Artikel Pilihan

Bagian yang Bisa Diperbaiki Dengan Alat-Alat Bonsai

Bonsai

Alat-alat bonsai merupakan benda yang wajib dimiliki oleh orang yang memiliki tanaman bonsai, terutama untuk pemula. Kenapa? Karena alat-alat bonsai bisa membantu anda untuk memperbaiki beberapa bagian dari tanaman bonsai yang sudah mulai rusak. Ada banyak sekali bagian yang bisa diperindah bergantung dengan dari jenis peralatannya.

Alat-alat bonsai terdiri dari gunting, tang, pisau, kawat, pemahat, penggaruk tanah, meja putar bonsai, dan tas khusus peralatan bonsai. Dari banyaknya peralatan bonsai, hanya ada beberapa alat yang digunakan untuk memperbaiki bagian tanaman yang mulai rusak. Bagian apa saja yang bisa diperbaiki dengan peralatan bonsai yang telah disebutkan? 

Perbaiki Bagian Ini Dengan Alat-Alat Bonsai 

Tang Bonsai
Sumber: bungaku.co.id

1. Daun 

Setiap tanaman pasti memiliki daun yang akan mengering dan layu. Tanaman bonsai dengan daun yang sudah jelek akan merusak keindahan seni dari tanaman bonsai. Karena itu, sebaiknya anda membuang daun yang telah mati tersebut. 

Anda bisa saja langsung mencabut daun yang kering tersebut. Namun, masih ada sedikit bagian batangnya yang tertinggal di ranting bonsai. Karena itu, anda butuh alat-alat bonsai untuk memotong daun kering dengan rapi. 

Ada beberapa alat yang bisa anda gunakan untuk memotong daun kering pada tanaman bonsai. Anda bisa menggunakan gunting, tang, atau pisau bonsai. Ketiga alat tersebut memiliki fungsi untuk memotong bagian pohon bonsai yang telah rusak. 

2. Ranting 

Ranting juga sering menjadi masalah tanaman bonsai yang merusak keindahan salah satu jenis tanaman hias ini. Masalah ranting yang paling sering terjadi adalah bagian ranting yang sudah tidak rapi dan mulai layu. Selain itu, masalah lainnya adalah bentuk ranting yang tidak sesuai dengan keinginan pemilik. 

Kalau anda ingin menghilangkan ranting bonsai, gunakan tang pemotong ranting. Peralatan bonsai yang satu ini berfungsi untuk memotong bagian bonsai yang lumayan tebal, seperti ranting. Anda juga bisa menggunakan gunting kalau ranting yang ingin dipotong tidak terlalu keras. 

Anda bisa memotong ranting bonsai menggunakan tang pemotong ranting bonsai di bagian ujung ataupun di tengahnya. Letak pemotongan tergantung dengan selera anda dan kebutuhan untuk membuang sebuah bagian. 

3. Akar 

Ada beberapa tanaman yang memiliki akar yang sangat kuat dan besar. Terkadang, akar tersebut bisa keluar ke permukaan tanah. Akar tersebut juga masih akan kuat dan membesar meski telah dibuat menjadi bonsai. Salah satu contohnya adalah bonsai beringin. 

Akar dari tanaman bonsai dapat dimanfaatkan untuk menambah keindahannya. Namun, ada beberapa orang yang juga tidak ingin memanfaatkan bagian akar sehingga harus membuang bagian ini. 

Jika anda termasuk orang yang tidak menyukai keberadaan akar yang muncul ke permukaan tanah, anda bisa membuang akar tersebut dengan alat-alat bonsai. Ada banyak peralatan bonsai yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah ini. 

Salah satunya adalah menggunakan penggaruk tanah. Alat bonsai yang satu ini bisa digunakan untuk menarik akar yang menempel pada tanah. Selain itu, anda juga bisa menggunakan pisau dan gunting. Namun, hasilnya akan kurang maksimal. 

4. Bentuk Bonsai 

Salah satu keunggulan tanaman bonsai sebagai tanaman hias adalah dapat dibentuk sehingga menghasilkan bentuk yang memiliki seni yang tinggi. Ada tanaman bonsai yang dibentuk miring, melengkung, hingga menurun ke bawah. 

Bagaimana caranya agar tanaman bonsai bisa miring hingga melengkung? Tentu saja tanaman bonsai tidak terbentuk dengan sendirinya. Perlu kreativitas dan pergerakan dari anda agar bisa membentuk tanaman bonsai sesuai keinginan. 

Salah satu caranya adalah menggunakan kawat bonsai. Pada saat rantingnya baru tumbuh, segera lilitkan kawat bonsai sesuai dengan bentuk yang anda inginkan. Lalu lepaskan saat tanaman bonsai sudah mulai tua dan terlihat bentuknya. 

5. Tanah 

Kebanyakan orang hanya fokus pada kerapian dan kebersihan bentuk tanaman bonsai saja. Namun, mereka melupakan tanah sebagai media tanam dari tanaman tersebut. Orang melihat tanaman bonsai secara keseluruhan, mulai dari pot hingga ujung batang tanaman bonsai. 

Karena itu, jangan pernah lupa untuk memperhatikan tanahnya juga. Permasalahan yang sering muncul pada bagian tanah adalah munculnya tanaman parasit atau tanah yang mulai menumpuk. 

Kedua masalah ini bisa mengurangi keindahan dari tanaman bonsai. Anda bisa mengatasi kedua masalah tersebut menggunakan penggaruk tanah khusus bonsai. Untuk mencabut tanaman parasit, gunakan tang pemotong bonsai. 

Alat-Alat Bonsai Wajib untuk Pemula 

Tang Bonsai
Sumber: centralbonsai.com
Dari sekian banyaknya alat-alat bonsai, ada beberapa peralatan bonsai yang wajib dimiliki oleh pemula. Beberapa peralatan tersebut adalah gunting, tang pemotong ranting, kawat, dan pisau bonsai.

Gunting bonsai sebenarnya bisa anda ganti dengan pisau pada umumnya, tetapi ukurannya yang terlalu besar bisa menyulitkan anda. Tang pemotong ranting juga bisa diganti dengan tang umum. Namun, mata pisau pada tang yang tidak dibuat untuk memotong tanaman bonsai bisa membuat tanaman menjadi rusak. 

Kawat bonsai yang berfungsi untuk membentuknya juga bisa anda ganti menggunakan tali. Namun, lebih bijak kalau anda tetap menggunakan kawat bonsai karena hasilnya yang lebih tajam dan jelas. 

Itulah beberapa bagian dari tanaman bonsai yang segera diperbaiki dengan alat-alat bonsai. Setelah melihat bagian yang bisa diperbaiki, apakah anda semakin yakin untuk membeli peralatan bonsai?

Belum ada Komentar untuk "Bagian yang Bisa Diperbaiki Dengan Alat-Alat Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel