua bonsai yang telah menjadi juara dunia pasti pernah dipahat. 

Kalau anda juga ingin menggunakan alat ini, pastikan kalau mata pahat tidak berkarat. Anda harus menggenggam gagangnya dengan kuat, jadi pastikan kalau gagangnya aman untuk digunakan. 

Agar hasilnya lebih maksimal, pastikan kalau posisi mata pahat dengan batang bonsai semiring 30 derajat. Karena ukuran pahatnya yang lebih kecil, cukup genggam dengan dua jari. 

5. Penggaruk Tanah 

Jangan hanya terfokus pada tanamannya saja sampai anda lupa pada media tanam. Tanah yang jarang dirawat bisa menumpuk dan menumbuhkan tanaman parasit. Tentu saja kedua hal tersebut akan membuat nilai seni pada bonsai anda jadi berkurang. 

Alat-alat bonsai yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah penggaruk tanah. Untuk menggunakan penggaruk tanah dengan maksimal, pastikan anda memilih penggaruk tanah yang kuat. 

Genggam penggaruk tanah tersebut dengan seluruh kepalan tangan. Tancapkan bagian tajamnya ke tanah sehingga masuk sebagian. Jangan menusuk terlalu keras karena malah akan membuat semua tanah terangkat. 

6. Kuas Pembersih 

Setelah merawat tanaman bonsai dengan alat-alat bonsai, pasti masih ada sisa kotoran yang jatuh atau menempel di tanaman bonsai tersebut. Inilah saatnya anda menggunakan kuas pembersih. 

Sebenarnya kuas pembersih ini sama saja seperti kuas pembersih pada umumnya. Namun, dengan ukuran yang lebih kecil. Satu lagi keunggulan kuas pembersih ini. Karena memang dirancang untuk tanaman bonsai, kuasnya lebih halus sehingga tidak akan melukai tanaman. 

Agar dapat menggunakannya dengan maksimal, anda harus memastikan kuasnya lembut. Setelah itu, pastikan juga pegangannya nyaman digunakan. Bila anda sudah memastikan kedua hal itu, bersihkan seperti biasa. 

Kalau ada kotoran yang menempel dan susah diangkut menggunakan kuas ini, gunakan alat-alat bonsai untuk membantu mengangkat kotoran tersebut. Memaksakan menggunakan kuas pembersih justru akan membuat alat ini dan tanaman menjadi rusak. 

Penggunaan Alat-Alat Bonsai yang Lain 

Meja Putar Bonsai
Sumber: bungabonsai.id
Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada alat-alat bonsai lainnya yang harus anda ketahui. Meja putar dan tas peralatan merupakan peralatan bonsai lainnya yang tidak kalah penting. meja putar berfungsi untuk memutarkan tanaman bonsai saat anda merawatnya, sedangkan tas peralatan berfungsi untuk menyimpan berbagai peralatan bonsai. 

Pastikan kalau meja putar bonsai yang anda miliki kuat untuk menahan beban dari tanaman bonsai. Untuk tas peralatan, pastikan kalau tas tersebut kuat untuk menyimpan peralatan bonsai, yang sebagian merupakan peralatan tajam. 

Apakah anda sudah menggunakan alat-alat bonsai tersebut dengan benar? Kalau belum, kini sudah saatnya anda belajar menggunakannya dengan lebih baik lagi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Alat-Alat Bonsai Agar Lebih Maksimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel