Artikel Pilihan

Cara Memilih Alat-Alat Bonsai yang Berkualitas

Bonsai
Bila anda memiliki tanaman bonsai, pastikan juga anda memiliki alat-alat bonsai. Anda bisa membeli alat-alat bonsai di toko tanaman atau toko online, kini sudah banyak toko online yang menjual berbagai peralatan bonsai yang berkualitas tinggi. Dengan toko online, anda juga jadi mudah membandingkan harga dari peralatan bonsai.

Salah satu syarat yang harus anda perhatikan ketika ingin membeli alat-alat bonsai adalah kualitasnya. Namun, sebagai pemula, pasti sangat sulit untuk membedakan peralatan bonsai yang berkualitas dan tidak. Makanya, anda perlu mencari tahu ciri-ciri peralatan bonsai yang berkualitas. 

Ciri-Ciri Alat-Alat Bonsai Berkualitas 


1. Lihat Material Pembuatnya 

Ada banyak sekali alat-alat bonsai yang harus anda miliki. Semua peralatan bonsai tersebut terbuat dari material yang berbeda-beda. Anda harus mengetahui material terbaik untuk membuat setiap alat bonsai. 

Untuk tang, baik tang pemotong kawat ataupun ranting, pastikan kalau materialnya terbuat dari bahan karbon steel. Bahan ini tidak ringan dan tahan lama sehingga anda akan nyaman menggunakannya. 

Anda juga harus mencari gunting yang terbuat dari bahan stainless steel agar bisa memotong dengan sempurna dan tidak ada bagian pohon bonsai yang rusak. Carilah pisau dan gergaji bonsai dengan bahan yang sama, karena memiliki fungsi yang sama, yaitu memotong bagian dari pohon bonsai. 

Penggaruk tanah bonsai juga harus anda miliki agar dapat dengan mudah meratakan tanah yang menggumpal. Carilah penggaruk tanah bonsai yang terbuat dari bahan besi karbon karena anda perlu penggaruk tanah yang ringan dan kuat. 

Kalau anda ingin menggunakan tas penyimpan khusus peralatan bonsai, anda bisa mencari tas yang terbuat dari bahan kulit. Tas peralatan bonsai berisiko rusak karena menyimpan barang-barang tajam. Tas dengan bahan kulit akan lebih tahan menyimpan barang-barang yang tajam dan berat. 

2. Perhatikan Bentuk dan Ukuran 

Anda juga harus memperhatikan bentuk dari alat-alat bonsai yang anda beli karena berpengaruh terhadap hasil akhir dari tanaman bonsai yang akan anda bentuk. 

Contohnya seperti tang, ada banyak sekali jenis tang yang digunakan untuk memotong. Namun, anda harus memastikan tang yang anda beli tidak meninggalkan jejak tajam pada tanaman bonsai. Belilah tang dengan bentuk kombinasi yang bisa digunakan untuk menekuk dan memotong. 

Kalau anda ingin membeli penggaruk tanah, pilihlah penggaruk tanah dengan bentuk pegangan yang mudah digenggam. Pegangan yang tidak terlalu panjang dan besar akan membuat anda lebih nyaman. 

Untuk gunting, pilihlah yang pegangannya berbentuk bulat dan bagian gunting yang tidak terlalu panjang. Bagian pegangan yang bulat lebih memudahkan anda untuk membuka dan menutup gunting, sedangkan bagian gunting yang tidak terlalu panjang mengurangi risiko kesalahan memotong. 

Anda juga harus memilih gergaji bonsai dengan bentuk yang nyaman digenggam. Panjang gergaji juga sebaiknya sekitar 220 mm atau sepanjang dari jari jempol ke jari kelingking. Gergaji yang terlalu panjang malah akan menyulitkan anda untuk memotong karena tanaman yang dipotong memiliki ukuran yang kecil. 

Saat akan membeli pemahat bonsai, pastikan anda membeli pemahat dengan ukuran yang kecil. Semakin kecil ukuran pemahat tersebut, semakin mudah anda mengukir batang pada pohon bonsai sehingga hasilnya menjadi lebih indah. 

3. Pastikan Pemakaiannya 

Kalau anda membeli alat-alat bonsai langsung ke toko tanaman, pastikan anda menanyakan pemakaian alat tersebut. Anda harus memastikan kalau alat tersebut belum pernah digunakan sebelumnya sehingga tidak tumpul atau berkurang kualitasnya. 

Pisau, gunting, dan tang khusus untuk bonsai harus setajam mungkin. Kalau sudah tumpul, pohon bonsai akan cepat rusak. Untuk itulah anda harus memastikan peralatan tersebut masih baru. 

Bagaimana kalau anda membeli di toko online yang tidak bertemu langsung dengan penjualnya? Anda bisa meminta garansi kepada toko online tersebut dengan perjanjian. Perjanjiannya adalah kalau barang yang diberikan bukan barang baru, anda berhak mengembalikan barang tersebut dan meminta kembali uang anda. 

Harga Alat-Alat Bonsai yang Berkualitas 

Tang Bonsai
Sumber: kaskus.co.id
Sangat mudah mencari alat-alat bonsai yang berkualitas setelah anda mengetahui ciri-cirinya. Namun, tetap saja anda harus menyediakan uang. Alat bonsai yang berkualitas tentunya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan peralatan bonsai yang biasa saja. 

Penggaruk tanah yang terbuat dari besi karbon dengan pegangan yang nyaman seharga 70 ribu Rupiah kalau anda membelinya secara online. Harga ini sudah termasuk mahal karena harga penggaruk tanah yang biasa hanya 20 ribu Rupiah. 

Jangan kaget kalau anda melihat harga gunting bonsai yang terbuat dari stainless steel dengan bentuk yang bagus seharga 400 ribu Rupiah karena memang begitulah harganya. Harga tang pemotong khusus bonsai juga mahal, yaitu 350 ribu Rupiah. 

Untuk pisau khusus bonsai dan pemahat bonsai, anda bisa membelinya secara satu paket dengan harga yang lebih murah. Harga alat-alat bonsai itu adalah 190 ribu Rupiah. Harga gergaji bonsai juga lebih murah, yaitu sekitar 85 ribu Rupiah. 

Bila dihitung harga totalnya, anda butuh mengeluarkan hingga berjuta-juta Rupiah untuk membeli berbagai alat-alat bonsai berkualitas tersebut.
Alat-Alat Bonsai
Sumber: kreativv.com
Apakah anda sudah menyiapkan uang untuk membeli alat-alat bonsai berkualitas atau anda sudah membelinya? Memastikan kualitas peralatan bonsai sangatlah penting.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Alat-Alat Bonsai yang Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel