Artikel Pilihan

Karakteristik Tanah yang Akan Membuat Pohon Bidara Tumbuh Subur

Pohon Bidara

Salah satu tanaman yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah pohon bidara. Tanaman dengan nama latin Ziziphus mauritiana ini bisa menjadi favorit banyak orang karena menjadi menghasilkan buah yang mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, daun dari pohon bidara juga dipercaya bisa mengusir jin dan setan.

Pohon bidara juga mudah ditanam karena bisa tumbuh tanpa perlu disiram air terlalu rutin. Buah bidara juga akan selalu panen setiap tahun tanpa menunggu musimnya. Meski mudah ditanam, ada beberapa karakteristik tanah yang baik bagi tanaman yang berbunga ini agar bisa tumbuh lebih subur. 

Karakter Tanah yang Baik untuk Pohon Bidara 

Tanah Subur
Sumber: paktanidigital.com

1. Mengandung Unsur Organik 

Unsur organik merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, tidak terkecuali dengan pohon bidara. Tanaman yang satu ini sangat membutuhkan unsur organik yang banyak. 

Karena itu, carilah tanah yang mengandung banyak unsur organik. Beberapa unsur organik yang dibutuhkan oleh pohon bidara adalah nitrogen, phospor, dan kalium. Makanya, banyak pupuk yang mengandung ketiga kandungan tersebut. 

2. pH yang Seimbang 

Tanah yang terlalu asam akan membuat tanaman sulit untuk tumbuh. Tanah yang basa juga membuat tanaman lebih cepat mati. Karena itu, kamu harus mencari tanaman dengan kadar yang tidak terlalu asam atau terlalu basa. 

Kadar asam dan basa biasanya diukur dalam satuan pH. Bila kadar pH dibawah 7 maka, bisa dikatakan bahwa tanah itu asam. Bila diatas 7, maka dikatakan basa. Lalu berapakah pH yang ideal untuk media tanam pohon bidara? 

Tanah dengan pH antara di antara rentang 6 sampai 8 menjadi syarat batas kadar asam dan basa yang cocok untuk ditanami tanaman. Tanaman masih bisa menerima tanah dengan pH tersebut. 

3. Tidak Mudah Mengeras 

Ada beberapa jenis tanah yang mudah mengeras setelah ditanami bibit. Batang pohon bidara tidak akan bisa menembus tanahnya bila mengeras. Karena itu, pastikan kalau anda memiliki tanah yang tidak mengeras. 

Cobalah untuk menanam sesuatu terlebih dahulu. Bila tanahnya mengeras, jangan menanam tanaman apapun di tanah tersebut. Kalau tidak ingin mencoba menanam sesuatu, cobalah lihat apakah ada rumput liar atau tanaman lain di sekitar tanah tersebut. Jika tidak ada, mungkin tanah tersebut sangat mudah mengeras. 

4. Tidak Ada Lapisan Padas 

Tanah yang baik sebagai media tanam pohon bidara adalah tanah yang tidak ada lapisan padas. Apa itu lapisan padas? Lapisan padas merupakan lapisan tanah yang mengeras karena terbentuk dari mineral. Air dari dalam tanah akan membawa mineral tersebut ke permukaan tanah hingga mengeras. 

Terkadang, lapisan padas ini yang menyebabkan tanah mudah mengeras. Biasanya tanah yang memiliki lapisan padas, unsur haranya telah menghilang sehingga tidak bagus untuk ditanami pohon bidara. 

5. Memiliki Humus yang Tebal 

Lapisan humus adalah lapisan yang terbentuk dari daun dan batang pohon yang telah gugur. Tanah akan semakin subur kalau memiliki lapisan humus yang banyak. Karena itu, carilah tanah dengan lapisan humus yang sangat tebal. 

Kalau tidak memiliki tanah dengan lapisan humus, anda bisa membentuknya sendiri. Anda hanya perlu mengumpulkan dedaunan kering dan kotoran hewan. Letakkan kedua bahan tersebut di tanah yang akan menjadi media tanam pohon bidara. 

Anda perlu mengecek secara rutin kondisi tanahnya. Jika suhunya tetap lembap dan suhunya lumayan dingin, anda bisa segera menanam bibit bidara di tanah tersebut. 

6. Teksturnya Lempung 

Tekstur yang tidak kasar, tetapi juga tidak halus adalah pengertian dari tekstur lempung. Tanah yang memiliki tekstur seperti ini lebih mudah ditumbuhi tanaman. Tanah yang memiliki tekstur lempung mengandung banyak sekali material. 

Material yang terkandung di tanah seperti ini adalah kaolinite, illinite, halloysite, smectite, chlorite, allophone, attapulgite, verminculite, dan montmorillonite. Semua kandungan ini sangat cocok untuk membuat tanaman jadi lebih subur. 

7. Memiliki Biota Tanah 

Biota tanah adalah mikroorganisme yang hidup di tanah. Keberadaan biota tanah bisa menjadi tanda bahwa tanah tersebut memiliki unsur hara yang tinggi sehingga cocok ditanami pohon bidara. 

Tanah yang kaya akan biota tanah bisa dilihat dari banyaknya tumbuhan yang tumbuh di diatas tanah tersebut. Tanah seperti ini akan membuat tanaman tumbuh dengan tinggi dan menghasilkan daun yang rindang. 

Karena itu, tanah ini sangat cocok bila ditanami dengan pohon bidara. Daun yang dihasilkan akan lebih lebat. Buahnya juga akan lebih banyak dan bagus. 

Cara Menanam Pohon Bidara 

Kalau anda sudah menemukan tanah dengan karakteristik di atas, anda hanya perlu menanam bibit pohon bidara. Sebelum menanamnya, pastikan anda sudah mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan. 

Langkah pertama, rendam bibit pohon bidara dengan bawang putih selama satu malam. Kalau sudah, siapkan tisu basah. Letakkan bibit tersebut di atas tisu basah dan timpa lagi dengan tisu basah. 

Tunggu sampai 1 minggu hingga akar muncul dari bibit pohon bidara. Kalau sudah muncul, pindahkan ke tanah yang memiliki karakteristik yang bagus. 
Tanah Subur
Sumber: 99.co
Kini anda telah mengetahui tanah yang baik untuk pohon bidara dan cara menanamnya. Sebaiknya, anda segera menanam pohon ini sekarang. Selamat mencoba ya.

Belum ada Komentar untuk "Karakteristik Tanah yang Akan Membuat Pohon Bidara Tumbuh Subur "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel