Artikel Pilihan

Alat-Alat Bonsai yang Wajib Anda Miliki

Alat-Alat Bonsai

Anda harus memiliki alat-alat bonsai kalau anda ingin memulai hobi baru untuk menanam bonsai. Ada banyak alat-alat bonsai yang harus segera anda beli. Tanpa peralatan tersebut, bonsai yang anda tanaman tidak akan menjadi tanaman yang indah. Anda akan kesulitan membentuk tanaman bonsai tanpa adanya peralatan yang lengkap.

Bonsai merupakan tanaman kerdil yang dinilai sebagai tanaman hias yang memiliki nilai seni. Sebuah bonsai yang bagus dapat terjual dengan harga yang mahal. Namun, anda membutuhkan alat-alat bonsai untuk menciptakan bonsai yang juara. Peralatan apa sajakah yang anda butuhkan? 

Alat-Alat Bonsai yang Akan Anda Butuhkan 


1. Gergaji Bonsai 

Berbeda dengan gergaji yang digunakan untuk memotong pohon yang besar, gergaji bonsai berukuran kecil mengikuti ukuran bonsai. Gergaji bonsai memiliki fungsi yang sama seperti gergaji pada umumnya, yaitu untuk memotong batang bonsai secara rapi. 

Batang pohon bonsai sudah berukuran kecil, Lalu kenapa tidak dipotong menggunakan gunting? Jawabannya adalah gunting tidak memiliki kerapian yang sesuai ketika memotong bonsai. 

2. Gunting 

Gunting adalah alat yang paling wajib dimiliki oleh orang yang memiliki kebun dan pohon bonsai. Alat-alat bonsai yang satu ini harus anda miliki untuk memotong bagian-bagian bonsai yang rusak. 

Ada dua jenis gunting yang harus anda miliki, yaitu gunting untuk memotong ranting dan daun. Kedua gunting tersebut memiliki bentuk yang berbeda sehingga anda harus memiliki keduanya. 

3. Kawat Bonsai 

Salah satu keunikan dari tanaman bonsai adalah anda dapat membentuknya sesuai dengan imajinasi anda. Untuk membentuk bonsai, anda membutuhkan kawat bonsai. Anda juga dapat mengganti kawat bonsai dengan tali. Namun, hasilnya tidak akan setajam bila menggunakan kawat. 

4. Tang Pemotong 

Kalau ada kawat, pastinya ada juga tang. Kawat yang anda beli untuk pohon bonsai biasanya memiliki ukuran yang panjang sehingga anda harus memotongnya sendiri. Tang pemotong khusus kawat bonsai ini akan memotong kawat dengan rapi sehingga tidak ada bagian tajam pada ujungnya yang akan melukai tanaman bonsai. 

5. Pisau Bonsai 

Alat-alat bonsai yang selanjutnya harus anda miliki adalah pisau bonsai. Pisau dengan ukuran kecil ini harus anda miliki untuk memotong tanaman liar yang tumbuh di sekitar pot bonsai. 

Kenapa harus memakai pisau ini? Karena ukurannya yang kecil, lebih aman untuk pohon bonsai agar tidak terkena langsung tanaman tersebut. 

6. Meja Putar 

Kalau anda memiliki modal lebih dan sangat ingin memudahkan dalam menghias bonsai, tidak ada salahnya anda membeli alat yang satu ini. Meja putar khusus bonsai ini berguna saat anda akan merawat, membersihkan dan memotong pohon bonsai. Alat ini juga bisa membantu mengurangi kesalahan anda dalam memotong bagian dari bonsai. 

7. Pemahat Bonsai 

Alat-alat bonsai yang satu ini memiliki fungsi untuk mengupas dan mengukir batang pohon bonsai agar menimbulkan motif yang anda inginkan. Biasanya orang-orang memakai pemahat bonsai untuk menimbulkan kesan yang seram dan angker kepada pohon bonsai mereka. 

Anda juga dapat menggunakan alat ini jika ada tanaman jamur yang tumbuh di sekitar batang bonsai anda. Kalau ada ranting yang tumbuh di tempat yang anda inginkan dan anda sudah menggunting menggunakan gunting ranting. Namun masih ada sisanya, anda bisa memotongnya menggunakan pemahat bonsai. 

8. Kuas Pembersih 

Salah satu cara agar bonsai terawat dan memiliki nilai seni yang tinggi adalah kebersihan dari tanaman ini. untuk menjaga kebersihannya, anda memerlukan alat-alat bonsai yang satu ini. 

Kuas pembersih berfungsi untuk membersihkan pohon bonsai pada seluruh bagiannya. Anda bisa menggunakan alat bonsai yang satu ini untuk membersihkan bagian batang, ranting, dan daunnya. 

Setelah anda memotong salah satu bagian bonsai, pasti ada bagian yang jatuh dan mengotorinya. Itulah bagian yang harus dibersihkan dengan kuas pembersih ini. 

9. Tas Peralatan 

Peralatan bonsai begitu banyak, anda membutuhkan tempat untuk menyimpan semua peralatan tersebut. Jangan asal menyimpannya karena bisa membuat anda kesulitan mencari alat-alat bonsai tersebut dan berisiko rusak. 

Karena itu, anda membutuhkan tas peralatan yang didesain untuk menyimpan semua alat-alat bonsai. Tas ini biasanya memiliki kaitan yang sesuai dengan semua jenis peralatan bonsai. 

Jadi anda tinggal meletakkan alat-alat bonsai milik anda di tas tersebut dan menariknya saat anda butuh untuk menggunakannya. Tas ini akan sangat berguna saat anda ingin menggunakan peralatan bonsai. 


Apakah Alat-Alat Bonsai Tersebut Wajib Dimiliki? 

Alat-Alat Bonsai
Sumber: tanamanbonsai.com
Hampir seluruh alat-alat bonsai yang disebutkan sebelumnya itu wajib anda miliki. Ada beberapa alasan kenapa anda harus memiliki peralatan bonsai tersebut. Pertama, anda harus menggunting dan memotong beberapa bagian bonsai yang mengganggu penampilannya. 

Kedua, anda harus memiliki alat-alat bonsai tersebut untuk menyingkirkan tanaman parasit yang mencoba mengambil nutrisi dari bonsai yang anda tanam. Ketiga, anda harus membersihkan bonsai agar terlihat bagus. 
Alat-Alat Bonsai
Sumber: bennisobekti.com
Kalau anda sedang ingin berhemat, anda bisa membeli meja putar dan tas perlengkapan belakangan. Kedua alat tersebut bisa anda ganti dengan beberapa alternatif terlebih dahulu. 

Apakah anda sudah membeli alat-alat bonsai tersebut? Kalau belum, anda harus segera membelinya. Selamat mencoba ya!

Belum ada Komentar untuk "Alat-Alat Bonsai yang Wajib Anda Miliki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel