Artikel Pilihan

Berapa Harga Alat-Alat Bonsai yang Harus Anda Beli

Alat-Alat Bonsai

Sebagai pemilik pohon bonsai, anda wajib memiliki alat-alat bonsai dengan fungsi yang beragam. Alat-alat bonsai tersebut akan berguna untuk membantu anda merawat pohon bonsai. Ada tang, pisau, dan gergaji yang berguna untuk memotong ranting dan batang bonsai. Ada juga kawat dan pemahat yang berfungsi untuk memperindah bonsai.

Masih banyak lagi alat-alat bonsai lainnya yang harus anda miliki. Tentu saja anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memiliki alat-alat bonsai tersebut. Kalau anda bertanya-tanya berapa uang yang harus anda keluarkan untuk membeli peralatan bonsai tersebut, anda harus melihat daftar harga setiap peralatannya terlebih dahulu. 

Daftar Harga Alat-Alat Bonsai 

Peralatan Bonsai
Sumber: belajarbonsai.com

1. Kawat Bonsai 

Untuk membentuk pohon bonsai yang indah, anda harus memiliki kawat khusus bonsai ini. kawat ini berfungsi untuk menahan bentuk ranting bonsai hingga tumbuhnya akan terus seperti bentuk yang anda inginkan. 

Harga kawat khusus untuk tanaman bonsai ini beragam. Untuk 1 kg kawat bonsai dengan diameter 3 mm, harganya sekitar 124 ribu Rupiah. 

2. Tang Pemotong 

Khusus Kawat Bonsai Kalau anda membeli kawat bonsai, tentunya anda juga harus membeli tang pemotong kawat bonsai. Tang pemotong kawat ini berbeda dengan pemotong kawat biasanya. Fungsi dari tang ini adalah memastikan kalau kawat tidak tajam setelah dipotong. 

Harga tang pemotong khusus kawat bonsai ini sekitar 25 ribu sampai 350 ribu Rupiah tergantung dari bahan yang anda beli. Kawat bonsai dan tang pemotongnya merupakan alat-alat bonsai yang wajib anda beli. 

3. Tang Pemotong Ranting 

Selain tang untuk memotong kawat, anda juga harus memiliki tang pemotong ranting. Tang pemotong kawat tidak bisa anda gunakan untuk memotong ranting karena memiliki kekuatan yang berbeda. 

Tang pemotong ranting berfungsi menjaga agar ranting terpotong dengan benar tanpa merusak batang utama dari pohon bonsai. Harga alat-alat bonsai yang satu ini adalah 250 ribu sampai 430 ribu Rupiah, bergantung jenis yang anda beli. 

4. Gunting Pemotong Ranting 

Alat-alat bonsai memiliki fungsi yang hampir mirip. Namun, sebenarnya penggunaannya sangat berbeda. Contohnya adalah tang dan gunting pemotong ranting. Gunting digunakan untuk memotong ranting yang lebih lembut. 

 Bila anda menggunakan tang untuk memotong ranting yang lembut, maka batang utamanya akan rusak. Begitu juga sebaliknya. Harga gunting pemotong ranting ini cukup murah, yaitu hanya 20 ribu sampai 50 ribu Rupiah saja. 

5. Gergaji Bonsai 

Gergaji bonsai juga merupakan salah satu dari alat-alat bonsai yang sangat penting karena memiliki fungsi yang vital. Fungsi dari gergaji bonsai adalah memotong batang yang sangat kuat. 

Peralatan bonsai yang satu ini memiliki banyak sekali jenisnya. Harganya juga beragam, mulai dari 80 ribu sampai 120 ribu Rupiah tergantung dengan model yang ingin anda beli. 

6. Pisau Bonsai 

Pisau bonsai merupakan alat yang memiliki banyak sekali fungsi untuk tanaman bonsai. Pisau khusus bonsai bisa memotong daun, ranting, akar, serta tanaman parasit pengganggu. 

Pisau bonsai juga banyak sekali jenisnya. Namun, bentuk hampir mirip semua. Harga alat bonsai yang satu ini adalah sekitar 50 ribu sampai 130 ribu. Ada juga satu paket pisau bonsai segala jenis yang dijual dengan harga 190 ribu Rupiah. 

7. Pemahat Bonsai 

Pohon bonsai adalah tanaman yang dinilai memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Salah satu cara menambah nilai seni yang tinggi adalah dengan cara memahat tanaman ini. Bedanya pemahat bonsai dengan pemahat pada umumnya adalah ukurannya yang lebih kecil. 

Anda bisa membeli pemahat bonsai dengan harga 40 ribu sampai 70 ribu Rupiah. Bentuknya tidak terlalu berbeda jauh antara yang mahal dan murah, hanya pada material pembuatnya saja yang beda. 

8. Penggaruk Tanah 

Media tanam berupa tanah yang ditempati oleh pohon bonsai juga harus anda perhatikan. Bila tanah mulai menggumpal, anda harus meratakannya kembali. Alat yang bisa membantu anda adalah penggaruk tanah. 

Harga penggaruk tanah relatif lebih murah dibanding alat-alat bonsai lainnya, yaitu hanya 25 ribu Rupiah. Anda juga menggantikan fungsi alat ini dengan alat lainnya yang dibuat sendiri. 

9. Kuas Pembersih 

Setelah anda memotong bonsai, tentu akan ada ranting atau daun yang jatuh. Bila dibiarkan hal ini akan mengotori pohon bonsai dan membuatnya jelek. Anda bisa menggunakan kuas pembersih untuk membantu membersihkan bonsai. 

Harga kuas pembersih khusus bonsai adalah 100 ribu sampai 120 ribu Rupiah tergantung dengan besarnya kuas yang ingin anda beli. 


Harga Alat-Alat Bonsai yang Lainnya 

Gunting Bonsai
Sumber: bibitbunga.com
Selain sembilan alat-alat bonsai yang sudah disebutkan sebelumnya, masih ada dua alat bonsai lagi yang bisa membantu anda, yaitu meja putar dan tas peralatan bonsai. Harga meja putar bonsai sekitar 85 ribu sampai 300 ribu Rupiah. 

Harga tas peralatan bonsai adalah 170 ribu sampai 180 ribu Rupiah. Kedua alat tersebut tidak wajib anda miliki. Namun, bisa membantu meringankan pekerjaan anda saat ingin merawat pohon bonsai. 

Apakah anda sudah menyiapkan anggaran untuk membeli alat-alat bonsai tersebut? Pastikan kalau anda membeli sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Belum ada Komentar untuk "Berapa Harga Alat-Alat Bonsai yang Harus Anda Beli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel