Artikel Pilihan

Fungsi Dari Alat-Alat Bonsai yang Bisa Digantikan Dengan Alat Lain

Pohon Bonsai

Alat-alat bonsai merupakan alat yang sangat penting untuk dimiliki oleh orang yang memiliki pohon bonsai. Kalau belum memilikinya, anda bisa membeli di berbagai toko tanaman atau toko online. Banyak sekali toko online yang menjual berbagai peralatan bonsai. Setidaknya ada sekitar 10 peralatan bonsai yang harus anda miliki.

Masalah utamanya ketika membeli alat-alat bonsai adalah keterbatasan uang. Kalau anda tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli semua peralatan bonsai, anda bisa mengganti beberapa fungsi alat dengan barang lain. Alat apa saja yang bisa anda gantikan fungsinya dengan barang lain? 

Alat-Alat Bonsai yang Bisa Diganti 


1. Kawat Bonsai 

Kawat merupakan elemen penting dalam pohon bonsai karena berfungsi untuk membentuk pohon bonsai sesuai dengan keinginan anda. Harga kawat bonsai juga beragam, mulai dari 40 ribu Rupiah untuk 1 kg. 

Penggunaan kawat akan membuat lekukan bonsai menjadi lebih nyata dan sesuai dengan yang anda inginkan. Bila tidak ingin membeli kawat, anda bisa juga mengganti kawat dengan tali. 

Gunakan tali rafia untuk membentuk ranting dari pohon bonsai. Pastikan kalau kamu mengikat rantingnya dengan kencang, tetapi tidak melukai batang bonsai. Menggunakan tali sebagai pengganti kawat tentu memiliki kekurangan. Hasil yang anda inginkan mungkin tidak sebagus bayangan anda. Selain itu, anda juga akan kesulitan menggunakannya dibandingkan kawat. 

2. Penggaruk Tanah 

Media tanam berupa tanah merupakan elemen yang sangat penting untuk pertumbuhan bonsai. Karena itu, anda juga harus memperhatikan tanah setelah merawat pohon bonsai. Masalah yang sering menyerang tanah adalah tanah yang menggumpal dan tumbuhnya tanaman parasit. 

Kalau masalah tersebut sudah muncul, anda bisa menggunakan penggaruk tanah untuk meratakan tanah kembali serta mengangkut tanaman parasit yang mengganggu. Harga penggaruk tanah ini juga relatif murah, yaitu hanya 50 ribu Rupiah. 

Anda bisa mengganti penggaruk tanah dengan alat lain yang serupa, seperti garpu atau sendok makan. Namun, anda harus berhati-hati karena ukuran sendok dan garpu makan sedikit lebih besar dibandingkan penggaruk tanah. 

3. Meja Putar 

Saat membersihkan bonsai, anda harus membersihkan semua sisinya sehingga anda harus memutar bonsai tersebut atau anda yang berpindah posisi. Untuk memudahkan pekerjaan ini, anda membutuhkan alat-alat bonsai yang satu ini. 

Anda bisa meletakkan bonsai di atas meja putar dan memutar meja tersebut saat ingin mengurus sisi lain dari bonsai. Harga meja putar bonsai tergantung dengan material yang anda beli. Ada yang harganya 100 ribu Rupiah, ada juga yang 400 ribu Rupiah. 

Alat-alat bonsai yang satu ini bukan barang yang wajib dimiliki karena anda bisa menggantinya dengan meja putar yang biasa digunakan untuk meletakkan dan memutar makanan. Namun, ukuran yang tidak sesuai tetap akan membuat anda kesulitan bila menggunakan meja yang tidak sesuai. 

4. Kuas Pembersih 

Setelah memotong dan merawat pohon bonsai, jangan lupa untuk membersihkannya. Anda butuh kuas pembersih khusus bonsai untuk membersihkan tanaman yang satu ini. Harga kuas pembersih khusus tanaman bonsai juga tidak terlalu mahal, hanya 100 ribu sampai 120 ribu Rupiah tergantung panjang dan ukuran yang anda mau. 

Kuas pembersih ini juga dapat anda ganti dengan kuas lainnya. Keunggulan lain dari kuas ini adalah ukurannya yang lebih kecil dan kuasnya yang lembut. Anda hanya perlu mencari kuas yang karakternya sama seperti kuas ini. Anda bisa menggunakan kuas pelukis atau kuas pembuat kue untuk menggantikan alat-alat bonsai yang satu ini. 

5. Tas Peralatan 

Bonsai Alat-alat bonsai lainnya yang dapat anda gantikan fungsinya adalah tas peralatan bonsai. Tas ini biasanya berupa tas lipat dengan beberapa kaitan yang berguna untuk menyimpan berbagai peralatan bonsai. 

Harga tas peralatan khusus bonsai juga terhitung mahal, yaitu sekitar 400 ribu Rupiah. Tas ini berfungsi untuk menyimpan alat-alat bonsai agar anda tidak kesulitan saat akan menggunakannya. 

Anda bisa menggunakan barang lain, seperti tas kecil atau kotak untuk menggantikan tas yang satu ini untuk menyimpan berbagai peralatan bonsai. Bila menggunakan tas atau kotak lain, pastikan kalau anda menyimpannya dengan benar agar tidak rusak atau hilang. 


Alat-Alat Bonsai yang Tidak Bisa Diganti 

Peralatan Bonsai
Sumber: bungabonsai.id
Ada juga alat-alat bonsai yang fungsinya sama sekali tidak bisa diganti dengan peralatan lain. Tang dan gunting pemotong ranting merupakan peralatan bonsai yang fungsinya sangat penting sehingga tidak bisa diganti dengan peralatan lain. 

Tang pemotong ranting berguna untuk memotong ranting bonsai yang cukup tebal, sedangkan gunting pemotong ranting berfungsi untuk memotong ranting yang lebih lembut. Alat-alat bonsai tersebut memiliki kekuatan berbeda yang bila tidak digunakan dengan benar akan membuat tanaman bonsai menjadi rusak. 

Pisau dan gergaji khusus bonsai juga tidak bisa digantikan dengan alat lain karena memang sudah didesain untuk memotong bonsai. Ukuran alat-alat bonsai ini memang lebih kecil dan cocok untuk bonsai. 

Pemahat bonsai juga tidak bisa anda ganti kalau anda ingin memahat pohon bonsai. Bila menggunakan pemahat bonsai, anda juga akan bisa membuat nilai seni pada pohon bonsai jadi lebih tinggi. 
Kawat Bonsai
Sumber: dadimakmur.com
Apakah anda sudah membeli alat-alat bonsai yang tidak bisa digantikan fungsinya dengan peralatan lain? Mungkin anda memiliki ide lain untuk mengganti alat-alat wajib tersebut?

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Dari Alat-Alat Bonsai yang Bisa Digantikan Dengan Alat Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel