Artikel Pilihan

Pohon Bidara Tidak Akan Tumbuh Bila Ditanam Di Tanah Seperti Ini

Pohon Bidara

Pohon bidara merupakan salah satu tanaman yang paling mudah ditanam dan dirawat. Pohon bidara atau Ziziphus mauritiana memiliki habitat di daerah yang kering dan mampu hidup hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Karena terbiasa hidup di daerah yang kering, anda tidak perlu terlalu sering menyiram tanaman ini.

Kemudahan merawat pohon bidara bukan itu saja. Anda juga tidak perlu memberikan pupuk terlalu sering karena tanaman yang berbunga ini juga tetap bisa tumbuh sehat tanpa pupuk. Namun, ada satu hal yang harus anda perhatikan, yaitu tanah sebagai media tanam. Tanaman bidara tetap tidak akan tumbuh bila ditanam pada tanah yang kurang berkualitas. 

Tanah yang Jelek untuk Pohon Bidara 

Pohon Bidara
Sumber: mediaharapan.com

1. Tidak Netral 

Salah satu hal yang harus anda perhatikan ketika memilih tanah sebagai media tanam pohon bidara atau tanaman yang lain adalah kandungan kadar asam dan basa. Tanah yang baik untuk tempat tumbuh tanaman adalah tahan yang netral, tidak terlalu asam maupun terlalu basa. 

Kalau tanah yang digunakan untuk menanam terlalu asam, maka tumbuhan tetap tidak akan tumbuh karena kadar asam tersebut membuat tanaman mati. Begitu juga dengan tahan yang terlalu basa. Rentang pH yang baik adalah antara 6 sampai 8. 

2. Tidak Memiliki Unsur Hara 

Unsur hara merupakan salah satu unsur yang paling penting untuk pertumbuhan tanaman. Bisa dibilang kalau unsur hara merupakan makanan bagi tanaman. Unsur hara terdapat pada tanah. 

Sebelum menanam pohon bidara, pastikan kalau tanah yang akan digunakan sebagai media tanam memiliki unsur hara yang memadai. Tanpa unsur hara yang cukup, tanaman tidak akan bisa tumbuh dengan baik. 

Bagaimana cara mengetahui banyak atau sedikitnya unsur hara dalam tanah? Anda bisa melakukan pengecekan di laboratorium atau melihat banyaknya tanaman yang tumbuh di atas tanah tersebut. 

3. Lapisan Humus yang Tipis 

Lapisan humus merupakan lapisan yang menandakan kalau sebuah tanah memiliki tingkat kesuburan yang tinggi. Tanah dengan lapisan humus yang tinggi sangat cocok untuk ditanami pohon bidara. 

Anda bisa mengetahui tanah mengandung lapisan humus yang tebal atau tipis dengan melihat pengikisan tanah yang terjadi karena erosi dan air. Bila ternyata tanah tidak mudah terkikis, tandanya lapisan humus di tanah tersebut sudah mencukupi. 

Tanah yang memiliki lapisan humus yang sedikit akan membuat tanaman ikut terkikis. Daun, batang, buah, dan akar dari tanaman akan mudah lapuk dan layu. 

4. Sedikit Biota 

Tanah yang baik, mengandung unsur hara, dan memiliki lapisan humus yang tebal merupakan tahan yang cocok sebagai tempat tinggal berbagai makhluk hidup. Banyak organisme yang hidup di tanah yang subur. 

Karena itu, anda dapat melihat banyaknya makhluk hidup yang tinggal di sekitar tanah yang akan anda gunakan untuk menanam pohon bidara. Semakin banyak biota yang tinggal di tanah tersebut, semakin baik pula tanah tersebut. 

Namun, tanah baik yang mengundang banyak biota juga mengundang berbagai hama yang menyebabkan tanaman rusak. Karena itu, anda harus menyiapkan pestisida untuk mengusir hama tersebut. 

Biasanya hama tersebut dapat berupa ulat tanah, semut hitam, dan kupu-kupu putih. Anda dapat membuat pestisida yang alami dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. 

5. Tekstur yang Keras 

Lapisan humus yang terlalu sedikit pada tanah bisa membuat tanah menjadi mudah keras. Tanah yang keras akan membuat tanaman semakin sulit untuk tumbuh. 

Ada banyak sekali tanah yang mudah dicangkul. Namun, ketika tanah tersebut ditanami bibit pohon bidara, Tidak lama kemudian teksturnya akan mengeras. 

Sebaiknya anda mencari tanah yang benar-benar memiliki tekstur yang lembut, artinya anda harus mencari tanah dengan lapisan humus yang tebal.

6. Tidak ada Tanaman 

Ciri-ciri tanah yang buruk bisa anda lihat dari keadaan sekitar tanah tersebut. Pastikan kalau ada beberapa tanaman yang tumbuh di atas tanah tersebut. Bila ada tanaman yang tumbuh di atasnya, anda boleh menanam pohon bidara di sana karena artinya tanah tersebut memiliki semua karakteristik yang dibutuhkan untuk menanam tanaman. 

Namun, bila yang terjadi sebaliknya, tidak ada tanaman sama sekali yang tumbuh. Jangan pernah menanam tanaman apapun di sana karena tanaman yang anda tanam tidak akan pernah tumbuh. 

Cara Menanam Pohon Bidara yang Benar 

Kalau anda sudah bisa menghindari tanah yang tidak baik tanaman, saatnya anda belajar cara menanam pohon bidara dengan benar. Percuma saja kalau anda menanamnya di tanah yang mengandung banyak unsur hara, tetapi cara menanamnya salah. Tanaman manapun tetap tidak akan tumbuh dengan baik. 

Rendam bibit pohon bidara bersama dengan bawang merah. Biarkan selama semalaman agar proses pertumbuhannya lebih cepat dan sehat. Setelah itu ambil bibit tersebut dan letakkan di atas tisu yang telah dibasahkan sebelumnya. 

Tutup bibit pohon bidara dengan tisu lagi. Biarkan selama seminggu hingga akarnya muncul. Bila akarnya sudah muncul, anda bisa memindahkan bibit tersebut ke dalam tanah. 
Pohon Bidara
Sumber: rumah123.com
Apakah anda sudah memilih tanah yang terbaik untuk menanam pohon bidara? Pastikan juga kalau anda menanamnya dengan benar.

Belum ada Komentar untuk "Pohon Bidara Tidak Akan Tumbuh Bila Ditanam Di Tanah Seperti Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel