Artikel Pilihan

Cara Berbisnis Alat-Alat Bonsai yang Bisa Anda Terapkan

Bonsai

Alat-alat bonsai merupakan benda yang sangat penting bagi pemilik tanaman bonsai. Para pemilik tanaman bonsai pasti rela mengeluarkan uang dengan jumlah yang mahal untuk membeli alat-alat bonsai. Karena tanpa peralatan bonsai, mereka tidak akan bisa membuat tanaman bonsai menjadi lebih cantik.

Kalau anda melihat peluang ini untuk menjual alat-alat bonsai, maka ada beberapa cara yang bisa terapkan. Cara-cara ini bisa anda terapkan untuk mendapatkan untung yang besar. Salah satu kelebihan kalau anda memilih bisnis ini adalah sudah ada target pasar yang sangat spesifik sehingga lebih mudah menjualnya. 

Cara Menjual Alat-Alat Bonsai 


1. Sistem Dropship 

Anda bisa menjadi seorang dropship kalau belum memiliki modal yang kuat. Dropship adalah sistem penjualan dimana anda tidak perlu melakukan menyetok barang. Anda hanya perlu menjual dan kemudian baru memberikan pesanan kepada supplier. Kemudian, supplier akan mengirimkan barang kepada pembeli dengan nama anda. 

Cara ini sangat cocok kalau kamu ingin menjual alat-alat bonsai. Namun, belum memiliki modal yang cukup. Sistem bisnis yang satu ini juga memiliki risiko yang lebih rendah karena anda tidak perlu membeli barang terlebih dahulu, anda hanya perlu menjual saja. 

2. Sistem Reseller 

Cara selanjutnya yang bisa anda terapkan kalau ingin menjual alat-alat bonsai adalah sistem reseller. Sistem ini merupakan sistem dimana anda membeli peralatan bonsai terlebih dahulu untuk menjadi stok dari reseller. Saat ada pesanan, anda bisa langsung mengirimkannya. 

Anda membutuhkan modal yang lebih besar bila ingin menerapkan sistem ini dibandingkan dengan sistem dropship. Namun, sistem reseller juga memiliki kelebihannya sendiri. 

Kelebihan dari sistem reseller bagi penjual peralatan bonsai adalah kamu bisa mengontrol stok dengan lebih mandiri. Kalau pada sistem dropship, kamu harus menanyakan stok dan spesifikasi barang terlebih dahulu kepada pihak supplier. 

3. Membuka Toko 

Kalau anda memiliki modal yang lebih besar lagi, anda bisa menyewa gedung dan membuka toko fisik yang menjual alat-alat bonsai serta tanamannya. Kalau anda memilih cara yang satu ini, pastikan anda memilih lokasi yang strategis untuk membuka toko. 

Kelebihan dari membuka toko peralatan bonsai adalah orang bisa mengetahui kalau anda menjual peralatan bonsai. Mereka juga jadi lebih percaya karena ada bukti fisik dari toko anda dan anda sendiri. 

Selain kelebihan, membuka toko fisik juga ada kelemahannya, yaitu risiko yang terlalu besar bila peralatan bonsai yang anda jual tidak laku. Makanya, anda perlu mencari lokasi yang strategis dan rencana marketing yang matang. 

4. Membuka Toko Online 

Di zaman yang serba teknologi dimana internet sudah semakin kencang, anda bisa menjual alat-alat bonsai di mana saja dan kapan saja. Salah satu caranya adalah dengan membuka toko online. 

Ada banyak cara gampang membuka toko online, yaitu dengan menggunakan marketplace atau website sendiri. Menjual peralatan bonsai dengan cara membuka toko online juga lebih ringan risiko dibandingkan toko konvensional. 

Selain risiko yang lebih kecil, ada banyak keuntungan membuka toko online untuk menjual alat-alat bonsai. Salah satunya adalah anda bisa membuka toko 24 jam tanpa perlu menjaganya terus. Kalau toko konvensional, anda harus menjaga terus bila tidak ingin kemalingan. 

Tentu saja anda bisa juga membuka toko konvensional sambil membuka toko online secara bersamaan. Toko online juga menjangkau lebih banyak orang dibandingkan toko konvensional. 

5. Mengambil Barang Import 

Cara terakhir yang bisa anda gunakan adalah mengambil barang dari luar negeri sebagai stok dan kemudian dijual lagi menggunakan cara membuka toko konvensional, toko online, atau keduanya. 

Alat-alat bonsai yang diproduksi dari luar negeri dipercaya memiliki kualitas yang lebih baik. Kebanyakan toko peralatan bonsai yang ada juga mengambil barangnya dari luar negeri. 

Karena kualitasnya yang lebih terjamin, semakin yakin orang untuk membeli peralatan bonsai di toko anda. Selain itu, kelebihan lainnya anda bisa mendapatkan untung yang lebih banyak karena harga impor biasanya lebih murah. 

Mengambil peralatan bonsai dari luar negeri juga memiliki risiko yang tinggi. Selain itu, proses pengirimannya juga lebih lambat dan mahal. 

Tips Sukses Menjual Alat-Alat Bonsai 

Peralatan Bonsai
Sumber: bungabonsai.id
Setelah anda menentukan ingin menjual alat-alat bonsai dengan cara apa, anda juga harus mengetahui tips agar bisa sukses menjualnya. Semua cara menjual peralatan bonsai di atas memiliki tips sukses yang kurang lebih sama. 

Tips yang pertama adalah anda harus memastikan kalau alat-alat bonsai yang anda jual memiliki kualitas yang baik. Orang bahkan rela membeli peralatan bonsai yang lebih mahal asalkan mendapatkan kualitas yang lebih bagus. 

Berikan pelayanan yang bagus juga menjadi kunci sukses untuk sukses menjual alat-alat bonsai. Kualitas yang baik dari peralatan bonsai membuat orang membelinya. Namun, pelayanan yang bagus dari anda membuat pembeli akan datang kembali. 

Selain itu, manfaatkan sosial media untuk mempromosikan alat-alat bonsai yang anda jual agar ada orang yang mengetahui kalau anda menjualnya. 

Apakah anda sudah menentukan akan menjual alat-alat bonsai dengan cara seperti apa? Kalau masih bingung, sesuaikan dengan kemampuan anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Berbisnis Alat-Alat Bonsai yang Bisa Anda Terapkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel