Artikel Pilihan

Sebaiknya Alat-Alat Bonsai di Toko Online atau Toko Konvensional

Bonsai
Di zaman yang semakin canggih ini, anda bisa membeli berbagai alat-alat bonsai secara online. Namun, membeli alat-alat bonsai serta barang lain secara online masih menjadi perdebatan di beberapa kalangan. Ada yang menganggap kalau membeli di toko konvensional lebih nyaman, ada juga yang menganggap membeli di toko online lebih memudahkan.

Kalau anda bingung ingin membeli alat-alat bonsai di toko online atau toko konvensional, tentunya anda harus melihat kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis toko tersebut terlebih dahulu. Toko online yang mengubah kebiasaan masyarakat sekarang tentu juga memiliki kelemahan. Toko konvensional yang dianggap sudah kuno juga masih memiliki kelebihan. 

Perbandingan Beli Alat-Alat Bonsai Secara Online dan Konvensional 


1. Keamanan 

Keamanan selalu menjadi perdebatan ketika orang ingin membeli alat-alat bonsai secara online dan konvensional. Ada beberapa alasan kenapa keamanan menjadi perdebatan. Salah satunya adalah pertemuan langsung dengan penjual. 

Ketika membeli peralatan bonsai di toko online, anda tidak akan langsung bertatap muka dengan penjual sehingga anda sama sekali tidak tahu rupa dan identitas penjual. Anda hanya tahu nama toko online serta lokasi toko online penjual. Hal ini membuat sebagian orang takut akan resiko ditipu. 

Namun, ketakutan ditipu ini sudah bisa diatasi dengan adanya marketplace, yaitu tempat jual beli online dengan sistem rekening bersama. Di saat penjual tidak mengirimkan barang kepada anda, uang anda akan kembali secara otomatis. 

Sedangkan toko konvensional dikatakan sebagai toko yang paling aman karena anda bertemu dan memberikan uang secara langsung kepada penjual. resiko tertipu bila membeli peralatan bonsai di toko konvensional sangat rendah. 

2. Kualitas Produk 

Selain tidak bertemu penjual secara langsung, anda juga tidak akan melihat produk secara langsung bila membeli di toko online. Anda hanya bisa melihat foto alat-alat bonsai yang ingin anda beli. 

Penjual bisa saja mengatakan kalau produk anda terbuat dari bahan yang terbaik. Namun, tidak ada jaminan kalau peralatan bonsai yang anda beli benar-benar memiliki mutu yang baik. 

Berbeda dengan toko online, anda akan melihat langsung peralatan bonsai yang akan anda beli. Anda juga langsung membandingkan peralatan bonsai yang satu dengan yang lainnya bila membeli di toko konvensional. 

3. Menghemat Waktu 

Toko online memang menghemat waktu lebih banyak bagi kamu yang ingin membeli alat-alat bonsai. Dengan internet, anda bisa mengunjungi banyak toko online sekaligus. Dengan kelebihan ini, anda juga bisa membandingkan banyak barang sekaligus dalam satu waktu. 

Kalau membeli di toko konvensional, anda harus mendatangi toko tersebut. Akan membuang waktu saat anda harus mengunjungi toko tersebut. Kalau ingin membandingkan harga, anda harus pergi ke toko lain dulu. 

4. Penerimaan Barang 

Anda akan menerima barang dengan cara yang berbeda antara membeli di toko online atau di toko konvensional. Kalau membeli alat-alat bonsai di toko online, barang akan dikirim menggunakan kurir. 

Butuh waktu beberapa hari tergantung jauhnya lokasi toko online dengan tempat anda hingga barang sampai. Mengirimkan barang menggunakan kurir juga memiliki resiko, yaitu peralatan bonsai bisa saja rusak selama perjalanan. 

Pada toko konvensional, anda akan langsung melihat alat-alat bonsai yang ingin anda beli. Kalau sudah menemukan peralatan bonsai yang anda inginkan, anda bisa langsung membawa pulang peralatan bonsai itu. Tidak ada juga resiko barang rusak seperti mengirim menggunakan kurir. 

5. Pembayaran 

Beda cara membeli, beda juga cara pembayarannya. Karena tidak bertatap muka langsung dengan pembeli, anda tidak bisa memberikan uang secara langsung bila membeli alat-alat bonsai di toko online.

Cara membayarnya adalah dengan mengirimkan uang yang akan dibayarkan melalui transfer bank. Setelah selesai mengirimkan uang, anda harus mengirimkan bukti transfer kepada penjual. Setelah penjual menerima uangnya, baru mereka akan mengirimkan peralatan bonsai yang anda beli. 

Proses pembayaran jika membeli di toko konvensional lebih mudah, yaitu anda hanya perlu memberikan uang sesuai harga yang telah disepakati sebelumnya. Peralatan bonsai yang anda inginkan bisa segera anda bawa pulang. 

Memilih Alat-Alat Bonsai yang Bagus 

Peralatan Bonsai
Sumber: bungaku.co.id
Dibalik perdebatan membeli di toko online atau di toko konvensional, hal terpenting yang tidak boleh anda lupakan adalah cara memilih alat-alat bonsai dengan kualitas yang baik. Percuma saja kalau anda membeli dengan metode yang mudah. Namun, peralatan bonsai yang anda dapatkan tidak memuaskan. 

Anda harus memilih alat-alat bonsai berbahan stainless steel untuk gunting, pisau, pahat, dan tang bonsai. Bahan tersebut akan memastikan peralatan itu tahan akan karat dan tidak gampang tumpul. 

Kalau anda ingin membeli penggaruk tanah, belilah yang terbuat dari besi karbon karena lebih ringan. Anda juga bisa membeli tas khusus peralatan bonsai untuk menyimpan alat-alat bonsai. Pastikan anda membeli tas khusus peralatan bonsai yang terbuat dari bahan kulit yang tebal. Bahan kulit akan memastikan tas lebih kuat dan aman. 
Peralatan Bonsai
Sumber: markamitra.co.id
Membeli alat-alat bonsai di toko online ataupun toko konvensional sepenuhnya harus didasari atas kenyamanan anda. Setelah mempertimbangkan kelebihan serta kekurangannya, anda pasti sudah mendapatkan gambaran lebih nyaman menggunakan yang mana.

Belum ada Komentar untuk "Sebaiknya Alat-Alat Bonsai di Toko Online atau Toko Konvensional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel