Artikel Pilihan

Cara Membuat Pestisida Pengusir Ulat Tanah yang Merusak Pohon Bidara

Pohon Bidara

Pohon bidara akan menghasilkan buah dan daun yang memiliki kandungan vitamin A, B, C, E, kalsium, protein, fosfor, kalsium, serta zat gizi lainnya. Pohon bidara juga ampuh untuk mengusir jin dan setan. Penggunaan daun bidara untuk mengusir berbagai macam makhluk halus juga direkomendasikan oleh para ulama.

Perawatan yang benar pada pohon bidara bisa membuat tanaman ini tumbuh subur, tinggi, kuat, lebat, dan menghasilkan buah yang berkualitas. Perawatan saja tidak cukup karena masih ada hama yang sering merusaknya. Salah satunya adalah ulat tanah. Untuk mengusir hewan yang satu ini, anda bisa membuat pestisida sendiri. 

Cara Membuat Pestisida Untuk Mengusir Ulat Tanah di Pohon Bidara 

Pohon Bidara
Sumber: abahtani.com


1. Pakai Bawang dan Cabai 

Pestisida pertama yang bisa anda buat untuk mengusir ulat tanah yang bisa menghancurkan batang pohon bidara adalah campuran antara bawang dan cabai. Kedua bahan yang sering digunakan untuk masakan tersebut akan mengeluarkan aroma dan rasa panas untuk ulat tanah. 

Cara membuatnya juga sangat gampang, yaitu rebus bawang putih sebanyak tiga siung dan cabai merah sebanyak satu genggaman tangan. Saat sudah matang, tambahkan sabun batang sebanyak ¼ batang. 

Aduk rata sabun batang yang sudah anda tambahkan dan biarkan selama satu hari. Penggunaan sabun akan memudahkan pestisida ini menempel di badan ulat bulu hingga kabur. 

Jika sudah didiamkan seharian, saring cairan ini dengan kain. Masukkan ke dalam semprotan dan pestisida dari bawang dan cabai siap dipakai. 

2. Gunakan Daun Pepaya 

Kalau anda suka menyantap daun pepaya, sekarang anda bisa menggunakannya untuk mengusir ulat tanah yang memakan batang pohon bidara. Daun pepaya sangat dibenci oleh ulat tanah, rayap, ulat bulu, dan hama penghisap lainnya. 

Cara membuatnya juga lebih mudah dibandingkan pestisida bawang dan cabai. Siapkan daun pepaya yang masih segar dan potong hingga halus. Campurkan dengan minyak tanah sebanyak dua sendok makan dan deterjen sebanyak 30 gram. Rendam dalam air dan biarkan selama satu malam. 

Kalau sudah satu malam, saring air tersebut dengan kain. Buang ampas daun pepaya dan siram air yang sudah disaring ke tanaman. 

3. Buat Pestisida Dari Daun Sirih 

Daun sirih mengandung zat yang tidak disukai ulat tanah, yaitu zat kavikol dan zat fenol. Kedua zat tersebut sangat efektif mengusir hama penghisap, seperti tungau. Namun, bisa juga digunakan untuk mengusir ulat tanah. 

Siapkan satu kilogram daun sirih dan tumbuk hingga menjadi halus. Tambahkan bawang merah dan lima batang serai. Tumbuk lagi hingga menjadi halus. Bila sudah halus, masukkan air sebanyak 10 liter dan tambahkan deterjen sebanyak kurang lebih 50 gram. 

Aduk semua bahan tersebut hingga menjadi rata dan saring dengan kain. Air hasil saringan tersebut bisa anda siram ke pohon bidara dan ulat tanah akan pergi menjauh. 

4. Pakai Juga Daun Tembakau 

Daun tembakau memiliki kandungan nikotin yang cukup tinggi. Kandungan nikotin tersebut bisa membunuh ulat tanah atau serangga lainnya. Namun, gunakan pestisida dari daun tembakau ini sebagai alternatif terakhir karena bisa berbahaya bagi anda. 

Sebagai langkah awal membuatnya, potong daun tembakau sebanyak 250 gram hingga menjadi halus. Rendam dengan air sebanyak 8 liter dan biarkan selama satu malam. 

Keesokan harinya, tambahkan dua sendok sabun cair dan aduk hingga rata. Saring daun tembakau dan buang ampasnya. Semprotkan airnya ke pohon bidara. 

5. Menggunakan Biji Jarak 

Jarak adalah tumbuhan yang tumbuh di hutan. Bijinya bisa anda manfaatkan untuk mengusir ulat tanah yang merusak pohon bidara. Dalam satu biji jarak, terkandung alkaoid dan reisin yang sangat dibenci oleh ulat tanah. 

Ambil satu biji jarak dan tumbuk hingga menjadi halus. Siapkan dua liter air dalam sebuah wajah dan masukkan biji jarak yang telah ditumbuk halus sebelumnya. Panaskan air tersebut hingga mendidih.

Kalau sudah mendidih, tambahkan minyak tanah dan deterjen. Aduk hingga rata dan tambahkan lagi air sebanyak 10 liter. Pestisida dari biji jarak ini siap digunakan. Semprotkan ke seluruh bagian pohon bidara, terutama bagian tanah karena dari sanalah ulat tanah muncul. 

6. Pakai Mimba 

Mimba memang merupakan tanaman yang sering dijadikan sebagai bahan pembuat pestisida alami. Mimba sering dipilih menjadi bahan pembuat pestisida karena mengandung berbagai zat. 

Semua zat itu sangat efektif untuk mengusir ulat tanah. Bukan hanya ulat tanah, cacing, jamur, dan segala jenis serangga juga akan kabur. 

Tumbuk halus beberapa gram biji mimba dan rendam dengan air sebanyak 10 liter. Biarkan selama semalam. Saring dan pestisida dari bahan tanaman mimba siap digunakan untuk mengamankan pohon bidara dari ulat tanah. 

Hama Penyerang Pohon Bidara Selain Ulat Tanah 

Pohon Bidara
Sumber: 99.co
Selain ulat tanah, masih ada beberapa hama lain yang suka merusak pohon bidara. Semuanya merupakan serangga. 

Selain ulat tanah, kupu-kupu putih dan semut hitam terkenal sangat suka memakan daun serta buah dari pohon bidara. 

Lebih baik anda membuat pestisida dari bahan yang mudah didapatkan, seperti bawang dan cabai. Penggunaan pestisida dalam daftar di atas sangat ampuh mengusir hama dari pohon bidara. Semooga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Pestisida Pengusir Ulat Tanah yang Merusak Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel